-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data Disemua Merek HP

Post a Comment

triprofik.com-Mungkin bagi sebagian orang akan merasa terganggu dari banyaknya notifikasi di WhatsApp. Apalagi banyak teman yang kadang meminta isi pulsa tengah malam yang katanya akad hutang terlebih dahulu namun kadang tidak bisa membayarnya. untuk menghindari dari gangguan tersebut kamu bisa saja menonaktifkan wa untuk sementara waktu. Lalu bagimana cara menonaktifkan wa tanpa mematikan data disemua merek hp, nah dalam artikel ini triprofik akan membagikan tutorial tersebut dengan banyak cara yang sangat mudah untuk dilakukan bagi pengguna yang notabenenya tidak memahami betul tentang hp android. 

Cara ini sudah saya lakukan untuk menghindari gangguan ketika saya ingin tidur nyenyak atau terhindar dari chat yang tidak penting. Kamu juga bisa melakukannya dengan mengikuti salah satu cara dibawah ini, dan berlaku pada semua mereka hp android terbitan terbaru seperti Samsung, Vivo, Oppo, Xiomi dan beberapa merek hp lainnya. Dan cara ini tidak perlu menghapus aplikasi wa, jadi history chat kamu masih ada ketika wa sudah di aktifkan kembali.

bagaimana cara menonaktifkan wa tanpa mematikan data


Cara off wa tanpa mematikan data seluler juga bisa dilakukan tanpa perlu menggunakan aplikasi lain. Walaupun ada juga cara yang perlu membuat kita mendownload aplikasi tambahan. Namun hal ini akan menyulitkan karena masih memerlukan beberapa langkah sehingga bikin bingung bagi pemula.

Ada berbagai cara menonaktifkan WA sementara untuk pengguna Android atau Iphone (iOS). Salah satunya bisa dengan cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data.

Berikut ini cara menonaktifkan wa tanpa mematikan data  untuk sementara

1.Paksa berhenti wa

Kamu bisa menonaktifkan WA tanpa mematikan data seluler, dengan pilihan memberhentikan paksa aplikasinya. Ikuti langkah-langkah berikut ini:


  1. Buka menu setting di hp android kamu
  2. Lalu masuk ke menu Aplikasi
  3. Cari aplikasi WhatsApp
  4. Jika sudah, klik pilihan 'Paksa Berhenti' atau 'Force Stop'
  5. Aplikasi WA telah berhasil dinonaktifkan sementara.

Jika kamu mau menonaktifkan WA sementara dengan cara tersebut, kamu juga bisa melakukan hal itu secara langsung, tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Tentu, cara menonaktifkan WA ini lebih banyak digunakan bagi pengguna, karena enggak terlalu ribet.

Perlu di ingat cara ini memang terbilang sangat mudah, karena langkah yang kita perlukan tidak terlalu merembet kemana-mana. Adapun untuk mengaktifkan kembali juga tidak terlalu ribet, tinggal buka saja aplikasi wa kamu, maka aplikasi wa sudah aktif kembali dan semua pesan yang masih centang satu akan masuk pada history perpesanan yang ada di wa kamu.


2.Nonaktifkan WA dengan Membatasi penggunaan data

Cara menonaktifkan wa tanpa blokir juga bisa dengan mematikan data, di background agar tidak ada aktivitas yang aktif. Berikut caranya:


  1. Masuk ke menu pengaturan
  2. Scroll, lalu pilih aplikasi WhatsApp
  3. Selanjutnya, pilih menu data seluler
  4. Pilih izinkan pembatasan memberikan data seluler di latar belakang atau 'background data'.
  5. Centang semua data yang masuk baik dari data seluler atau wifi.

Sebagai informasi, bahwasanya letak pengaturan tersebut dalam sebuah smartphone bisa berbeda-beda. Tapi, secara umum langkahnya sama dengan cara di atas.

Cara ini yang paling sering saya lakukan karena sangat ampuh untuk menonaktifkan wa, dibanding cara pertama yang kadang terlanjur tidak sengaja membuka wa maka akan otomatis aktif dengan sendirinya sehingga kurang efektif untuk menonaktifkan wa dalam jangkan waktu yang lebih lama.

3.Menonaktifkan WA dengan Aplikasi Mobiwol

Cara yang ke tiga ini kamu bisa  menggunakan aplikasi tambahan yang bernama Mobiwol. Kamu bisa mendownload aplikasinya terlebih dahulu di Play Store.


  1. Cari Mobiwol di Playstore
  2. Unduh dan instal aplikasi
  3. Pilih menu aturan Firewall
  4. Klik icon WiFi tekan sampai gelap
  5. Jika sudah, maka aplikasi WA akan otomatis berhenti.


Sejatinya banyak sekali aplikasi pihak ketiga untuk menonaktifkan wa sementara, hanya saja yang paling kami rekomendasikan adalah Mobiwol, namun kamu masih bisa mencobanya aplikasi lain jika hal itu lebih ampuh dalam memberikan layanan perihal tersebut.

4.Hapus Aplikasi WA

Untuk cara yang ke empat ini sepertinya lebih extrem karena harus menghapus aplikasi langsung yang berdampak pada history chating rawan hilang jika dalam jangka waktu lama, namun jika kamu tidak menghiraukan hal itu maka bisa langsung menghapus aplikasi WA tersebut. Dengan menghapus aplikasi WA, maka secara otomatis akun WA akan dinonaktifkan.


Berikut adalah cara menghapus WA:


  1. Sebaiknya hapus semua pesan di aplikasi WhatsApp terlebih dahulu
  2. Terus logout dan tap aplikasinya lalu pilih uninstall
  3. Maka WhatsApp akan otomatis berhenti.

Dengan menghapus aplikasi WA, jadi notifikasi dari setiap orang yang mengirim pesan dan melakukan panggilan ke WA kamu tidak akan masuk. Artinya, tidak akan terganggu lagi dengan notifikasi WA yang ada.

5.Nonaktifkan WA dengan Aplikasi Hibernator

Cara menonaktifkan wa tanpa mematikan wifi dengan Aplikasi tambahan yang bernama Hibernator bisa kamu download di Play Store. Aplikasi ini memiliki fungsi sebagai alat untuk menonaktifkan WA sementara tanpa mematikan data internet. jadi kamu masih bisa melakukan aktivitas di hp kamu dengan menggunakan internet seperti main game, nonton youtube sementara wa kamu tidak aktif, jadi tidak ada yang bisa ganggu kamu lagi. berikut untuk Ikuti langkah-langkahnya


  1. Download aplikasi Hibernator
  2. Buka Hibernator dan pilih aplikasi WhatsApp
  3. Pilih menu pengaturan
  4. Pilih menu akses data
  5. Aktifkan menu untuk menonaktifkan WhatsApp sementara.

Dampak Saat kamu Menonaktifkan WhatsApp

Apa sih yang terjadi jika kamu menonaktifkan WA? Berikut beberapa hal bisa terjadi jika kamu menonaktifkan WA:


Orang-orang yang menyimpan nomor WA kamu, tidak akan bisa menghubungi kamu melalui aplikasi WA.

Dan kamu juga tidak bisa melakukan aktivitas di aplikasi WA, seperti chatting, video call, menerima panggilan dari orang lainserta tidak bisa membuat status dan melihat story teman kontak di WA kamu.

Aplikasi WA tidak dapat digunakan sementara, jadi kamu harus menggunakan aplikasi chating lainnya. Kalau saya lebih sering menggunakan aplikasi chating lain yang bernama Telegram, fungsinya juga sama dengan wa.

Buat kamu yang belum pernah menonaktifkan akun WA, mungkin akan merasa sedikit khawatir dengan keamanannya dan takut data hilang. Muncul pertanyaan, apakah kalau kita paksa berhenti WA data akan hilang?

Sejatinya, menonaktifkan WA tidak terlalu menjadi masalah karena sifatnya sementara tidak permanen. Jadi, kamu tidak perlu khawatir karena data dan history chating tidak akan hilang selama kamu mencadangkan data dan tidak menghapus aplikasi WA.


Kamu bisa mengikuti beberapa cara tadi, setelah kamu yakin ingin menonaktifkan WA sementara. Aktivitas chatting dan lain sebagainya di WhatsApp itu, menggunakan ID nomor telepon yang terverifikasi.


Jadi, karena kamu menonaktifkan sementara, maka tentunya pesan yang masuk ke WA kamu akan centang 1 namun setelah kamu mengaktifkan kembali maka pesan yang tertahan tadi akan bersamaan masuk seperti semula sebelum dinonaktifkan. Buat kamu yang ingin mendapatkan notifikasi lagi, kamu tinggal mengaktifkan layanan aplikasi WA kembali ya.


Ada dua cara yang bisa kamu gunakan untuk mengaktifkan atau menormalkan kembali aplikasi WA ke keadaan semula. Kamu bisa pilih aktifkan kembali di pengaturan HP kamu atau download aplikasi WA lagi kalau kamu sudah menghapusnya.


Itu tadi informasi cara menonaktifkan wa tanpa mematikan data disemua merek hp yang bisa kamu coba. Semoga dapat membantu ya dan berhasil dalam mengikuti langkah-langkahnya.









Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
close