9 Cara Mengelola Keuangan Usaha Toko Klontong, Sembako dan Warung Makan

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

9 Cara Mengelola Keuangan Usaha Toko Klontong, Sembako dan Warung Makan

,
pembukuan
ilmupedia.Net- Cara membuat pembukuan warung sembako yang pertama harus diperhatikan adalah masalah keuangan, sering sekali terjadi bagi pemula usaha toko kecil ataupun toko sembako seperti halnya yang berada di rumahan atau pinggiran jalan raya, pentingnya pembukan ini agar uang anda tetap terjaga serta diketahui keluar dan masukknya sistem keuangan.

Sebelum masuk kepokok pembahansan cara ini memang sudah saya lakukan sejak mengambil usaha toko klontong atau toko semboko.

Cara mengelola keuangan warung makan, toko klontong atau sembako

1.Persiapkan sistem pembukuan anda

Dalam hal ini pertama kali anda membangun sebuah toko sembako, maka yang perlu diperhatikan berapa anggaran yang anda keluarkan, mulai dari bahan bangunan, isi toko atau bahan yang diperjual belikan, serta aktiva tetap seperti peralatan komputer, kulkas atau rak toko, semua harus diperhitungkan dengan tepat.

Ada dua cara menghitung keuangan tersebut anda bisa melakukan dengan perhitungan manual atau menggunakan komputer, berikut saya jelaskan secara terperinci:

Dalam perhitungan manual anda dapat menggunakan buku besar seperti buku tebal lakukan pembagian kolom seperti apa saja yang harus diisi.

  • Modal utama berapa
  • pengeluaran bahan bangunan serta aktiva tetap
  • modal usaha yang harus dijual belikan
  • atau jika anda menggunakan uang ini untuk kepentingan pribadi, maka lebih baik ditambah kolom pengeluaran pribadi

Sejatinya untuk pengeluaran pribadi tidak selayaknya dicampur aduk dengan modal tetap, namun jika anda terpaksa, maka anda harus menyertakan kolom pengeluaran pribadi.

Contoh keuangan penggunakan Microsoft Excel
Untuk lebih mudahnya dalam mengatur keuangan, maka anda disarankan menggunakan Microsoft excel, apabila anda paham dengan software yang satu ini, maka sitem pembukuan anda akan terlihat lebih mudah dan menimalisir kesalahan dalam perhitungan, lalu bagaimana jika anda belum menguasai microsoft excel, saya siap menerima jasa pembuatan pembukuan dengan microsoft excel, silahkan hubungi saya dengan nomor wa atau email di bawah ini:

WhatsApp: 081216218254
Email : Rofiqandiki@gmail.com

Contoh Pembukuan menggunakan Microsoft Excel


2.Pentingnya Memisahkan uang pribadi dengan modal usaha

Seperti yang telah kita sebutkan dalam poin pertama adalah pentingnya memisahkan uang pribadi dan modal usaha, dalam menjalani bisnis toko kecil seperti toko sembako dan toko klontong, jangan campur aduk keuangan anda dengan masalah pribadi anda, sebab dalam modal toko ada beberapa keuangan yang tidak seutuhnya berbentuk laba.

Contohnya dalam keuangan toko terdapat modal kulak barang/modal utama, laba rugi yakni laba yang masih belum murni hasil dari penjual, dalam artian laba tersebut belum terpotong dengan pengeluaran toko anda.

Agar pembukuan toko sembako yang anda kelola lebih mudah maka memisahkan uang pribadi sangatlah penting.

3.Menggunakan Program kasir atau komputer

Sebenarnya hal ini sebagai media mempermudah dalam mengatur keuangan serta barang yang ada didalam toko anda, kelebihan yang anda dapatkan adalah sistem keluar masukkanya barang akan terpantau secara valid, jika melakukannya dengan benar, oleh sebab itu keadaan barang anda tetap terjaga stok dengan apdate stok yang kosong serta mengetahui omset,laba rugi, dan keuntungan yang anda dapatkan dalam satu hari.

Jika anda bingung seperti apa program kasir tersebut kami mempunyai yang versi gratis namun fitur terbatas, dan kami punya dengan versi berbayar cukup murah dengan harga 500 ribu, jika anda membutuhkan tinggal menghubungi nomor kontak yang telah kami sematkan diartikel ini.

Namun jika anda tidak menggunakan program kasir maka boleh-boleh saja, hanya saja anda terpantau dalam segi keuangan yang anda kelola, sejatinya program tersebut tidak terlalu penting jika hanya sebuah toko klontong, namun tips yang harus dilebih utamakan adalah mengelola keuangan anda.

4.Melakukan rekapitulasi keuangan setiap tutup toko

Awal membuka toko yaitu pagi hari atau waktu tertentu yang  telah sepakati sendiri, pentingnya lagi merekap hasil penjualan dalam satu hari, pisahkan uang modal atau uang kembalian, oh iya yang penting lagi dan ini sangat jarang dilakukan oleh sebuah toko klontong, yakni penyiapkan uang kembalian atau uang kecil, selain menjaga kenyaman konsumen anda tidak direpotkan mencari uang kembalian disaat konsumen membayarnya dengan pecahan yang lebih besar.

misalkan uang kembalian anda sebesar 300 ribu, patenkan uang tersebut sebagai uang kembalian dalam setiap harinya, jika uang kembalian tersebut sudah ditemukan jumlahnya maka setelah melakukan rekap akan mempermudah, yaitu hasil penjualan dalam satu hari tinggal dikurangi uang kembalian yang 300 ribu tadi, hasilnya, maka itulah hasil penjualan anda dalam satu hari, meskipun anda tidak menggunakan program kasir, omset penjulan masih tetap jelas terhitung.

5.Lakukan rekap dalam satu bulan

Dengan rekapitulasi dalam satu bulan anda akan mengetahui apakah toko anda rugi atau untung setelah dipotong uang keluar yang anda gunakan untuk toko atau pribadi. Bentuk rekap dalam satu bulan ini sama halnya dengan rekap dalam satu hari, perbedaan ada pada hitungan perhari yaitu semua penjualan, pemasukan dan pengeluaran dihitung secara keseluruhan, maka hasilnya akan berada dititik temu rugi apa untung.

6.Terapkan Opname toko atau barang jika diperlukan

Opsi ini biasanya hanya diterapkan oleh toko besar sereti Indomaret atau Alfamart, namun bagi toko kecil, sembako rumahan tidak seperluanya melakukan ini, namun kelebihan jika anda menerapka opname tahunan atau bulanan pada toko anda, maka barang akan valid stok dan barang yang keluar atau rusak akan lebih mudah diketahui.

7.Jangan menerima Bon/Hutang

Kebiasaan yang terjadi dilapangan adalah marakanya bon pada toko kelontong, padahal laba yang dihasilkan toko klontong begitu minim bahkan tidak mencukupi untuk menghidupi pengeluaran toko tersebut, mirisnya setelah konsumen berhutang mereka enggan untuk membayarnya, masih beruntung jika orang yang berhutang kembali, namun yang terjadi setelah konsumen berhutang mereka tidak akan kembali lagi, sebisa mungkin jangan memberi bon pada konsumen, lambat laun toko yang anda kelola akan gulung tikar, apalagi dengan modal pas-pasan.

8.Terapkan penyusutan dalam setiap bulan

Penyusutan adalah bentuk uang untuk mengembalikan modal awal toko anda, mulai dari biaya pembangunan serta isi dalam toko, penyusutan biasanya di terapkan selama 5 tahun sampai 10 tahun, tergantung apakah balik modal dalam 5 tahun atau menggunakan sistem 10 tahun, tinggal pilih berapa yang harus anda sisihkan dalam setiap bulannya, perlu diketahui uang penyusutan tidak boleh diotak-atik atau dipergunakan dalam hal lain.

Lebih baiknya lagi uang penyusutan diinvestasikan dalam bentuk saham, maka selain uang anda tenang masih mempunyai laba.

9.Terapkan dengan rapi dan konsisten

Penerapan yang benar serta disiplin maka keuangan anda akan berjalan lancar dan tidak terganggu, dengan konsisten setiap hari maka urusan finansial anda selalu terjaga dan berkualitas dengan baik.

itulah 9 cara mengelola keuangan toko sembako dengan mudah dan praktis, semoga anda berhasil dan bisa menjalankan dengan baik.



Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler