-->

Ad Unit (Iklan) BIG

5 Cara Investasi Emas Batangan Untuk Pemula Yang Tidak Beresiko

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Memiliki penghasilan tetap adalah impian semua orang apalagi yang sudah menikah namun bukan berarti anda bisa aman saja degan tanpa menabung atau investasi karena disaat kita mempunyai penghasilan tetap tapi tidak bisa menyimpannya maka hal itu akan tidak ada batangnya. Untuk menjamin agar masa depan Anda menjadi lebih baik dan sebagai antisipasi jika suatu hari terjadi penurunan penghasilan, maka anda harus melakukan satu tindakan yang sebaiknya dilakukan sedari dini, yakni investasi. 

Berinvestasi apapun bentuknya, wajib dilakukan selagi Anda masih memiliki penghasilan tetap. Banyak sekali jenis investasi yang bisa dipilih, mulai dari investasi saham yang paling umun,deposito, membeli tanah, menyewakan rumah, koskosan, properti hingga emas. Sedangkan jenis investasi emas merupakan pilihan investasi yang terbaik karena dengan emas kita bisa menyimpan uang tanpa mengalami menurunan ( Infalasi ) seadainya dunia mengalami perang dan mata uang disetiap negara sudah tidak berlaku lagi maka emas tetap mempunyai nilai yang tinggi dan menjadi alat tukar yang mudah serta diakui oleh semua negara begitu juga dengan harganya yang cenderung naik. Ada beberapa cara investasi emas yang bisa dilakukan dan terhindar dari kerugian investasi emas baik emas antam atau jenis emas lainnya.

emas batangan


Mempunyai Emas bukan hanya sebagai perhiasan semata, melainkan sebagai pilihan investasi yang sangat menguntungkan dan terbaik sepanjang masa. Pasalnya emas merupakan barang yang harganya memiliki kecenderungan naik serta jarang mengalami penurunan dalam jumlah yang signifikan. Salah satu contohnya disaat pandemi Covid-19. Harga emas mengalami peningkatan yang signifikan. Kini emas diburu sebagai alat investasi sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui cara investasi emas.


Karena popularitasnya yang kian meninggi, banyak orang yang mulai beralih ke investasi emas. Tak perlu khawatir apabila Anda termasuk yang ingin berinvestasi di logam mulia ini namun tidak mengetahui cara investasi emas yang aman. Tapi sebenarnya bagaimana cara investasi emas yang aman untuk pemula? Berikut penjelasannya.


Cara menabung emas di antam untuk pemula


1.Pastikan dulu tujuan investasi emas

Sebelum memulai investasi emas anda harus mencari informasi terlebih dahulu dan berhati-hati terhadap orang atau instansi yang menawarkan dengan penghasilan yang tidak wajar jangan tergiur oleh iming-iming yang jauh dari tingkat wajar agar investasi yang anda lakukan aman dan terjaga dalam jangka waktu yang sangat lama, dan pastikan Anda tahu untuk apa tujuan Anda berinvestasi. 

Cara investasi emas antam di pegadaian ialah mengetahui dengan baik tujuannya dalam berinvestasi. Banyak tujuan yang bisa dijadikan target dalam berinvestasi emas, apakah untuk tabungan pernikahan, pendidikan anak, atau sebagai uang darurat atau investasi dihari tua.


Sebagai contoh investasi misalnya Anda sudah menargetkan dalam jangka waktu 10 tahun ke depan akan berhenti bekerja dan memulai usaha sendiri. Kemudian penghasilan dari gaji Anda sebagian disisihkan dan diinvestasikan di emas. Jika sudah memiliki tujuan yang jelas seperti ini maka Anda akan lebih tahu berapa besaran emas yang diinvestasikan setiap bulannya.  

2.Pantau perkembangan harga emas secara berkala

Memantau perkembangan harga emas secara berkala. Saat ini tidak sulit untuk memantau perkembangan harga emas. Banyak website dan aplikasi di internet yang menampilkan perkembangan harga emas setiap harinya. Adapun aplikasi yang dapat di instal melalui ponsel android kini sudah sangat mudah untuk mendownloadnya sehingga dapat menampilkan perkembangan harga emas setiap saat.


Lalu apa manfaat memantau perkembangan harga emas? Emas dikenal sebagai alat investasi yang paling stabil terkadang juga mengalami penurunan harga. Meski jarang, tidak ada salahnya untuk membelinya. Kemudian saat secara tiba-tiba harga emas melonjak tinggi, Anda juga mempunyai pilihan untuk kemudian menjualnya. Namun perlu dipahami bahwa investasi emas sebaiknya dilakukan untuk jenis investasi jangka panjang yakni dalam kurun waktu 5-10 tahun. hal itu akan lebih baik jika anda  investasi di emas.

cara investasi logam mulia


3.Membeli emas di tempat yang terpercaya

Cara investasi emas selanjutnya yang paling penting adalah mengetahui tempat pembelian emas ditempat yang terpercaya dan memiliki rating tinggi baik di dunia maya ataupun di mata masyarakat umum. Ada beberapa tempat resmi yang menjual emas antam untuk berinvestasi. Identitas resmi  menjual emas dengan menyertakan surat-surat dan sertifikatnya karena ada penjual emas yang menyediakan logam mulia tersebut dengan cara cepat namun tidak disertakan dengan sertifikat. Hanya berupa emas batangannya saja.


Salah satu tempat yang direkomendasikan dan termasuk cara investasi emas adalah membelinya di Pegadaian. Anda bisa membelinya langsung di gerai penjualan emas di kantor pegadain terdekat dengan anda atau situs-situs e-commerce yang memang menjual secara resmi. Kemudian Anda juga bisa membeli dan membuka rekening tabungan emas di PT Pegadaian. Keduanya merupakan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN sehingga penjualannya lebih terpercaya.


Berikut Tempat penyimpanan emas yang aman

Setelah mengetahui cara investasi emas bagi pemula, ada yang lebih penting yaitu tempat penyimpanannya. Salah satu tips atau cara investasi emas adalah Anda juga harus mengerti tempat penyimpanan emas yang aman. Yang paling mudah ialah menyimpannya di rumah sendiri di dalam brankas atau safety box. Jika merasa kurang aman Anda juga bisa menyimpannya di Safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan pihak bank. Tentunya jika memilih untuk menggunakan SDB, ada biaya tambahan yang diperlukan. Harga untuk menggunakan SDB relatif tergantung dengan bank masing-masing. Untuk SDB sendiri selain emas bisa juga dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang maupun surat-surat berharga lainnya seperti sertifikat rumah atau tanah.

Bank-bank besar sudah menyediakan layanan SDB ini, maka anda yang perlu perlindungan terhadap benda berharga lainnya bisa menyewa tempat tersebut dengan biaya yang sudah ditentukan oleh pihak bank.

Fokus masa depan

Cara investasi emas yang selanjutnya adalah berfokus pada masa depan. Anda harus memahami bahwa investasi merupakan tabungan yang anggapannya sudah hilang artinya tidak boleh di ungkit-ungkit kembali sebelum waktunya tiba agar nilai investasi yang anda punya bisa menghasilkan lebih banyak keuntungan. Sifatnya yang jangka panjang yakni bisa 15 sampai 20 tahun mendatang. Jadi saat melakukan investasi, termasuk investasi emas, perlu kesabaran dalam melihat hasilnya. Agar tidak terkesan menunggu hasil lebih baik anda fokus pada pekerjaan lain yang merupakan aktivitas sehari-hari. 

Investasi emas sangat cocok sebagai investasi jangka panjang sehingga hasilnya baru terasa setidaknya 10-15 tahun mendatang. Ingat, investasi berbeda dengan jual beli yang memang bertujuan untuk mencari keuntungan dalam waktu singkat. Karena itu dalam berinvestasi emas, Anda harus fokus terhadap tujuan dan masa depan yang ingin Anda capai. Jadi, fokus pada masa depan adalah cara investasi emas yang bisa Anda terapkan.


Itulah 5 cara investasi emas batangan untuk pemula yang tidak beresiko dan bisa diikuti oleh pemula. Emas merupakan logam mulia yang masih difavoritkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sebagai alat investasi. Sehingga penting bagi Anda yang ingin berinvestasi untuk memahami cara investasi emas. Seperti yang sudah ditulis dalam artikel ini, salah satu penyebabnya adalah harganya yang terbilang stabil bahkan cenderung naik. Selain soal kestabilan harga, masih ada beberapa keuntungan dalam berinvestasi emas. Apa saja? Berikut ulasannya.


Keuntungan investasi emas lainnya


Mudah dicairkan karena sifatnya liquid

Keuntungan dalam berinvestasi emas selain yang telah disebutkan di atas adalah emas mudah dicairkan karena mempunyai sifat liquid. Tingkat likuiditasnya yang tinggi atau sifatnya yang mudah dicairkan. Emas mudah dicairkan ke dalam bentuk uang tunai jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan uang tunai untuk keperluan tertentu. Berbeda dengan investasi lainnya semisal tanah atau rumah, tentu emas memiliki tingkat likuiditas yang lebih tinggi.


Melindungi kekayaan dari inflasi

Dengan investasi emas anda sudah sekaligus melindungi kekayaan. Hal ini terlihat dari harganya yang stabil dan cenderung mengalami kenaikan. Contohnya bila sewaktu-waktu terjadi inflasi maupun krisis ekonomi disuatu negara, maka harga emas malah cenderung mengalami kenaikan. Ini sangat berbeda jika Anda hanya menyimpan uang dalam bentuk tunai. Saat kondisi perekonomian mengalami inflasi atau krisis ekonomi, nilai mata uang bisa ikut melemah.


Itulah dua keuntungan investasi emas selain kestabilan harganya. Setelah mengetahui cara investasi emas dan keuntungannya, tidak ada salahnya untuk memulai berinvestasi emas. Cara-cara investasi emas yang disebutkan sebelumnya tidaklah sulit untuk diterapkan. Satu hal yang perlu diingat adalah investasi apapun bentuknya penting untuk menjamin masa depan agar menjadi lebih baik. Selain investasi dalam bentuk emas, pilihan investasi lainnya yang bisa dijadikan alternatif adalah membuka tabungan perencanaan di bank. 

Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter