-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Download Contoh Format Invoice Excel Bahasa Indonesia

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com-download contoh format invoice excel bahasa indonesia-artikel ini akan menjelaskan dan membagikan faktur atau invoice dalam berbagai format yang dapat digunakan langsung oleh anda yang membutuhkannya. Sering sekali kita temukan transaksi yang meminta invoice atau faktur penjualan, biasanya hal ini terjadi bila anda seorang penjual atau pembeli yang berkaitan dengan perusahaan atau intansi tertentu sehingga membutuhkan tanda bukti berupa faktur penjualan.

Nah halaman ini akan membagikan beberapa contoh invoice yang mungkin saja anda butuhkan sekarang ini, namun sebelum memasuki ke pokok pembahasan, ada baiknya untuk mengetahui beberapa syarat yang harus ada dalam invoice atau faktur pernjualan.

format invoice word indonesia

Download format invoice excel

Invoice dengan format excel akan lebih mudah dalam menjumlahkan serta menghitung nominal yang ada dalam invoice tersebut sehingga anda tidak perlu lagi menghitung manual yang rawan akan kesalahan, dengan excel anda dapat membuat serta memasukkan rumus sesuai dengan kemauan dan apa yang anda inginkan maka dengan format excel ini sudah sangat lengkap rumus yang terdapat didalamnya.

Invoice adalah sebuah data atau dokumen yang mencatat pejualan atau pembelian barang dari seorang penjual, yang mana hal-hal penting mengenai barang dan transaksi akan tercatatat secara keseluruhan dalam invoice tersebut sehingga pihak pembeli dan penjual sama-sama mengantongi bukti bayar dan bukti pembelian.

Invoice disebut juga faktur penjualan yang mempunyai fungsi sama, terdapat nama barang, tanggal, waktu, nama perusahaan penjual dan nama pembeli. Faktur biasanya terdiri dari 3 lembar dengan mempunyai fungsi yang berbeda, 

1.Faktur warna putih merupakan faktur asli dalam pembelian, fungsinya sebagai tanda bukti asli yang belum diberikan kepada pembeli sebelum pembeli melunasi barang yang sedang kredit, kemudian faktur asli tersebut akan diberikan secara sah ketika sipembeli membayar tagihan pembeliannya.

2.Faktur copy dengan warna merah yang berfungsi sebagai bukti pembelian credit selama barang tersebut masih belum terlunasi, faktur ini dipegang oleh pihak pembeli.

3.Faktur copy warna kuning sebagai bukti transaksi pembelian credit yang dipegang oleh pihak penjual, setelah pembeli melunasi barang credit tersebut maka faktur asli warna putih akan diberikan kepada pembeli sebagai tanda bukti pembayaran lunas.

Setiap perusahaan biasanya sudah menyediakan invoice atau faktur untuk transaksi penjualan dengan dilengkapi aplikasi yang mendukung terhadap proses transaksi tersebut dengan begitu tentunya perusahaan sudah memiliki sistem untuk mencetak sebuah faktur penjualan.

Perbedaan Faktur dan Invoice

Secara garis besar keduanya memiliki fungsi sama dengan melihat ketentuan serta kegunaannya masing-masing, namun keduaya memupunyai perbedaan yang cukup mudah untuk kita ketahui bersama

1.Invoice adalah sebuah tanda bukti penjualan atau transaksi jasa yang tidak dipungut pajak penjualan, sedangkan faktur adalah bukti penualan atau transaksi yang disertai dengan pemungutan pajak.

2.Invoice lebih mengarah pada tanda bukti pembayaran oleh personal yang tidak memiliki wajib pajak , sedangkan faktur pajak bersifat opsional. Apabila Anda bukan Pengusaha Kena Pajak (PKP), maka Anda tidak bisa dan tidak diperbolehkan untuk menerbitkannya.

3.Invoice lebih umum untuk segala transaksi penjualan baik barang atau jasa yang tidak terkena pajak. Sedang faktur diterbitkan hanya untuk transaksi penjualan yang disertai pajak saja.



Download contoh invoice pdf

Adapun artikel ini bertujuan membagikan invoice atau faktur bagi yang membutuhkannya saja, baik personal atau intansi tertentu yang kebetulan ingin menggunakan faktur sebagai tanda bukti transaksi. dengan begitu anda tepat sekali menemukan artikel bermanfaat ini.

Ada beberapa format yang kami sediakan dalam pembuatan sebuah faktur dan invoice transaksi, maka dengan ini anda tidak perlu mencarinya yang lain, cukup disini saja dengan menyediakan berbagai contoh secara lengkap dan terkordinir dengan rapi.

Seperti yang telah kami paparkan diawal, bahwa invoice mempunyai beberapa format, yaitu excel, pdf, dan word, namun kami sarankan jika pembuatan invoice dalam jumlah banyak maka sebaiknya menggunakan format excel saja agar lebih mudah dalam menghitung dan menjumlahkan nominal yang terdapat didalamnya. namun jika yang anda gunakan hanya satu kali saja bisa menggunakan dengan format word atau doc saja, hal ini lebih mudah dan tidak perlu menggunakan rumus excel yang mungkin bagi sebagian orang kesulitan menggunakannya.


Dalam link tersebut tersedia invoice dengan format word yang bisa diedit langsung dengan terdapat contoh penulisan, sehingga anda tinggal mengedit dengan menghapus atau menambahkan hal-hal yang diperlukan atau tidak.

Anda dapat mengubah ukuran dan lebar dalam mencetak invoice tersebut kemudian bisa dijadikan format pdf dengan bantuan tols convert file word ke pdf.

Format invoice word indonesia yaitu tulisan yang ada dalam invoice tersebut menggunakan bahasa indonesia yang sangat mudah dipahami oleh pihak pembeli dan juga penjual, sehingga proses pembuatan akan lebih mudah dan cepat. hal ini sangat membantu bagi personal yang mungkin saja belum memahami bahasa asing yang biasa tercantum dalam surat-surat penting lainnya.

Download Contoh Format Invoice Excel Bahasa Indonesia


Berikut ini yang wajib ada dalam faktur atau invoice


1.Tercantumnya nama penjual baik perusahaan atau sebuah intansi tertentu
2.Tercantumnya nama pembeli baik personal atau instansi tertentu
3.Adanya tanggal, bulan dan tahun
4.Terdiri dari 3 lembar jika hal itu diperlukan dan dilakukan secara credit
5.Logo perusahaan jika ada
6.Nomor invoice serta tanggal jatuh tempo
7.Harga dan total akhir tagihan
8.Syarat-syarat serta ketentuan pembayaran
9.Alamat penjual dan pembeli
10.Tanda tangan atau stempel pengesahan

Nah itulah kumpulan contoh invoice yang dapat kami bagikan kepada anda semua, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang memang membutuhkannya, dan bila terdapat kesalahan atau link download rusak, maka secepatnya menghubungi kami dengan berkomentar atau via kontak yang sudah tertera.






Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter