-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Contoh Usaha Kecil-Kecilan Di Rumah Belum Banyak Pesaing Dan Sangat Menguntungkan

Post a Comment

triprofik.com-Semakin sempitnya lapangan pekerjaan sehingga banyak sekali perubahan dalam sektor peradaban manusia, hal ini berdampak sulitnya pekerjaan bagi pemula yang belum pernah terjun dalam bidang bisnis tertentu, namun kebutuhan hidup semakin mahal, maka kita sebagai seorang entrepreneur perlu memikirkan cara-cara lain agar tetap dapat memenuhi kebutuhan hidup. Dalam tulisan ini anda akan menemukan beberapa rekomendasi usaha kecil-kecilan dirumah yang menguntungkan dengan mengikuti lifestyle yang terjadi sekarang, setidaknya bisa membuat anda bertahan pada kemajuan zaman yang terus berubah. Untuk itu, diperlukan sebuah strategi yang tepat dan solutif bagi permasalahan tersebut. 

Memiliki tidak hanya satu sumber penghasilan merupakan solusi yang tepat untuk menutupi kebutuhan hidup yang kadang membengkak begitu saja. Karena jika hanya memiliki satu usaha, dan ketika usaha tersebut gulung tikar, maka akan terjadi kegagalan yang begitu signifikan karena usaha tersebut merupakan satu-satunya usaha yang dimiliki. Namun jika anda memiliki dua atau lebih jenis usaha, maka salah satu dari jenis usaha lain tersebut masih bisa mengcover kebutuhan hidup anda. Dan bisa memulai usaha lain untuk membangunnya dari awal. Jenis Usaha yang kami rangkum ini tidak harus jenis usaha yang besar akan tetapi dengan modal kecil namun bisa mengcover kebutuhan hidup bukan gaya hidup. Ingat ! kebutuhan hidup bukan Gaya Hidup.


Usaha modal kecil yang belum banyak pesaing ini banyak sekali jenisnya nya, serta dapat dijalankan dimana saja, dan oleh siapa saja. Banyak sekali keuntungan dari memiliki usaha kecil-kecilan ini meskipun tidak langsung waralaba tingkat menengah namun cukup untuk menambah penghasila yang kadang tidak menentu ini. Antara lain keuntungan bagi seseorang yang ingin menambah uang saku bagi pelajar, mahasiswa, yang tidak ingin berpangku tangan hanya pada orang tua saja, bahkan hal ini dapat membantu ekonomi keluarga di kampung, untuk sampingan, dan lain sebagainya. Seperti yang dapat dilihat, usaha kecil-kecilan ini dapat dijalankan oleh siapa pun. Baik oleh golongan remaja, maupun ibu rumah tangga.

usaha kecil kecilan bersama pacar


Apa Sih Yang Di Maksud Usaha Kecil-Kecilan


Dilansir dari Wikipedia bahwa definisi dari usaha kecil-kecilan yaitu jenis usaha yang memiliki jumlah pekerja kurang atau tidak sampai lebih dari 50 orang. Usaha kecil-kecilan merupakan usaha milik perorangan kelas menengah kebawah, yang dikelola oleh pemilik sendiri, bisa juga memiliki beberapa pemilik lain, jika ada, yang mana semua pemilik secara aktif terlibat dalam menjalankan urusan-urusan serta unsur-unsur perusahaan kecuali mungkin anggota keluarga tertentu dan jarang terjadi pemindahan hak kepemilikan, serta memiliki struktur modal yang sederhana dan independen. 

Perusahaan ini dipimpin oleh satu pemilik tunggal yang mengatur jalanya perusahaan secara mandiri dan berhak atas keputusan-keputusan yang diambil dalam bisnis tersebut. Usaha ini Pada umumnya mencakup perusahaan dagang atau memulai dengan skala satu bisnis yang kecil. Dan yang lebih dominan menyangkut modal yang hanya dari satu orang saja. Sehingga mendapatkan kebebasan bagi siapa saja yang ingin membuka usaha kecil-kecilan. Peluang ini terbuka bebas, dapat berkembang, serta tidak ada batasan apapun untuk mendirikannya.


Seluruh keuntungan dan kerugian usaha perorangan sudah pasti menjadi pemilik dan tanggug jawab pelaku bisnis tersebut. Memang semua usaha ada untung dan ruginya sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa segala jenis usaha akan mengalami fluktuatif yang bisa terjadi kapan saja.


Penting untuk pempelajari trik dan taktik dalam menjalankan sebuah usaha meskipun hanya sekala kecil, karena menyangkut untung dan ruginya akan ditanggung oleh si pemilik tersebut. Pentingnya mempelajari teori hingga harus melakukan investigasi mengenai tempat yang strategis, kenyamanan konsumen, serta cara pengadaan barang dengan perang harga yang lebih murah agar mudah bersaing terhadap mereka yang lebih dulu membuka usaha yang sama. kami mempunyai rekomendasi dalam mempelajari jalannya pasar yang bernama  Pemasaran Maxmanroe dalam artikel tersebut dijelaskan tentang bagaimana menjalankan bisnis dan menjalankannya agar konsumen datang dan membeli prodak anda, terdapat juga tips jika anda ingin melanjutkan dalam bisnis digital yang dapat mencangkup pasar dunia dengan intenet marketing.


Contoh usaha kecil kecilan online dan offline untuk pemula

Dibawah ini terdapat beberapa  ide bisnis kecil-kecilan yang dapat dijalankan oleh anak muda, remaja, pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga ataupun bapak-bapak yang sudah pansiun dari pekerjaannya. 


1.Dropshiper/Toko Online Cocok Untuk pelajar dan Mahasiswa

Adanya teknologi tidak akan luput dari genggaman seorang pelajar dan mahasiswa, sehingga bisa dipastikan dari mereka mempunyai akun meskipun hanya sekedar sosial media. mereka yang notabenenya penganut generasi milenial akan lebih dekat dengan teknologi masa kini yang membuat kemudahan dalam berkomunikasi sehari-hari. Hal ini apabila diterapkan pada  jenis usaha kecil menengah akan sangat baik dan berkembang pesat, soalnya mereka bisa dipastikan tidak jauh dari ponsel pintar yang menjadi konsumsinya setiap hari.

Sebagai pelajar tentu pendidikan dan pelatihan dalam berniaga lebih dini adalah hal yang baik. Selain dapat melatih sikap dan sifat menjadi seorang entrepreneurship, memiliki usaha kecil-kecilan pada saat masih menjadi pelajar atau mahasiswa juga dapat memberikan keuntungan seperti tambahan uang saku. 

Menjalankan Usaha Dropship / Toko Online sangat cocok untuk pelajar, mereka bisa memulai dari waktu senggang dan ketika pulang sekolah Selain tidak memerlukan tempat permanen, usaha ini juga dapat dilakukan disela-sela jam istirahat sekolah, karena bisnis online waktunya lebih fleksibel.

Ditambah Bisnis Pulsa. Bisnis ini juga tidak membutuhkan tempat yang tepat, hanya dengan modal ponsel genggam dan saldo 50 ribu anda sudah bisa menjalankan bisnis ini, kelebihan lain dalam jualan pulsa yaitu target pasar sudah jelas dan nyata adanya, sebagai pelajar pasti mepunyai teman-teman seangkatan yang juga membutuhkan pulsa untuk membeli paket data. Untuk anda yang ingin memulai bisnis pulsa bisa mempelajari dulu 7 Tips Bisnis Pulsa Untuk Pemula Agar Sukses Dan Untung Banyak


2.Usaha Foto Copy cocok untuk remaja 

Usaha ini merupakan usaha yang paling dicari oleh pelajar dan mahasiswa serta paling laris dan tidak pernah sepi. Bagi anda yang tempat tinggalnya tidak jauh dari perkantoran, sekolah, kampus, maka sangat manfaat sekali jika membuka usaha foto copy, karena tugas pelajar dan mahasiswa pasti membutuhkan jasa foto copy untuk kepentingan tugas mereka.

3.Menjual Jus buah yang cocok untuk ibu rumah tangga.

Membangun Franchise Minuman / Jus Buah adalah usaha yang sangat cocok untuk ibu rumah tangga, apalagi rumahnya yang dekat dengan keramaian tempat karyawan berkumpul sehingga sangat mungkin sekali jika mereka membutuhkan minunam dalam menemani obrolan mereka. Dengan membuka franchise minuman memiliki keuntungan target pasar yang jelas dan keuntungan yang menjanjikan.

contoh usaha kecil-kecilan di rumah

4.Usaha Warung Kopi Juga cocok bagi ibu rumah tangga

Seorang ibu rumah tangga, tidak serta merta terkurung dalam rumah hanya menanti suami gajian namun anda bisa membuka peluang kreatifitas dan aktifitas dalam membantu perekonomian kepala rumah tangga. Dengan Memiliki usaha kecil-kecilan yang dapat dilakukan dirumah, selain dapat membantu kebutuhan didup juga bisa dibuat kegiatan agar tidak bosan dirumah.

Dengan membukan Usaha Warung Kopi tidak terlalu membuat kuwalahan serta tidak perlu mencari lokasi permanen untuk berjualan, yaitu cukup membuka warung di depan rumah saja asal berdekatan dengan para pekerja kuli bangunan atau karyawan kantoran juga bisa.

5.Usaha Gorengan. 

Gorengan menjadi makanan favorit di indonesia, Gorengan lebih disukai jika dipagi hari ketika perut masih kosong sedangkan makanan di dapur masih belum ada maka mereka akan mengalihkan ke warung gorengan, Selain tidak menyita banyak waktu, jenis usaha ini juga dapat memberikan keuntungan yang lumayan baik bagi ibu rumah tangga atau ibu-ibu muda.

6.Usaha Laundry. 

Jasa ini banyak dicari oleh orang-orang diperkotaan, mereka yang datang dari tempat jauh dan ngekos di tempat tersebut baik kuliah atau bekerja akan membutuhkan jasa Laundry ini, maka tidak ada salahnya membuka usaha laundry jika anda mempunyai keinginan. Modal yang diperlukan pada awalnya adalah pembelian mesin cuci dan kemudian hanya masalah perawatan dan operasionalnya saja atau anda bisa mencuci secara manual untuk menghemat pengeluaran.

7.Usaha Catering

Cara sukses usaha kecil selanjutnya adalah usaha Catering. Usaha ini paling cocok bagi ibu rumah tangga yang memiliki hobi memasak. Karena selain hobi dapat tersalurkan, memiliki usaha katering juga dapat memberikan keuntungan yang cukup besar, Hampir 100 persen penghasilan dalam usaha Catering.


Usaha kecil sukses dan menjanjikan di desa/kampung

Anda yang tinggal di kampung jangan khawatir akan jenis usaha, bahkan di kampung terbilang mudah dalam mencari peluang, karena biasanya sedikit pesaing dan belum ada yang mendirikan usaha yang sama. Tinggal di kampung tidak serta merta menutup kemungkinan untuk membuka usaha kecil-kecilan. Beberapa ide jenis usaha kecil-kecilan yang dapat dilakukan antara lain adalah :


1.Usaha cetak foto

Pedesaan yang notabenenya jauh dari toko moderen akan sangat membutuhkan jasa cetak foto, jenis jasa ini masih laris dan masih banyak dicari oleh orang-orang yang tinggal dipedesaan, anda harus mengasah kemampuan dalam editing dan ilmu komputerisasi. Sehingga jenis usaha ini dapat coba.

2.Usaha ternak

Di daerah pedesaan yang lahannya masih luas akan sangat berpotensi dalam menjalankan peternakan, lahan untuk menggembala ternak dan mendirikan kandang masih sangat memungkinkan. Sehingga tidak akan cemas hewan ternak akan kekurangan makan rumput dan kandang yang sempit begitu juga dengan kotoran ternak dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik.


Usaha kecil yang laris di pasar

Berjualan di pasar sangat berpeluang besar untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak, maka memiliki usaha kecil-kecilan adalah hal yang paling tepat. Karena pasar adalah tempat berkumpulnya penjual dan pembeli dari berbagai macam barang dagangan maka dengan begitu pembeli akan datang dengan sendiri mencari barang yang mereka butuhkan.. beberapa ide bisnis kecil-kecilan untuk berjualan di pasar antara lain sebagai berikut :

1.Usaha Sembako

Usaha sembako tidak pernah sepi dari pengunjung. Sembako adalah kebutuhan pokok masyarakat yang sejak turun temurun sudah menjadi usaha yang rame pembeli, hanya saja usaha ini lebih banyak pesaing bahkan berani banting harga untuk menarik konsumen lainnya. 

2.Bisnis Frozen Food

Usaha lain yang dapat menjadi pilihan jenis makanan yang dapat dijual dipasar adalah makanan beku. Keuntungan dari menjual makanan ini selain tahan lama juga waktu penyajiannya yang cepat yaitu cukup dengan dikukus maupun digoreng. Sekarang ini sudah banyak yang menjual makanan beku seperti sosis sehingga tidak heran banyak orang yang mencari jenis makanan beku ini. Alternatif yang baik untuk mendapatkan banyak pembeli adalah dengan menjual frozen food dengan kualitas yang baik, tanpa pengawet, MSG, dan bahan-bahan berbahaya serta yang lebih penting harganya bersaing.

Usaha Musiman

Memanfaatkan musim sangatlah menguntungkan maka jenis usaha yang biasanya terjadi secara musiman atau waktu-waktu tertentu adalah jenis-jenis usaha yang menyesuaikan dengan adanya suatu acara atau peristiwa yang pasti terjadi dalam putaran satu tahun. Contohnya sebagai berikut :

1.Usaha Kue Kering

Usaha ini biasanya muncul di Hari Raya tertentu seperti idul Fitri, idul Adha dan bulan Maulid. Negara kita yang masyarakat muslim paling dominan, tentunya menjalankan usaha ini akan lebih tepat jika anda berani mengambil peran dalam membangun usaha musiman.

2.Parcel / Souvenir

Menydiakan stok Parcel ditempat usaha anda juga berpeluang untuk mendatangkan keuntungan, Usaha ini banyak dimanfaatkan sebagai bingkisan Lebaran bagi umat Islam, atau parcel untuk bayi yang baru lahir, menjenguk orang yang sakit, hadiah untuk karyawan dan lain sebagainya.


3.Usaha Kembang Api

Adanya kembang api sangat identik dengan perayaan, baik untuk perayaan Hari Raya, perayaan sebuah event atau acara seperti acara konser, pembukaan tempat penting dan yang paling besar adalah perayaan Tahun Baru.

Memiliki usaha kecil yang dibangun dengan tekun dan sabar akan mendatangkan usaha besar dikemudian hari, karena usaha besar dimulai dari yang kecil dulu, sudah banyak sekali perusahaan yang berdiri mantereng sekarang, awalnya di mulai dari usaha kecil yang mereka rintis dari nol, dengan ketekunan, kegigihan dan tidak mudah menyerah mereka berhasil membangun usahanya dari saat masih kecil.

Itulah artikel yang membahas gambaran dan ide Usaha Kecil-Kecilan Di Rumah Belum Banyak Pesaing Dan Sangat Menguntungkan, semoga bisa bermanfaat untuk semua kalangan dan golongan.

Kutipan Sumber: maxmanroe.com

Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
close