-->

Ad Unit (Iklan) BIG

5 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di HP Tanpa Aplikasi

Post a Comment

triprofik.com-Saat kamu tidak sengaja menghapus file penting di hp kesayanganmu, tentu saja akan sangat panik dan merasa sangat menyesalinya. Terlebih, jika file tersebut akan segera digunakan. Baik itu foto, dokumen, video, atau file penting lainnya. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir yang berlebihan karena bisa mencoba dahulu cara mengembalikan file yang terhapus di hp tanpa aplikasi.

Cara ini bisa dilakukan dengan empat opsi yang mana bisa kamu pilih yang paling mudah dan sangat cocok dengan hp yang kamu miliki sehingga nantinya bisa mengembalikan data yang terhapus pada perangkat Android. Akan tetapi, biasanya memang akan sangat sulit mengembalikannya. Hanya saja, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara mengembalikan file yang sudah terlanjur terhapus tersebut.

scan file

Sejatinya setiap masalah pasti ada solusinya layaknya penyakit pasti ada obatnya namun yang namanya proses pengembalian tidak semulus yang kita harapkan kadang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, karena di tekan pikiran kita yang palik sehingga merasa sangat sulit untuk mengatasi masalah tersebut, oleh sebab itu disarankan tetap tenang agar kamu bisa fokus dalam mengerjakan sesuatu masalah tersebut.

Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di hp

Banyaknya aplikasi yang bertebaran di play store akan semakin mudah untuk kita dalam mengatasi file terhapus tersebut, cara yang bisa kamu lakukan adalah mencari rekomendasi terbaik tentang aplikasi yang ampuh dalam mengatasi file yang hilang atau yang tidak sengaja terhapus pada perangkat Android. Beberapa cara diantaranya dapat dilakukan tanpa perlu menggunakan aplikasi. Oleh karena itu, tentu akan sangat mudah untuk melakukannya sehingga jangan ragu mencobanya.

Cara yang pertama dengan memanfaatkan fitur Trash yang ada pada File Manager. Pasalnya setiap ponsel pintar sudah dilengkapi dengan menu tersebut. Adapun fungsinya sangat mirip dengan Recycle Bin yang ada di komputer atau laptop berbasis Windows.

Sejatinya tidak ada file yang sudah terhapus secara tidak sengaja tersebut akan lenyap atau hilang secara permanen. Akan tetapi, akan masuk pada fitur Trash. Untuk itu, kamu bisa langsung mengembalikan file tersebut dengan cara menekan tombol Restore dengan menekan file tersebut.

1.Via Google Photo
Cara mengembalikan file yang terhapus di hp tanpa aplikasi  yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan aplikasi Google Photos. Aplikasi ini tentu sudah tersedia di setiap perangkat android. Sistem yang diterapkan dalam Google photo adalah dapat menyimpan file dengan media internet sehingga terapdate secara otomatis. Hanya saja memang cara yang satu ini dapat diterapkan dengan memanfaatkan aplikasi.

Langkah pertama silahkan kamu buka aplikasi Google Photos, biasanya berkumpul dengan aplikasi basis google lainnya. kemudian pada tampilan awal yang muncul, kamu bisa memilih ikon garis tiga yang ada di bagian pojok kanan atas. Lalu pilih kolom trash yang ada pada bagian layar. maka akan tersedia beberapa foto yang tidak sengaja terhapus tersebut. Sejatinya foto tersebut sudah tersimpan secara otomatis pada ruang penyimpanan Google

Kemudian, kamu bisa memilih salah satu foto yang ingin dikembalikan filenya seperti semula. Klik foto tersebut kemudian pilih menu restore yang ada pada bagian bawah kanan dari foto atau kamu langsung bisa mendownloadnya kembali maka Dengan begitu, foto yang sudah terhapus dapat dikembalikan lagi filenya. mungkin setiap hp akan berbeda dalam mengembalikan file yang sudah ada di google photo. Dan perlu di ingat bahwa aplikasi ini hanya khusus pada file photo saja.

2.Google Drive
Masih dengan memanfaatkan aplikasi buatan Google yang memang terpasang dari setelan pabrik, kini kamu juga bisa mengembalikan file yang sudah terhapus secara tidak sengaja lewat Google Drive. Hanya saja, cara yang satu ini akan berlaku apabila data yang hilang tersebut sebelumnya sudah diunggah dalam sistem cloud Google Drive.

Caranya adalah buka google drive yang ada pada hp kamu. Kamu juga bisa mengaksesnya melalui akun gmail yang memang terpasang dalam hp tersebut kemudian masuk terlebih dahulu pada fitur trash. Selanjutnya, pastikan kamu melakukan Restore agar dapat mengembalikan file yang sudah terhapus sebelumnya secara tidak sengaja. Dari situ, nantinya file-file yang sudah di restore akan kembali seperti semula.

Cara ini rasanya sangat mustahil namun siapa tahu kamu sebelumnya sudah meng update datanya pada google drive, jika iya maka kamu sangat beruntung sekali sehingga bisa menggunakan kembali file yang sudah kembali tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya lain waktu lebih hati-hati lagi dalam menghapus file. Jadikan ini pelajaran dan pastikan untuk memilah terlebih dahulu file mana saja yang ingin dihapus dan mana saja yang tidak ingin dihapus.

Untuk cara ini bisa berlaku pada semua dan jenis dan tipe hp apa saja baik Samsung, Oppo, Vivo, Xiomi dan beberapa jenis hp android lainnya.
cari file yang hilang


3.Menggunakan Recovery Tool
Cara yang ketiga ini memang memanfaatkan beberapa aplikasi yang ada di play store untuk mengembalikan beberapa file yang sudah terhapus. Ada banyak pilihan aplikasi yang menyediakan layanan untuk mengembalikan file yang hilang tersebut, tinggal kamu pilih yang mana dan yang paling mudah untuk dilakukan. Untuk aplikasi yang kami rekomendasikan adalah EaseUS MobiSaver for Android, jika belum ada di hp kamu maka instal dulu pada Google Playstore. Tidak perlu khawatir karena proses pengunduhan tersebut tidak memerlukan biaya alias gratis.

Aplikasi EaseUS MobiSaver for Android ini dapat digunakan untuk mengembalikan file dengan mudah dan juga cepat. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengembalikan file foto, pdf, doc kontak, pesan, dokumen penting hingga video yang sudah terhapus secara tidak sengaja sebelumnya.

Cara yang harus kamu lakukan adalah dengan memilih menu restore yang tersedia. Akan tetapi, agar dapat menggunakan fitur yang jauh lebih lengkap maka ada baiknya untuk melakukan proses root ponsel terlebih dahulu. namun jika tidak kamu masih bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan fitur terbatas.

4.Menggunakan Aplikasi DiskDigger
Cara mengembalikan file yang terhapus di file manager bisa menggunakan DiskDigger. Cara yang satu ini memang memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang sudah tersedia di play store. kamu bisa langsung mendownloadnya dengan cepat dan tentunya gratis karena aplikasi DiskDigger dapat diunduh secara mudah lewat Google Playstore layaknya aplikasi yang lain.

Kelebihan dengan menggunakan aplikasi DiskDigger, proses pengembalian file yang sudah terhapus sebelumnya dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Dengan begitu, kamu bisa mencobanya untuk mengembalikan data yang sudah hilang. Cara kerjanya aplikasi tersebut akan mencari data atau file yang hilang baik berupa foto, dokumen, dan juga video.

Kekurangan aplikasi ini adalah tidak dapat mencari file yang ada sebelum adanya aplikasi tersebut sehingga file yang dapat dikembalikan tersebut umumnya merupakan file-file yang terhapus setelah kamu memasang aplikasi DiskDigger. Selain itu, apabila ingin memaksimalkan kinerja fitur scannya maka ada baiknya untuk melakukan root terlebih dahulu.

Itulah cara mengembalikan file yang terhapus di hp tanpa aplikasi semoga ke empat tips tersebut bisa membuat kamu berhasil dalam mengatasi masalah file hilang secara tidak sengaja.




Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
close