cara merawat komputer secara software dan hardware supaya awet dan tahan lama

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

cara merawat komputer secara software dan hardware supaya awet dan tahan lama

,
merawat komputer
ilmupedia.net- Merawat komputer sebetulnya tidak terlalu susah dan tidak terlalu sering dilakukan, hanya saja sebagai perawatan agar komputer tidak tarasa lemot atau berdampak buruk pada kerja sistem, oleh sebab itu Ilmupedia.net mencoba berbagi cara merawat komputer agar tetap awet dan tahan lama.

Cara yang Admin bagikan ini merupakan hasil pengalaman pribadi yang sudah dicoba beberapa kali, dan memang betul cara ini sangat ampuh menjaga komputer yang selama ini sudah bersahabat karib dengan admin sendiri.

Dan perlu digaris bawahi, merawat komputer ada dua katagori yang harus anda lakukan, dalam bahasa komputer yaitu sebuah software dan hardware, mungkin sebagain orang sudah pada tau apa itu software atau hardware, namun admin mencoba menjelaskan sedikit tentang software dan hardwar, sekedar ilmu tambahan bagi pemula.

Software adalah sebuah perangkat lunak yang menjadi operasi sistem dalam menu komputer, sebagaimana  memudahkan anda dalam bekerja, dalam kata lain software adalah sebuah aplikasi yang terdapat dipersonal komputer namun tidak berwujud.

Hardware adalah  sebuah perangkat keras pada komputer yang dapat kita lihat wujudnya, dalam kata lain fisik yang dapat kita pegang, diraba atau disentuh  dari personal komputer, sentuh aja ya jangan diraba-raba, bencanda kali.

Dan berikut beberapa tips merawat komputer  secara software dan hardware

1.Membersihkan Hardware atau perangkat keras komputer
Membersikah Hardware dari berbagai macam serangan debu, meskipun sudah terjamin tempat tersebut terlindung dari debu, apa salahnya jika kita membersihkanya dengan kurun waktu yang ditentukan, ambil insting apakah komputer mulai kotar diwaktu-waktu tertentu, biasanya dalam jangka 2 bulan sekali atau satu tahun satu kali, tergantung insting anda komputer mulai kotor apa tidak.

Sebab semakin lama debu menempel diperangkat  komputer akan berakibat pada kerja komputer yang semakin menurun, dan jika dibiarkan begitu saja maka akan berdampak kematian atau rusak parah, oleh sebab itu rawatlah komputermu seperti merawat dirumu sendiri.

2.Gunakan tegangan listrik yang stabil
Perangkat komputer tidak bisa hidup tanpa aliran listrik, dan diperlukan arus listrik yang stabil serta normal, sebab komputer merupakan perangkat keras yang rentan terhadap arus listrik tidak stabil, banyak cara untuk mengatasi hal ini.

Yang pertama menggunakan stabilizer listrik atau yang lebih aman lagi menggunakan UPS yaitu baterai penahan listrik jika disuatu saat listrik padam, maka anda masih mempunyai waktu untuk mematikan komputer secara baik dan benar.

Anda hanya membutuhkan alat tambahan ups agar komputer tidak mati secara langsung disaat listrik padam, disaat software komputer masih aktiv, dampak tersebut akan berakibat rusakanya perangkat keras pada komputer jika itu terjadi berulang kali dan lama-kelamaan kerja komputer semakin menurun.

3.Mematikan komputer secara baik dan benar
Komputer memang perangkat keras yang beda halnya dengan televisi atau radio, yang mana perangkat selain komputer hanya tinggal menekan tombol on/off untuk mematikan, adapun komputer tidak sama dengan hal tersebut, ada langkah tersendiri jika mematikan komputer.

Pastikan software yang ada pada layar monitor sudah exit secara keseluruhan, tidak boleh ada yang aktiv satupun juga, jika hal tersebut sudah pasti dilakukan, maka tahap selanjutnya tinggal mematikan komputer dengan cara shut donw.

4.Lindungi Komputer dengan antivirus
Menyangkut software yang ada pada komputer, maka ambil langkah aman supaya sesuatu yang berharga pada komputer anda tetap aman dan terlindungi, gunakan antivirus yang memang sudah terapdate dan terkenal dengan cara kerjanya yang ampuh melindungi, seperti Smadav, AVG, Avira atau antivirus yang kamu ketahui cara kerjanya yang aktiv.

Perlu anda ketahui, memang ada berbagai macam antivirus, namun anda tidak perlu memasang semuanya, pilihlah yang universal dan memang bisa melindungi dari serangan virus nakal.

tidak hanya itu saja, dalam rangka melindungi komputer dari virus, maka anda tetap berhati-hati dalam mendonwload file-file dari internet, sebab dari situlah bibit virus bisa berkembang.

5.Gunakan perangkat lunak yang original
Faktor lain yang mengakibatkan komputer terserang virus atau berdampak rusaknya pada komputer, maka perhatikan juga perangkat yang anda gunakan sudah original apa belum, selain itu hapuslah perangkat lunak yang tidak terlalu digunakan, sesuaikan dengan kapasitas komputer anda, agar tidak terlalu lemot dan lama lodingnya, oleh sebab itu kita perlu mengawasi keluar masuknya software yang tidak terlalu digunakan.

6.Jangan gunakan komputer saat hujan dan serangan petir
Cuaca buruk memang tidak akan bersahabat baik pada benda apapun, termasuk manusia sendiri, oleh sebab itu cuaca yang tidak bersabat lebih baik dihindari agar selamat dari berbagai bencana yang dapat menimpa benda kesayangan kita bahkan kita sendiri, apalagi hujan yang disertai dengan sambaran petir.

yang lebih berbahayanya lagi disaat komputer sedang terhubung kejaringan internet atau modem, maka akan cenderung berlawanan dengan cuaca buruk yang disertai petir.

7.Aktifkan sistem restore pada komputer
Salah satu keamanan komputer ialah dengan mengaktifkan sistem restore pada komputer, dan caranyapun cukup mudah, yaitu tinggal klik kanan pada destop, kemudian pilih menu properties tab sistem restore, maka akan muncul halaman baru, lalu pilih  “Turn Off Sistem Restore On all Drives”.
pada halaman tersebut anda tinggal centang disamping tulisan.

8.Hindari perangkat komputer dari hal yang berakibat buruk
Seperti yang kita ketahui, komputer merupakan perangkat yang rentan dengan hal buruk baik itu berupa benturan atau hal-hal yang berdekatan dengan komputer, maka jauhkan komputer dari beberapa hal berikut ini.


  • Tempatkan komputer diarea aman sinar matahari langsung, hembusan debu dan tempatkan juga ditempat yang kering tidak lembab, lebih dominan ruangan yang ber AC
  • Jauhkan cairan dari dekat komputer, sebab bisa saja anda tidak senaja senggol dan tumpah pada area komputer, tentu hal ini anda tidak menginginkannya, oleh sebab itu mencegah lebih baik dari pada mengobati, eh kok kayak dokter ya. yang pastinya jauhkan dari sifat cairan.
  • Pastikan kabel selalu rapi dan tidak berceceran kesana-kemari, sebab bisa saja anda hilaf dan nyangkut saat berjalan, selain itu kabel agar tidak mudah dimakan tikus atau putus.
  • yang perlu diperhatikan bila anda masih menggunakan monitor tabung maka jauhkan dari speker atau sond suara, agar magnet tidak terpengaruh oleh satu sama lain, namun di jaman sekarang sudah jarang  ditemukan monitor tabung.


Itulah cara menjaga agar komputer awet dan tahan lama, sejatinya perawatan komputer tidak serumit atau sesulit keterangan diatas, cukup anda pahami apa yang menjadi keharusan area disekitar komputer selalu rapi dan bersih, itu saja sudah cukup, namun dengan menghidupkan komputer setiap hari, itu juga termasuk perawatan yang tidak ternilai.

Daftar pencarian yang dibutuhkan
cara merawat komputer atau laptop#cara merawat komputer secara software dan hardware
perawatan hardware laptop komputer#cara merawat pc yang baik dan benar#cara merawat mesin fotocopy#cara merawat notebook#cara merawat perangkat keras komputer



Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler