Tips Menghemat Pengeluaran Bulanan bagi Kaum Milenial

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Tips Menghemat Pengeluaran Bulanan bagi Kaum Milenial

,


ilmupedia.NET- cara mengatur keuangan generasi milenial-Generasi milenial kebanyakan lemah dibidang keuangannya, bahkan gaji baru datang hanya numpang lewat saja, sudah banyak kok menemui generasi yang seperti itu.

Wajar saja kebutuhan dijaman sekarang memang tidak sama dengan dulu, bagi  milenial memang tantangan yang paling utama dalam menghadapi finansial mereka, generasi yang lahir ditahun 2000 a ini memang sangat sulit mengatur keuangannnya, meskipun sudah pernah dinasehati oleh orang tua, tetap saja mereka boros dalam segi finansial.

Keadaan yang menuntut mereka untuk menghabiskan uang bulanan, sehingga tidak ada sedikitpun yang nyangkut dalam dompet mereka, jadi uang bulanan hanya numpang lewat di dompet setelah itu menghilang entah kemana, ayok siapa yang pernah merasakan seperti itu?

Bukan hal baru bagi kaum milenial menghabiskan gaji bulanan dengan cepat, namun ada beberapa tip s untuk mengatasi hal ini, sejatinya kesalahan dari awal, meminjam uang terlebih dahulu setelah gajian baru bayar hutang wal hasil siklus ini terus berjalan sehingga sampai kapanpun jika cara ini tidak diubah akan terus menerus bahkan sampek tua.

Nah untuk mengubah pola pikir yang selama ini salah, sesama anak milenial mari kita belajar cara mengubah pola pikr tentang finansial atau keuangan kalian.


1.Catatlah semua pengeluaran kalian

Dengan mencatat uang pengeluaran, maka kalian akan mengetahui kemana arah uang kalian keluar, selain itu dengan mencatat pengeluaran dalam setiap harinya, kalian akan berpikir dua kali untuk membeli barang yang tidak begitu dibutuhkan.

Kendalanya siapa sih yang bisa mencatat uang pengeluaran, mungkin dalam hal ini hanya satu dua orang saja yang bisa memperaktekkanya, namun jika diusahakan maka akan berhasil dan sukses, kalian akan mendapat sugesti dengan melihat pengeluaran yang begitu banyak sehingga kalian akan berpikir dua kali untuk menghabiskan uang kalian di hari berikutnya.

Cara mencatat uang pengeluaran
Begitu mudahnya dijaman sekarang untuk melakukan hal itu, kalian tidak perlu membawa kertas kecil seperti notes atau nota kecil, kalian hanya butuh memanfaatkan telepon genggam kalian yang sering kalian bawa dalam setiap harinya.

Lalu apa tujuannya jika hanya dicatat saja

Dengan mencatat uang pengeluaran kalian, maka kalian akan mempunyai fikiran atau sugesti sehingga kalian tertekan untuk tidak membelanjakan uang kalian, jika kebutuhan tersebut tidak benar-benar mendesak.

Kebutuhan yang hanya sepintas keinginan dapat kalian tahan untuk tidak meluangkan uang kalian demi suatu hal yang tidak begitu diperlukan, kasusnya banyak dari kaum milineal membeli barang baru padahal barang yang lama masih bisa dan layak digunakan, contoh kasusnya membeli telepon genggam.

2.Menabung meskipun hanya satu % dari pemasukan bulanan

Sekarang kalian sudah tau uang pengeluaran kalian, maka dari situ sebisa mungkin uang bualanan kalian ditabung seberapapun itu , misalkan uang pemasukan kalian 2 juta dalam sebulan, boleh jadi kalian menabung 500 ribu atau dibawahnya itu, menyisihkan sedikit uang dari gaji atau pemasukan bulanan kalian, maka sedikit banyak uang tersebut akan berguna.

Disaat kalian mempunyai kebutuhan mendesak dan pada saat itu uang belanja kalian sudah habis, maka boleh saja kalian mengambil uang hasil dari tabungan kalian, ambil seperlunya saja, jangan semuanya, sisanya buat jaga-jaga jika ada kebutuhan difase berikutnya.

3.Jangan biasakan berhutang

Sebetulnya poin ini ada dinomer satu, namun tak apalah yang penting nyambung dengan tema, kalian pasti tau bukan dari  dampak berhutang, ya memang berhutang diperbolehkan namun kalian harus berbikir seribu kali jika mau berhutang..


  • Berfikir dari mana untuk membayar hutang jika jatuh tempo
  • Buat apa kalian berhutang, jika buat bisnis dan kalian yakin akan menghasilkan lebih maka boleh-boleh saja dengan modal berhutang
  • apakah dengan tidak berhutang dapat membahayakan kehidupan kalian
  • setelah bayar hutang apakah uang kalian masih tersisa


Cobalah renungkan jika kalian ingin berhutang, saran saya jika tidak sangat dibutuhkan ya jangan berhutang.

4.Bersusah payah dulu bersenang-senang kemudian

Lirik lagu yang dinyanyikan bang Roma ini ada benernya juga, jika kalian sudah terlanjur berhutang dengan membayar memakai haji bulanan, so hasil uang kalian hanya numpang lewat di ATM atau dompet kalian, lalu bagaimana untuk memulai dari awal dengan tidak berhutang.

Poin ini adalah sengsara yang akan kalian rasakan namun akan bebas dari hutang, pada awalnya saya bekerja disuatu perusahaan swasta di jawa timur, gaji bulanan saya tidak cukup untuk menghidupi kebutuhan saya dalam satu bulan, mau tidak mau saya harus berhutang pada teman saya yang sudah punya penghasilan lebih.

setelah awal bulan saya menerima gaji, saya membayar hutang saya pada teman saya, al hasil gaji yang baru keluar hanya tersisa sedikit bahkan tidak cukup untuk menghidupi kebutuhan saya tiap bulanya.

Jadi siklus ini berjalan sampai beberapa bulan dari awal saya bekerja, berhutang di akhir bulan bayar hutang diawal bulan, gaji bulanan hanya numpang lewat di dompet tidak lama sudah pinjam uang lagi pada teman saya.

Pada suatu hari saya ingin berubah dari siklus kehidupan yang seperti ini, tapi bagaimana caranya, 
setelah berbikir lama saya menemukan ide dengan bersusah payah dahulu dan bersenang kemudian,
awal bulan saya membayar hutang, hanya menyisakan sedikit uang, uang yang sedikit tersebut saya gunakan seminim mungkin, saya hanya membeli keperluan yang sangat-sangat dibutuhkan, seperti uang transpot dan uang makan seadanya.

dan memang berhasil dalam satu bulan saya perjuangkan itu, jadi pada awal bulan saya menerima gaji utuh tidak ada potongan membayar hutang, baru setelah itu saya bisa menabung dan membangun sebuah bisnis yang memang saya tekuni sebelumnya.



5.Sedekahkan gaji bulanan kalian meskipun hanya 1000 rupiah

Sulit sekali memang untuk mengawali sedakah meskipun sedikit saja, ada rasa berat untuk memberikan sepeser uang hasil jerih payah kita, namun jika itu dilakukan  dengan rutin meskipun hanya 1000 rupiah saja, maka tidak akan lama uang anda akan bertambah dari arah yang tidak ditentukan.

Uang yang disedekahkan akan memberi barokah pada sisa uang yang masih kalian pegang, mulailah dari hal yang kecil saja, tidak usah banyak-banyak, yang penting ada uang dengan katagori sedekah, meskipun pada saudara sendiri, orang tuang atau teman kalian, mulailah dari yang dekat dulu.

Mungkin itu saja Tips menghemat pengeluaran bulanan bagi kaum milinial, tips ini  berdasrkan pengalaman pribadi, dan beberapa sumber dari internet, semoga bermanfaat.

Tag



Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler