-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Cara Menata Warung Sembako Kecil Agar Ramai Pembeli

Post a Comment

Triprofik.com-cara menata warung sembako kecil agar ramai pembeli-anda sedang memulai usaha baru atau ingin merubah penampilan ditempat usahamu, khususnya yang berkaitan dengan warung sembako dirumah atau yang sering disebut toko kelontong, jika iya, maka sangat kebetulan dan sebuah keberuntungan bagi anda dapat menemukan artikel ini.

Sudah tidak asing lagi bagi mereka yang ingin usahanya berjalan lancar maka harus melakukan teori-teori yang bisa mendongkrak usahanya, selain berusaha kita harus tahu ilmu dalam pergerakan tersebut jangan asal action tanpa mengetahui caranya, maka jika begitu adanya anda akan sulit untuk melancarkan usaha atau toko yang sedang anda kelola.

Kami sudah berpengalaman dalam bidang pekerjaan sebagai pegawai toko minimarket disebuah perusahaan besar dijawa timur, setidaknya kami menulis artikel ini disertai ilmu dan pengalaman yang telah kami dapat dalam 3 tahun lamanya bekerja di perusahaan tersebut sehingga tips dan ilmunya masih kami gunakan pada tempat usaha yang kami jalani sekarang, berikut ini sepenggal pengalaman bekerja diminimarket sehingga membangun toko sendiri dan kami jalani dengan rajin dan tidak pernah melanggar aturan.

Untuk mengabadikan ilmu ini kami menuulis dalam artikel ini sebagai pengingat atau ilmu bagi anda yang ingin belajar pemasaran atau ilmu entrepreneurship.

cara display barang di toko kelontong

Cara agar warung sembako ramai pembeli

Banyak faktor yang mendasari warung atau toko sembako bisa ramai pembeli, terutama faktor pelayanan yang bagus atau disebut juga dengan pelayanan prima, selain itu, pengaruh dengan kondisi dan tampilan dari toko tersebut baik dari penataan barang atau kelengkapannya, sehingga tidak mengecewakan konsumen yang datang yang ingin membeli di toko anda.

Dalam memulai usaha toko kelontong lakukanlah untuk membuat ukuran toko yang lumayan besar, standart ukuran toko kelontong adalah 6x6 atau 6x7 agar setelah toko berjalan beberapa tahun tidak sampai penuh dan over dalam penataan barang sehingga membuat display barang tetap rapi dan menarik perhatian konsumen.

Cara mengatur warung sembako yang baik adalah sebagai berikut ini


1.Pastikan lokasinya mudah dijangkau

Sebelum membangun gedung untuk toko sembako, sebaiknya tinjau dahulu lokasi yang memungkinkan konsumen tidak kesulitan mencapai lokasinya, baik dari kondisi jalan atau tempat parkir luas yang nantinya aman dan masih terlihat dari dalam toko, agar kekhawatiran konsumen terhadap kendaraannya tidak begitu membebankan pikiran, sehingga konsumen lebih tenang dan nyaman berbelanja lama-lama di tokomu.

2.Kondisi bangunan yang kokoh dan tinggi

Sejatinya untuk memaksimalkan penataan barang di toko yang kecil adalah dengan meninggikan atap atau plafonnya sehingga udara dapat memenuhi ruangan toko dan tidak menyebabkan udara pegap serta sirkulasinya berjalan lancar atau dengan memberikan sirkulasi udara baik disamping atau di tembok yang menghadap langsung pada luar ruangan.

3.Gunakan cat warna putih pada tembok

Biasanya toko yang kecil akan sulit menerima pencahayaan dari luar, oleh karena itu berilah cat tembok dengan warna putih atau warna yang dapat memantulkan pencahayaan dari luar sehingga meskipun tanpa menghidupkan lampu, toko tersebut masih dapat terlihat dengan jelas.

4.Maksimalkan dinding tembok yang kosong

Desain toko sembako sederhana agar terlihat rapi dan menarik adalah dengan memaksimalkan dinding pada tembok yang masih kosong, tempatkan untuk barang yang tidak terlalu berat yang dapat ditempelkan langsung pada dinding tembok sehingga lebih terlihat penuh dan melengkapi barang lainnya.

5.Gunakanlah rak kecil 

Karena memang ukuran ruangannya kecil maka sebaiknya menggunakan rak kecil yang menempel pada tembok sehingga tengah ruangan masih bisa ditempatkan rak lain yang lebih pendek, sebenarnya ada rak besi yang sering kita temukan di minimarket tapi harganya cukup mahal jika untuk sebuah toko sembako sehingga sayang sekali jika modal habis pada rak besi tersebut, solusinya buatlah rak sendiri dengan besi yang berlubang sehingga kita bisa bebas mengaturnya.

6.Pisahkan barang makanan, detergen dan sabun 

Untuk isi warung sembako yang lengkap adalah dengan mengkatagorikannya, misalnya barang sembako seperti beras, minyak, tepung, dan barang dapur lainnya harus dipisahkan dengan barang-barang sabun agar baunya tidak campur aduk dengan barang dapur, karena katagori barang dapur dan sabun sangat signifikan untuk dipisahkan, dan bertolak belakang dari salah satunya.

7.Sering Kontrol barang fast moving

Dalam sebuah toko sembako ataupun toko minamarket pasti tidak akan luput dengan adanya barang yang cepat laku dengan barang yang slow moving sehingga pemilik atau petugas harus memperhatikan antara kedua barang tersebut.

Agar tetap menjaga kelengkapan barang maka segeralah penuhi barang yang sering kosong dan upayakan ada stok gudang yang bisa diambil saat itu juga bila barang ditoko sedang kosong, hal ini untuk menjaga agar konsumen tidak kecewa jika barang yang ingin mereka beli kosong.

8.Kontrol barang slow moving

Dalam penataan toko serba ada pastinya ada barang yang sering kita lupakan karena jarang yang membelinya sehingga barang tersebut tidak begitu diperhatikan oleh pemiliknya maka lambat laun barang tersebut mendekati dengan tanggal kadaluarsanya.

9.Gunakan system first in first out

Metode ini adalah yang paling sering kita temukan di toko-toko besar, seringkali kita temukan tulisan ini di kardus atau bungkus barang, sistem ini merupakan yang wajib dilakukan, yaitu barang yang pertamakali masuk harus keluar atau terjual lebih dulu, karena barang yang lebih dulu pastinya mempunyai tanggal produksi lama, sehingga rentang kadaluarsa jika barang tersebut tidak terjual.

10.Lengkapi barang apapun yang dibutuhkan

Kelengkapan barang merupakan faktor utama dalam menarik konsumen karena mereka lebih sering mencari sesuatu yang ada daripada yang sering kosong, mereka yang mencari barang yang dibutuhkannya pastinya sudah mengharap dari rumah untuk mendapatkan apa yang mereka beli

Cara Menata Warung Sembako Kecil Agar Ramai Pembeli


11.Gunakan Aplikasi kasir

Agar lebih moderen maka gunakanlah aplikasi kasir yang dapat mengontrol keuangan dan stok barang, sehingga tetap terjaga baik stok dan kas masuknya keuangan, kami menyediakan aplikasi kasir secara gratis, dengan fitur yang lumayan lengkap untuk sebuah toko kelontong, atau anda dapat membelinya dikami dengan harga 500 ribu, anda akan mendapatkan fitur ritel dan grosir, berikut ini untuk demo aplikasinya   hubungi nomor 081216218254 untuk membeli aplikasi kasir.

12.Maksimalkan modal seadanya

Untuk pertama kali mengisi warung sembako modal 2 juta dengan memaksimalkan barang yang paling sering dibutuhkan, dengan pengambilan sebutuhnya saja, jangan sampai barang tersebut over dan lama terjualnya.



Itulah 12 cara menata toko serba ada agar terlihat menarik dan rapi, tips ini sudah kami lakukan dalam menata toko minimarket ataupun toko kecil didepan rumah, pada artikel sebelumnya kami sudah membuat desain minimalis toko sembako depan rumah, silahkan untuk menambah referensi dalam membangun toko kelontong

13.Lebel harga

Berilah lebel harga pada setiap prodak agar konsumen tidak ragu dalam membelinya, karena memang banyak alasan konsumen sehingga gagal dalam transaksi, diantaranya membawa uang pas, sedang barang yang mereka ingin beli tidak tercantum lebel harga, dan mereka malu untuk menanyakannya pada kasir.


Cara membuat gantungan sembako

Untuk yang terahir adalah dengan memaksimalkan barang renteng yang harus menggunakan display gantungan agar lebih menghemat tempat dan rak toko, karena memang barangnya sulit ditata maka sebaiknya membuat gantungan khusus agar terlihat oleh konsumen.

Adapun caranya bisa menggunakan kawat atau besi bulat untuk mengurangi terpotongnya barang rentengan agar lebih mudah di tarik oleh konsumen sehingga barang tetap tertata rapi.

Demikianlah Cara Menata Warung Sembako Kecil Agar Ramai Pembeli semoga menjadi referensi yang membantu untuk anda, bila ada kekurangan dalam artikel ini silahkan koreksi kami dengan berkomentar dibawah ini.


 


Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
close