-->

Ad Unit (Iklan) BIG

10 Cara Mencapai Kebebasan Finansial ala Robert Kiyosaki

Post a Comment
kebebasan fiansial
Triprofik.com-Banyak orang memburu kebebasan finansial sebagaimana juga diri saya pribadi, berbagai cara dilakukan demi mencapai puncak kebebasan finansial, oleh sebab itu mari kita pahami apa yang di maksud dengan kebebasan finansial dan bagaimana caranya supaya mencapai puncak kebebasan finansial.

Dijudul artikel  kali ini saya menyebutkan kebebasan finansial ala Robert Kiyosaki, mungkin sebagian orang sudah pada tau siapa Robert Kiyosaki, dan tak sedikit  juga yang tidak mengenalinya, oleh karena itu saya ungkapkan siapa Robert Kiyosaki.

Berikut cuplikan singkat tentang Robert Kiyosaki

Robert Toru Kiyosaki (lahir 8 April 1947; umur 72 tahun) adalah seorang investor, usahawan, penulis dan motivator. Kiyosaki Manusama menjadi terkenal karena buku yang ditulisnya berjudul Rich Dad, Poor Dad. Buku ini merupakan bagian dari seri buku-buku dan material lain tentang motivasi.

Ia telah menulis 15 buku yang secara akumulatif telah terjual lebih dari 26 juta buah. Meski ia memulai penerbitan bukunya dengan menerbitkan sendiri, buku-bukunya kemudian diterbitkan oleh Warner Books, sebuah divisi dari Hachette Book Group USA, penerbit buku yang cukup terkenal di Amerika Serikat. Pada saat ini, buku-buku barunya diterbitkan oleh perusahaan penerbitan miliknya yaitu "the Rich Dad Press imprint". 

Tiga dari bukunya yaitu Rich Dad Poor Dad, Rich Dad's CASHFLOW Quadrant, dan Rich Dad's Guide to Investing, telah menjadi 10 buku terlaris secara berkesinambungan di The Wall Street Journal, USA Today serta New York Times. 

Buku Rich Kid Smart Kid yang diterbitkan pada 2001, diterbitkan dengan maksud membantu orang tua merancangkan keuangan bagi anaknya. Dia telah membuat tiga macam papan permainan "Cashflow" berikut perangkat lunaknya, baik bagi anak-anak maupun dewasa. Ia juga memiliki kaset dan piringan magnetik kompak bagi seri "Rich Dad"-nya. Selain itu ia juga menerbitkan buletin bulanan.

Sumber: Wikipedia


Setelah kamu mengetahui siapa Robert Kiyosaki maka  tinggal melanjutkan apa yang dimaksud dengan kebebesan finansial

Apa yang di maksud dengan kebebasan finansial

Kebebasan finansial adalah sebuah kondisi yang mana kamu tidak lagi memikirkan tentang kebutuhan dan keuangan, kamu telah mempunyai penghasilan pasif yang melebihi kebutuhan hidup dan gaya hidup sehari-hari, sehingga tidak menghawatirkan kehidupan yang selanjutnya, itulah yang dinamakan kebebasan finansial.

Banyak orang yang mencari kebebasan finansial salah satunya ilmu dari seorang  Robert Kiyosaki yang menceritakan pengalaman hidupnya, ia sudah mencapai kebebasan finansial yang mana telah ia capai semenjak dalam bidang perusahaannya, kemudian ia menulis buku yang berjudul  Rich Dad Poor Dad. Bahwasanya dalam buku tersebut diungkapkan rahasia mencapai kebebasan finansial terbaik didunia, Dari pengalamannya sebagai pengusaha, investor dan salah satu pakar finansial terkemuka di dunia, berikut adalah kunci kebebasan finansial dari Robert Kiyosaki :

1. Ambil Tanggung Jawab Penuh

Robert Kiyosaki mengatakan harus berani bertanggung jawab penuh atas keuangan yang mereka perbuat, dalam artian seseorang harus bertanggung jawab penuh terhadap keuangan yang mereka lakukan dengan sebab apapun yang terjadi pada keuangan mereka, misal membeli sesuatu, maka kita harus sadar terhadap apa yang telah mereka beli.

Dalam contoh lain bertanggung jawab atas keuangannya adalah misal membeli motor dijaman sekarang akan berbeda dengan membeli motor dijaman yang akan datang.

2.Kontrol Pengeluaran

Djaman sekarang kita hidup serba ada, semua yang dibutuhkan orang dapat dengan mudah terpenuhi  bahkan tidak begitu sulit untuk mendapatkannya sehingga berpotensi mudahnya mengeluarkan uang dan menghamburkannya pada hal yang tidak penting, setelah itu kita akan dituntut untuk pinjam uang sebab kehabisan pengeluaran yang begitu membengkak.

Kebiasaan mengatur keuangan akan bermula pada titik ketidak puasan, pastinya ada saja sesuatu yang harus dibeli disaat uang masih ada ditangan, janganlah tergiur akan hal itu memang sangat sulit bagi seseorang untuk mengatur pengeluaran, namun lama-kelamaan akan terbiasa dan tidak berpengaruh pada kehidupan sehari-hari.

3. Anggaran Itu Sangat Penting

Patokan utama dalam pengeluaran adalah anggaran yang mana kamu dapat menduga berapa pengeluaran yang harus di keluarkan, sehingga tidak menguras kantong terlalu dalam, sehingga memberi batasan pada pengeluaran kamu, cara kontrol keuangan paling efektif adalah dengan anggaran.

4.Bayarlah diri sendiri

Membayar diri sendiri adalah bentuk menghadapi finansial yang akan datang, dalam artian kita menabung untuk antisipasi sesuatu yang akan datang, tidak ada salahnya kita melakukan persiapan dari pada membayar cicilan kartu kredit, menabung adalah cara paling ampuh untuk mengunci penghasilan kamu.

5.Jangan pernah berhutang

Hutang adalah awal tanda kehancuran keuangan, dengan hutang maka keuagan kamu menjadi minus serta sulit untuk mengawali kebebasan dalam berhutang, mulailah dari sekarang untuk tidak berhutang, berkomitmen untuk tidak hidup dari hutang. dengan bebas berhutang merupakan salah satu syarat kamu mencapai kebebasan finansial.


6.Sediakan dana darurat

Yang dimaksud dengan dana darurat adalah salah satu keuangan untuk menjaga jika terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan, dana darurat akan bisa bertahan hidup selama tiga bulan disaat kondisi ini menghampirimu, dengan adanya dana darurat maka hidup akan terasa lebih tenang dan nyaman, cara terbaik untuk menyediakan dana darurat adalah membuka rekening baru dengan cara tidak menyentuh sama sekali uang dana tersebut.

7.Jangan berhenti belajar

Tidak ada kata terlambat untuk belajar, maka teruslah tambah ilmu pengetahuan, dalam ilmu keuangan sangat penting untuk belajar lebih agar dapat mengatur keuangan dengan rapi dan tepat sasaran,  mulai belajar dari satu topik sehingga kamu benar-benar paham terhadap topik tersebut.

8.Miliki Tujuan keuangan

Apa yang menjadi tujuan keuangan kamu, apa ingin mempunyai usaha yang besar dan jelas, maka mulailah merintis perusahaan tersebut, apa ingin menjadi seorang investor maka mulailah investasi yang tepat dan ambil kesempatan itu secepatnya.

Rencana keuangan yang jelas akan mengantarkan kita pada hal yang lebih baik

9. Network Marketing

Pencapain paling berharga jika kamu sedang dalam keadaan  Network Marketing yang mana kamu dapat dibayar meskipun kamu sedang tidur dan tidak bekerja, ivestasi membutuhkan modal kecil dari pada membangun bisnis yang baru, dengan ivestasi maka kamu akan mendapatakan kebebasan finansial yang sesunguhnya, uang akan bekerja untuk kamu, bukan kamu yang bekerja mencari uang.

10. Sederhanakan hidup 

Hidup semakin lama akan semakin sulit, banyak gaya hidup dari pada kebutuhan hidup, jika kita menyederhanakan hidup maka akan mencapai kebebasan finansial dengan mudah, dijaman sekarang gaya hidup semakin menggila, namun kebutuhan hidup tidak terlampau jauh berbeda dengan jaman dulu hanya saja tergantung sikap kita dalam menghadapi keadaan tersebut.

Kunci penghasilan tetap kamu menjadi penghasilan pasif, sehingga kamu akan lebih mudah mencapai kebebasan finansial dimasa mendatang. 

Tags

kebebasan finansial islam#kebebasan waktu adalah#rahasia kebebasan finansial#strategi cerdas bebas finansial#financial freedom#artikel finansial#cara agar terbebas secara finansial#anak robert t kiyosaki

Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
close