Berikut Cara Pintar Mengatur Keuangan Rumah Tangga

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Berikut Cara Pintar Mengatur Keuangan Rumah Tangga

,
keuangan rumah tangga
ilmupedia.Net-cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros- Manusia tidak akan lepas dari sebuah kebutuhan, semua sudah pada tau tentang kebutuhan manusia yang bermacam-macam apalagi bagi yang sudah berkeluarga dan punya anak, kebutuhan kadang serba mendadak akhirnya tidak terkontrol, sebagian orang masih lemah dibidang ekonominya, namun dengan begitu jangan sampai lemah dalam mengontrol keuangan yang anda jalani.

Mengatur keuangan memang tidak semudah yang engkau bayangkan, begitu banyak lika-liku kehidupan yang menyebabkan pertengkaran salah satunya adalah faktor ekonomi yang belum mapan, sebetulnya ekonomi itu cukup jika hanya dibuat kebutuhan, namun tidak akan cukup jika dibuat gaya-gaya -an, banyak pasangan yang masih terbawa dengan gaya hidupnya semasa bujang.

Pasangan suami istri kadang tidak menentu maunya, si istri ingin beli prabotan rumah tangga, si suami ingin membeli mobil atau motor, akhirnya keuangan menjadi tidak terkontrol yang ujung-ujungnya meminjam uang sana-sini, sudah banyak kejadian seperti ini yang hanya mementingkan gaya hidup.

Bagi yang ingin move on dari kegalau-an masalah keuangan, berikut kunci sukses mengatur keuangan keluarga


1.Kalkulasi seluruh pendapatan

Pertama kali adalah menjumlahkan hasil dari pendapatan bulanan, mulai dari gaji pokok, gaji lembur, atau insentiv lain yang menunjang kebutahan kamu, semua sumber pemasukan dialokasikan berbentuk jumlah akhir saldo, tujuannya berapakah dana yang harus dikeluarkan dalam kebutuhan bulanan atau sehari-hari, mulai dari belanja kebutuhan dapur, transpot dan kebutuhan yang sifatnya datang secara tiba-tiba, dengan begitu kamu dapat mempersiapkan masing-masing kebutuhan tersebut.

Baca Juga: 9 Cara Mengelola Keuangan Usaha Toko Klontong, Sembako dan Warung Makan

2.Susun rencana pengeluaran prioritas dalam sebulan

Setelah diketahui berapa pendapatan kamu dalam sebulan, maka tinggal menyiapkan kebutuhan yang paling diprioritaskan, mulai dari uang makan,minum, transpot, membayar cicilan atau tagihan rekening listrik dan PDAM, dan beberapa cicilan rutin lainnya.

3.Alokasikan untuk tabungan, asuransi, dan investasi

Sebagian dari penghasilan kamu alokasikan untuk tabungan, asuransi dan investasi, misalnya 25 sampai 30% dari penghasilan, 15% untuk tabungan 5% asuransi dan 5% untuk investasi, mulailah menyisihkan uang penghasilan kamu, ketiga hal tersebut sangat penting, contohnya tabungan disaat ada keperluan tak terduga maka bisa membatu, investasikan dengan modal kecil, sekarang sudah banyak cara investasi dengan modal kecil, selain uang kamu terselamatkan, uang tersebut masih menghasilkan, serta asuransi yang akan menjamin disaat kamu membutuhkannya.

4.Siapkan dana cadangan 

Dana cadangan atau disebut juga dengan dana darurat, dana tersebut cukup penting untuk menopang apabila ada kebutuhan yang mendesak, namun dengan syarat adanya dana tersebut tidak boleh di otak-atik kecuali kebutuhan darurat lainnya, namun jika  dialokasikan untuk investasi maka boleh-boleh saja, dengan syarat dana tersebut tidak terpakai sampai akhir bulan, Dana cadangan ini sifatnya bebas, yang mana kamu dapat menyisihkan uang penghasilan berapapun nilainya.

5.Bedakan kebutuhan dan keinginan

Sepintas terlihat sama, namun jika kita kaji lebih dalam, kebutuhan memang sesuatu yang harus diutamakan, jika ada uang lebih yang sudah diluar kata dana kebutuhan sehari-hari maka boleh memakainya untuk membeli atau belanja seperti baju, kosmetik dan jalan-jalan, namun jika ada satu kebutuhan yang sangat mendesak lebih baik menggunakan uang tersebut pada kebutuhan kamu, contohnya disaat sepatu lama sudah rusak dan tidak layak untuk dipakai kembali, maka yang paling dibutuhkan adalah membeli sepatu baru, jangan sampai lapar mata, kalap belanja karena keinginan sesaat.

Baca Juga: Tips Menghemat Pengeluaran Bulanan bagi Kaum Milenial 

6.Jaga Rasio Utang

Hutang yang menyebabkan keuangan menjadi morat-marit, oleh sebab itu jagalah hutang kamu jangan sampai melebihi 30% dari penghasilan kamu, agar keuangan tetap stabil dan berjalan dengan lancar, anggarkan pos-pos penting sebelum belanja keinganan kamu.

Enggak Ada Lagi Istilah Bokek di Tanggal Tua

lengkaplah sudah, dengan mengatur keuangan maka tidak ada lagi istilah bokek ditanggal tua, sebab dana dalam setiap posnya sudah tersusun secara rapi, dengan begitu hidup menjadi tenang tanpa bayang-bayang hutang yang kadang membuat tidurpun tak nyenyak, mengatur keuangan bukan cuma yang mempunyai gaji bulanan, gaji mingguan juga harus diatur.


Mengatur keuangan rumah tangga menggunakan Microsoft excel atau pembukuan manual

Ketika poin-poin tersebut sudah matang, maka kamu tinggal menjalankannya sebaik dan serapi mungkin, jangan sampai terlewatkan satupun disaat keuangan tersebut berjalan dengan stabil.

Ada banyak cara untuk meng-aplikasikan keuangan rumah tangga, salah satunya menggunakan microsoft excel, sehingga begitu mudahnya neraca keuangan berjalan dengan lancar tanpa menghitung secara manual menggunakan kalkulator, kelebihan jika kamu menggunakan microsot excel adalah, kamu hanya tinggal memasukkan angka nominal dan pengeluaran sesuai rumus yang tertanam pada excel tersebut.

Jika kamu menguasai pada rumus yang ada pada microsoft excel setidaknya pekerjaan tersebut tidak menjadi beban tambahan bagi kamu, oh iya saya punya jasa pembuatan pembukuan menggunakan microsoft excel, jika kamu benar butuh silahkan hubungi kontak yang ada pada bawah artikel.

Pembukuan Manual

kamu bisa saja menggunakan pembukuan manual dengan cara menulis pos-pos pengeluaran kamu, dengan membuat garis kolom dipembukuan, sesuai dengan sub judul kolom yang ada di paling atas, namun kekurangannya harus menjumlahkan secara manual.

Itu saja Cara Pintar Mengatur Keuangan Rumah Tangga semoga menjadi referensi yang membantu keuangan kamu berjalan dengan stabil.

Baca Juga: Inilah 5 usaha  bisnis rumahan yang tidak pernah mati sepanjang masa

Tag
cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros#cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim#cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta
tips mengatur keuangan rumah tangga menurut islam#cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta#cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 4 juta#kunci sukses mengatur keuangan keluarga#cara mengatur keuangan pribadi



Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler