-->

Trik Rahasia Membuat Bentuk Shapes dengan Sudut Oval di PowerPoint

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Pasti kamu sudah familiar dengan shape, yakni obyek grafis berbentuk geometris yang bisa kamu sisipkan ke dalam slide. Pada artikel kali ini, kita akan belajar bagaimana caranya membuat shape dengan sudut oval menggunakan fitur edit points di PowerPoint. 

Yuk simak penjelasannya pada artikel berikut ini!

Fitur Edit Points

Fitur edit points merupakan fitur yang digunakan untuk mengubah bentuk shape dengan menambah, menghapus, atau memindahkan titik-titik yang ada di sekeliling shape. Dengan fitur ini, kamu bisa membuat shape yang tidak hanya berbentuk lingkaran, tetapi juga segitiga, segi empat, segi lima, atau bentuk lainnya dengan sudut oval. Kita juga bisa mengatur besar sudut, panjang sisi, dan posisi titik-titik shape sesuai dengan keinginan.

Membuat shape dengan sudut oval bisa membuat presentasi lebih berwarna dan menarik perhatian audiens. Kamu bisa menggunakan shape dengan sudut oval untuk membuat presentasi yang memiliki tema modern, futuristik, atau artistik. 

Misalnya, jika membuat presentasi tentang kesehatan, kamu bisa menggunakan shape dengan sudut oval untuk membuat diagram yang menunjukkan persentase penyakit. Atau, jika sedang membuat presentasi tentang seni, kita bisa menggunakan shape dengan sudut oval untuk membuat gambar yang memiliki nuansa abstrak.

Manfaat Menggunakan Trik Rahasia Membuat Shapes dengan Sudut Oval di PowerPoint

Mengetahui trik rahasia dalam menciptakan bentuk shapes dengan sudut oval di PowerPoint dapat memberikan sejumlah manfaat yang signifikan dalam penyusunan presentasi. Yuk, kita lihat apa saja manfaatnya

1. Desain yang Lebih Kreatif

Memahami trik ini memungkinkan untuk mengeksplorasi kreativitas dalam membuat desain presentasi. Dengan shapes ber-sudut oval, kamu dapat memberikan tampilan yang lebih unik dan menarik, menjadikan setiap slide sebagai kanvas untuk ekspresimu.

2. Ketepatan dalam Penyampaian Informasi

Selanjutnya, shapes dengan sudut oval dapat membantu dalam menyajikan informasi dengan cara yang lebih visual dan jelas. Dengan kustomisasi fitur edit points, kamu bisa menyesuaikan setiap elemen shape sesuai dengan konten yang ingin disampaikan, meningkatkan ketepatan penyampaian informasi.

3. Tema Presentasi yang Konsisten

Trik ini memungkinkan kamu menciptakan tema presentasi yang lebih konsisten. Apakah itu tema modern, futuristik, atau artistik. Selanjutnya, shapes ber-sudut oval dapat diintegrasikan secara harmonis ke dalam setiap slide. Sehingga memberikan kesan profesional dan terorganisir.

4. Menarik Perhatian Audiens

Shapes yang unik dan menarik secara visual memiliki kekuatan untuk menarik perhatian audiens. Dengan menggunakan trik ini, presentasimu bisa menjadi lebih dinamis dan berkesan, menjadikan audiens lebih terlibat dan fokus pada setiap materi yang kamu sampaikan.

5. Fleksibilitas dalam Presentasi

Fitur edit points memberikan fleksibilitas lebih dalam mengatur bentuk shapes. Dengan begitu, kamu dapat menyesuaikan shapes untuk berbagai topik presentasi tanpa kehilangan elemen kreatif, menjadikan setiap presentasi unik dan sesuai dengan kebutuhan.

Langkah-langkah Membuat Shape dengan Sudut Oval di PowerPoint

Setelah mengetahui beberapa manfaatnya, mungkin kamu pernah bertanya tanya, lalu bagaimana sih cara membuat shape dengan sudut oval di PowerPoint?"

Langsung saja, mari kita bahas langkah-langkahnya agar presentasimu semakin menarik.

1. Memulai dengan Shape

Pertama, kita perlu menambahkan shape pada slide PowerPoint. Caranya cukup mudah, kamu bisa membuka tab "Insert" dan memilih "Shapes" di grup "Illustrations". Pilih shape yang sesuai dengan konsep presentasimu. Selanjutnya, mulailah menciptakan kanvas visual yang akan menarik perhatian audiens.

2. Mengubah Shape Menjadi Lebih Menarik

Setelah memiliki shape dasar, langkah selanjutnya adalah memberikan sentuhan spesial. Klik kanan pada shape tersebut dan pilih "Edit Points". Di sinilah kita bisa bermain-main dengan titik-titik dan mengubah bentuknya menjadi sudut oval yang elegan.

3. Kustomisasi yang Kreatif

Tidak hanya sekadar mengubah bentuk, kamu bisa menambahkan sentuhan pribadi. Caranya cukup tarik dan lepas handle, hilangkan atau pindahkan titik sesuai keinginanmu. Apakah kamu lebih suka sudut yang tajam atau lebih melengkung? Aturlah titik-titiknya sebaik mungkin agar sesuai dengan desain yang diinginkan.

4. Format Shape agar Mengkilap

Agar shape dengan sudut ovalmu benar-benar bersinar, jangan lupa untuk memformatnya dengan cerdas. Dalam tab "Format", kamu bisa memilih warna yang cocok, menyesuaikan garis, atau bahkan menambahkan efek khusus. Selanjutnya, biarkan kreasi presentasimu mencuri perhatian.

5. Eksplorasi Lebih Lanjut

Untuk mencapai desain yang lebih kompleks, jangan ragu untuk menggabungkan shape dengan sudut oval ini dengan elemen-elemen lain. Jelajahi kemungkinan dan ciptakan tata letak yang menarik. Jadikan setiap slide presentasimu sebagai karya seni yang tak terlupakan.

6. Simpan Karya dan Banggakan

Setelah merasa puas dengan kreasi shape ber-sudut ovalmu, jangan lupa untuk menyimpannya. PowerPoint memungkinkan kita menyimpan karya-karya indah yang telah dibuat dalam bentuk presentasi yang siap untuk dibagikan pada audiens.

Tips dan Trik untuk Presentasi yang Lebih Menarik

Setelah mengetahui beberapa langkah membuat shape dengan sudut oval, selanjutnya mari kita simak bersama beberapa tips dan trik yang perlu diperhatikan saat membuatnya.

1. Pilihlah Shape yang Menggoda Kreativitasmu

Langkah pertama, pastikan memilih shape yang mampu menggoda kreativitasmu. Pasalnya, terdapat beragam bentuk shape yang bisa dipilih, namun pilihlah yang cocok dan mendukung pesan presentasimu. Mungkin kamu lebih tertarik dengan bentuk oval yang memberikan sentuhan elegan pada desainmu.

2. Perhatikan Proporsi dan Ukuran yang Pas

Salah satu rahasia desain yang sukses adalah memperhatikan proporsi dan ukuran dengan cermat. Maka, pilihlah ukuran shape yang sesuai dengan slide dan konten presentasimu. Dengan begitu, pesan yang ingin disampaikan akan lebih terlihat jelas dan menarik.

3. Manfaatkan Edit Points dengan Bijak

Selanjutnya, jangan lewatkan Edit Points. Gunakan fitur ini secara bijak untuk menyesuaikan sudut oval sesuai dengan keinginanmu. 

4. Eksplorasi Warna dan Efek untuk Estetika Lebih Tinggi

Bagaimana dengan memberikan sentuhan warna dan efek pada shapemu? Kamu bisa bereksperimen dengan palet warna dan menambahkan efek untuk menciptakan tampilan yang lebih menarik. Mungkin kamu ingin menonjolkan shape tersebut dengan warna yang mencolok atau memberikan sentuhan misterius dengan efek transparansi.

5. Kombinasikan Shapes untuk Desain yang Dinamis

Jika kamu suka menciptakan desain yang kompleks, cobalah untuk menggabungkan shape sudut oval dengan elemen lainnya. Pasalnya, kombinasi shapes dapat memberikan dimensi tambahan pada presentasimu, membuatnya lebih dinamis dan tak terlupakan.

6. Gunakan Pemandu untuk Presisi yang Lebih Tinggi

Agar setiap elemen shape ditempatkan dengan presisi, manfaatkan pemandu atau grid yang tersedia di PowerPoint. Hal ini akan memastikan bahwa presentasimu tetap rapi dan teratur, menciptakan kesan profesional yang tahan lama.

Demikianlah beberapa Trik Rahasia Membuat Bentuk Shapes dengan Sudut Oval di PowerPoint. Dengan menguasai trik rahasia ini, presentasimu tidak hanya akan menjadi lebih estetis tetapi juga lebih efektif dalam menyampaikan pesan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan memanfaatkan fitur-fitur ini agar setiap presentasi menjadi pengalaman visual yang tak terlupakan bagi audiens!

Selamat berkreasi, dan hadirkan presentasi yang tak terlupakan!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter