-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Cara Mengembalikan File Yang Hilang Di Flashdisk Tanpa Aplikasi

Post a Comment

triprofik.com-cara mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus di flashdisk sangat penting untuk diketahui secara menyeluruh, bagi kamu yang kesehariannya hanya berpegang teguh pada data-data di komputer atau laptop tentunya tidak jarang mengalami file hilang atau tidak sengaja menekan tombol delete sehingga menyebabkan hilangnya file penting ataupun yang tidak begitu penting.

Mengembalikan file yang terhapus atau hilang dari dalam flashdisk sebenarnya sangat mudah jika proses penghapusan atau hilangnya tersebut dengan tidak sengaja menekan tombol delete, maka otomatis file masih tersimpan di tempat sampah namun yang tidak mudah mengembalikan file hilang tanpa sebab yang tidak tahu menahui tiba-tiba hilang saja.

Untuk mengantisipasi hilangnya data penting baik dalam flashdisk atau hp maka sebaiknya sediakan tempat khusus yang tidak ada orang yang tahu, atau tempat tersebut di amankan dengan kode atau sandi yang tidak bisa di bobol. jadi jika ada ketidak sengajaan atau hilang sendiri maka kamu masih mempunyai file backup nya.

cara mengembalikan file flashdisk yang terhapus di android

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur hilang dan tidak mempunyai file backupnya? maka jalan satu-satunya harus mengembalikan file yang hilang tersebut, apakah bisa ?   Saat ini ada banyak aplikasi File Recovery yang bisa kamu gunakan. Namun yang paling ampuh adalah aplikasi Recuva. Selain gratis, aplikasi ini juga cukup bisa diandalkan untuk mengembalikan file yang sudah terhapus dari flashdisk. Aplikasi ini dibuat oleh developer terpercaya yang juga mengembangkan aplikasi populer CCleaner.


Mari kita simak tutorial cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk lewat laptop dengan aplikasi Recuva berikut ini. Semoga berhasil.

Sebelum memulainya untuk melakukan proses mengembalikan file yang terhapus atau hilang dari flashdisk, pertama kamu harus instal aplikasi Recuva di pc atau laptop. atau kamu bisa download aplikasinya di sini dulu. Setelah terinstal lalu ikuti langkah berikut ini:

Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di flashdisk

1.Masukkan flashdisk ke laptop atau PC, kemudian buka aplikasi Recuva

2.Scan file yang terhapus di flashdisk dengan opsi file ke semua Files, lalu pilih lokasi pencarian file di flashdisk dengan cara In a Spesific Location > Browser > pilih drive USB flashdisk kamu

3.Klik Next kemudian klik centang pada Enable Deep Scan Bila kamu ingin aplikasi memindai file terhapus lebih rinci, namun cara ini akan memakan waktu yang lebih lama. Setelah itu, klik Start untuk memulai

4.Tunggu beberapa saat sampai proses scanning file selesai dengan sempurna

5.Setelah itu, kamu akan menemukan nama file yang terhapus. File yang ditandai dengan warna hijau artinya bisa dikembalikan lagi, sedangkan file dengan warna merah artinya file tidak bisa dikembalikan lagi

6.Setelah itu, jika status file kamu Excellent, maka file bisa dikembalikan dalam keadaan utuh atau sempurna. Sedangkan jika Poor mungkin hanya sebagian yang bisa diselamatkan.

Kekurangan aplikasi Recuva tidak bisa mengembalikan file yang terhapus secara sempurna. Walaupun bisa,  pastinya masih ada salah satu atau dua file yang hilang atau keberadaanya sudah tidak bisa dibuka kembali. Ini disebabkan karena file yang terhapus di flashdisk tidak ditempatkan di lokasi khusus sebelum dihapus permanen. Untuk memperbesar peluang file yang terhapus bisa diselamatkan, kamu harus secepat mungkin me-recovery file yang terhapus dengan Recuva setelah menyadari file yang kamu ingin dicari hilang. Ingat waktu selisih hilangnya file harus di percepat jika kamu ingin mengembalikan file secara utuh seperti semula jika sudah terlanjur lama maka kemungkinan besar file sudah tidak bisa dikembalikan lagi.

Cara ini bisa dilakukan pada komputer dengan program windows 10, atau yang konpatibel dengannya, coba saja lalukan cara apa saja untuk mengembalikan file yang hilang tersebut. Pesan untuk yang mempunyai file penting harusnya sudah menyediakan tempat backup yang aman.

kunci file agar tidak hilang

Cara mengembalikan flashdisk yang terformat dengan cmd

Ada beberapa kemungkinan dengan hilangnya file dari flashdisk, yang salah satunya terkena virus atau hidden file jadi file tersebut sejatinya tidak terhapus namun disembunyikan oleh virus. Sehingga tidak terbaca oleh sistem komputer atau di hp android yang kamu gunakan. Jangan panik jika tiba-tiba kamu tidak bisa menemukan file di dalam flashdisk atau di hp kamu. Untuk mengembalikan file yang dihilangkan oleh virus sebenarnya sangat mudah, bahkan tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga. 

Sebelum mulai mengembalikan file hilang disebabkan oleh virus, cek terlebih dahulu apakah flashdiskmu isinya kosong atau penuh. Jika masih penuh tapi filenya tidak terbaca oleh sistem, maka ada kemungkinan flashdisk kamu terinfeksi virus atau terhidden. Tapi kalau kosong itu artinya semua file di dalam flashdisk sudah lenyap. Gunakan aplikasi Recuva untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut. seperti cara di atas.
Cara mengembalikan file yang hilang di Flashdisk tanpa aplikasi


Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk gratis

1.Masukkan flashdisk ke laptop atau komputer
2.Buka Windows Explorer dengan cara klik logo Windows di Keyboard plus E
3.Klik Organize di pojok kiri atas, dan pilih Folder and Search Options

4.Pilih tab View dan cari lalu pilih Show Hidden Files, Folder, and Drives

5.Lalu klik OK, dan cari Drive USB flashdisk kamu di bawah Local Disk dan Data.

Virus memang sangat rentan untuk komputer, oleh sebab itu sebaiknya menjaga komputer dari virus harus diperketat lagi, jangan sampai kehilangan file yang kedua kalinya.

Demikianlah artikel ini yang membagikan tutorial cara mengembalikan file yang hilang di Flashdisk tanpa aplikasi semoga bisa mengembalikan file kamu yang hilang ya.


Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
close