Larang WNA Asal China Masuk Indonesia,Nyawa Warga Negara Yang Paling Utama Untuk Di Lindungi

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Larang WNA Asal China Masuk Indonesia,Nyawa Warga Negara Yang Paling Utama Untuk Di Lindungi

,
Larang WNA Asal China Masuk Indonesia,Nyawa Warga Negara Yang Paling Utama Untuk Di Lindungi
Foto : Indozone

Triprofik - Larang WNA China Masuk Indonesia,Nyawa Warga Negara Yang Paling Utama Untuk Di Lindungi. BENAR, Pemerintah harus mengambil langkah tegas dalam kasus Virus Corona (2019-nCov) terutama dalam pencegahan mewabahnya Virus korona, Wabah pneumonia Wuhan berat ini pertama kali ditemukan di Wuhan pada Minggu (5/1), ketika 59 orang yang tinggal di dekat pasar ikan di kota itu mengalami gejala seperti pneumonia. Di saat ini tercatat ada 13 Negara yang Warga Negaranya Positif terjangkit Virus 2019-nCov.

Berdasarkan data Center for Systems Science and Engineering (CSSE), penyebaran virus mematikan ini sudah mencapai Amerika, Eropa, hingga Australia dan Asia Tenggara.

Pemerintah bisa saja melakukan pencegahan tegas seperti menghentikan masuknya pekerja China ke Indonesia untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Dan tak luput kebijakan seperti itu juga harus diterapkan kepada wisatawan asal China yang hendak berlibur ke Indonesia,mengingat Indonesi adalah tujuan paling populer wisatawan asal China.

Demikian disampaikan komisioner Ombudsman RI Laode Ida kepada JPNN.com, Minggu (26/1/2020).

Baca Juga : Sebelum Terlambat, Berikut Cara Pencegahan Virus Corona Dari Kemenkes

“Pemerintah Indonesia seharusnya segera mengeluarkan larangan masuknya Pekerja asal China. Bahkan wisatawan China ke Indonesia,” kata Laode.

Sementara, pekerja asal China yang sudah masuk ke Indonesia harus didata dan dilakukan pemeriksaan khusus.

Hal itu untuk memastikan bahwa mereka bebas dari virus yang sudah menelan banyak korban di China sendiri atau bahkan di Negara Lain.

Penyebaran virus mematikan itu juga sudah merenggut nyawa di Singapura dan Thailand.

Berbagai imbauan terkait pencegahan untuk mengatasi masalah tersebut pun dilakukan. Salah satunya dengan menutup pasar ikan Wuhan pada 1 Januari 2020. Selain itu, imbauan untuk menjauhi pasar ikan dan kontak langsung dengan pasien juga dicegah.

Sedangkan himbawan dari Kemenkes Ri adalah sebagai berikut :
1. Meningkatkan perilaku dan pengetahuan masyarakat
2. Menerapkan pola hidup sehat dalam aktivitas sehari hari
3. Meningkatkan kewaspadaan bagi masyarakat yang ingin pergi ke Tiongkok
4. Meningkatkan penjagaan pintu masuk negara
5. Memperbanyak pelayanan kesehatan

Baca Juga : Virus Corona kini sudah sampai di Malaysia, harap waspada Indonesia

“Ini sangat serius. Agar warga bangsa ini terhindar dari virus Corona yang sudah menjangkit dan korban yang banyak di daratan China", tegas Laode.

Mantan anggot DPD RI ini menyatakan, keselamatan dan nyawa warga negara Indonesia jauh lebih penting ketimbang pekerja asal China yang masuk atas nama investasi.

Pernyataan tersebut sangat masuk akal karna memang Wabah yang gampang menular dan mematikan itu berasal dari China di Kota Wuhan tepatnya.

Dan mungkin cara yang paling efektif adalah dengan melarang mereka untuk datang ke Indonesia sampai keadaan benar-benar kondusif.

Baca Juga : Korban meninggal akibat virus Corona semakin bertambah jadi 80 orang

“Pemerintah Indonesia memiliki kewajiban asasi untuk melindungi warganya dari bahaya kontaminasi dari virus yang kemungkinan dibawa oleh para pekerja atau para wisatawan China,” jelasnya.

Ia membocorkan, pekerja asal China kategori buruh kasar semenjak mendunianya virus korona sejatinya setiap hari masuk ke Indonesia.

Sampai hari ini, pekerja China di Sulawesi Tenggara dan Tengah masih melalui rute penerbangan bandara Cengkareng-Kendari.

“Setiap hari ada dua pesawat dengan penumpang lebih dari 70 persen adalah buruh kasar asal China,” pungkasnya.

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh pengacara kondang ( Hotman Paris Hutapea ) dalam Flognya, Dia menyerukan agar Pak Presiden mengambil langkah tegas untuk mengatasi penyebaran Virus di Indonesia.

Sumber : PojokSatu
Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler