-->

Mengisi Shape Dengan Gambar Di Slide Microsoft PowerPoint

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com!Tahukah kamu, mengisi shape dengan gambar bisa membuat presentasi lebih berwarna dan menarik perhatian audiens. Shape sendiri merupakan obyek grafis berbentuk geometris yang bisa kita sisipkan ke dalam slide. Lalu, bagaimana cara mengisi shape dengan gambar di slide PowerPoint? Yuk simak artikel berikut ini untuk Mengisi Shape Dengan Gambar Di Slide Microsoft PowerPoint.

 Langkah-Langkah Menyisipkan Shape pada Slide PowerPoint

Agar presentasi power point yang telah kamu buat tidak terlalu monoton, kita bisa menggunakan shape sebagai solusinya. Lalu bagaimana cara menyisipkan shape pada slide power point? 

Mari simak langkah-langkah menyisipkan shape pada slide PowerPoint berikut ini untuk membuat presentasi kamu lebih dinamis dan menarik!

1. Mengenal Tab Insert

Mari kita mulai langkah pertama yang cukup sederhana. Dalam slide PowerPoint, arahkan mata ke tab "Insert." Di sana, kamu akan menemukan berbagai opsi yang dapat menambahkan elemen baru ke dalam presentasi.

2. Klik Tombol Shapes

Setelah berada di tab "Insert," carilah grup "Illustrations" dan temukan tombol "Shapes." Ketika kamu mengklik tombol ini, maka akan muncul berbagai pilihan shape yang dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan presentasi.

3. Pilih dan Tarik Shape

Sekarang, mari pilih shape yang sesuai dengan konsep presentasi yang sedang dibuat. Apakah itu panah untuk menunjukkan arah, atau mungkin kotak untuk menyoroti poin penting? Setelah memilih, kamu tinggal mengklik dan menarik mouse pada slide untuk membuat shape tersebut.

4. Sesuaikan Ukuran dan Posisi

Setiap elemen presentasi harus sesuai dengan visi kamu. Maka dari itu, sesuaikan ukuran dan posisi shape tersebut. Caranya cukup mudah, tinggal geser dan ubah ukuran menggunakan handle yang ada di sekeliling shape.

5. Kustomisasi Shape

Agar presentasi semakin menarik, kamu bisa melakukan kustomisasi pada shape yang telah dibuat. Caranya cukup mengklik kanan pada shape dan pilih "Format Shape." Disini, kita bisa menyesuaikan warna, transparansi, serta menambahkan efek bayangan sesuai dengan selera.

6. Kelompokkan Shape (Opsional)

Jika presentasi mengharuskan beberapa shape untuk bergerak bersamaan, kamu bisa mengelompokkannya. Pilih semua shape yang ingin dielompokkan, klik kanan, dan pilih "Group." Dengan begitu, kita bisa mengatur propertinya secara bersamaan.

7. Tambahkan Teks (Jika Diperlukan)

Jangan lupa untuk memberikan penjelasan atau informasi tambahan dengan menambahkan teks. Klik pada shape dan mulai mengetik. Kamu dapat mengatur gaya teks, ukuran, dan warna di tab "Home" sesuai dengan keinginan.

Menambahkan Sentuhan Visual pada Presentasi

Setelah berhasil membuat shape yang sesuai dengan kebutuhan presentasimu, langkah selanjutnya adalah memberikan sentuhan visual dengan mengisinya menggunakan gambar. Simak langkah-langkahnya dengan seksama!

1. Klik Kanan pada Shape

Setelah berhasil membuat shape yang menarik, sekarang klik kanan pada shape yang ingin diisi dengan gambar. Pilih opsi "Format Shape" untuk membuka panel pengaturan format shape.

2. Panel Pengaturan Format Shape

Selanjutnya akan muncul panel di samping kanan slide yang berisi berbagai pengaturan format shape. Di dalam panel tersebut, fokuskan pada ikon "Fill & Line." Klik ikon ini untuk melanjutkan proses mengisi shape dengan gambar.

3. Pilih Picture or Texture Fill

Di dalam opsi Fill & Line, pilihlah "Picture or Texture Fill." Dengan memilih opsi ini, kamu akan memberikan kehidupan pada shape melalui gambar yang menarik.

4. Pilih Sumber Gambar

Dalam hal ini, terdapat beberapa opsi sumber gambar yang bisa kamu pilih. Yuk simak penjelasan berikut ini.

  • File 
Pertama, kamu bisa memilih dari gambar yang ada di komputer atau jaringan lokal. Kemudian, klik tombol "File," cari gambar yang diinginkan, dan klik "Insert."

  • Stock Images 
Opsi ke dua yang bisa kamu lakukan adalah menjelajahi koleksi stok gambar dari PowerPoint. Klik tombol "Stock Images," kemudian pilih gambar yang sesuai, dan klik "Insert."

  • Online Pictures

Ambil gambar dari sumber online seperti Bing atau OneDrive. Klik tombol "Online Pictures," cari gambar, dan klik "Insert."

  • Icons
Terakhir, kamu bisa memilih gambar dari koleksi ikon PowerPoint. Klik tombol "Icons," pilih ikon yang diinginkan, dan klik "Insert."

5. Tampilkan Hasilnya

Gambar yang telah dipilih akan otomatis terisi ke dalam shape. Kamu bisa meihat hasilnya dalam slide PowerPoint. Pastikan gambar tersebut memberikan nilai tambah pada pesan yang ingin disampaikan.

Mengelola Gambar di Dalam Shape 

Setelah berhasil mengisi shape dengan gambar, langkah selanjutnya adalah memberikan sentuhan akhir yang memukau pada presentasi. Yuk, kita lihat cara mengatur gambar di dalam shape agar sesuai dengan visi dan konsep presentasimu!

1. Mengubah Posisi dan Ukuran Gambar

Saatnya memberikan kehidupan pada gambar yang telah diisikan ke dalam shape. Di dalam panel "Format Shape," arahkan pandangan ke bagian bawah pengaturan "Picture or Texture Fill." Di sana, kamu akan menemukan beberapa kotak pengaturan yang dapat mengubah posisi dan ukuran gambar.

Offset: Jika ingin menggeser gambar, gunakan nilai offset. Kamu bisa memindahkan gambar ke atas, bawah, kiri, atau kanan dengan mengetikkan angka atau menggunakan slider untuk mengubah nilai offset.

Scale: Untuk memperbesar atau memperkecil gambar, gunakan nilai scale. Kamu dapat mengetikkan angka atau menggunakan slider untuk mengubah nilai scale gambar sesuai keinginan.

2. Menentukan Posisi dengan Alignment

Selanjutnya, pilihlah posisi yang sesuai dengan shape dan presentasimu. Di bagian alignment, kamu dapat memilih Top Left, Top Right, Bottom Left, Bottom Right, atau Center. Dengan begitu, gambar akan diposisikan secara presisi di dalam shape.

3. Mengatur Tingkat Transparansi

Berikan sentuhan artistik dengan mengatur tingkat transparansi gambar. Ubah nilai transparency dengan mengetikkan angka atau menggunakan slider. Hal ini dapat memberikan efek visual menarik dan menyesuaikan gambar dengan latar belakang shape.

4. Pemberian Efek Tambahan

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memberikan efek tambahan pada shape. Jika ingin menghapus atau mengubah warna garis (outline) pada shape, klik tab "Format," lalu pilih tombol "Shape Outline" di grup "Shape Styles."

5. Efek 3D dan Detail Lainnya

Tambahkan dimensi pada shape dengan efek 3D. Klik tab "Format," lalu pilih tombol "Shape Effects" di grup "Shape Styles." Eksplorasi opsi-opsi yang ada untuk menemukan efek yang sesuai dengan tema presentasimu.

Nah, itu dia cara mudah mengisi shape dengan gambar di slide PowerPoint. Dengan cara ini, kamu bisa membuat presentasi yang lebih menarik dan kreatif dengan menggunakan shape dan gambar. Kita bisa bereksperimen dengan berbagai shape dan gambar yang berbeda untuk menciptakan efek yang unik dan menarik. Selamat mencoba!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter