-->

Cara Memisahkan Shape pada Power Point yang Sudah Digabungkan dengan Mudah dan Cepat

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Shape merupakan bentuk-bentuk geometris yang dapat kita sisipkan ke dalam slide power point untuk membuat diagram, grafik, ilustrasi, atau dekorasi. Shape sangat berguna untuk menyampaikan informasi secara visual dan membuat slide tidak membosankan. Tapi thukah kamu, kita juga bisa memisahkan shape pada power point yang sudah digabungkan dengan mudah dan cepat loh? 

Penggunaan Shape Power Point

Apakah kamu tahu bahwa shape pada power point bisa kita gabungkan menjadi satu shape baru yang lebih unik dan kreatif? Shape pada power point bisa kita gabungkan dengan menggunakan fitur merge shapes yang ada di tab format. 

Fitur ini memungkinkan kita untuk menggabungkan dua shape atau lebih menjadi satu shape baru dengan berbagai pilihan, seperti union, combine, fragment, intersect, dan subtract.

Lalu, bagaimana jika kita ingin memisahkan shape pada power point yang sudah digabungkan? Apa saja yang harus kita lakukan? Simak tutorial berikut ini sampai selesai ya. 

Memisahkan dan Mengedit Shape pada PowerPoint

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas cara menggabungkan shape. Untuk itu, sekarang saatnya mempelajari cara memisahkan dan mengedit shape yang sudah digabungkan di PowerPoint.  

Yuk kita lihat langkah-langkahnya dengan seksama!

1. Pilih Shape yang Ingin Dipecah

Pertama, klik pada shape yang sudah digabungkan pada slide PowerPoint. Pastikan shape yang dipilih sesuai dengan yang ingin kamu pecah atau ubah.

2. Buka Tab "Format"

Setelah memilih shape, buka tab "Format" yang terletak di bawah "Drawing Tools." Di sana, kamu akan menemukan berbagai opsi untuk mengubah tampilan shape, seperti ukuran, rotasi, warna fill, garis outline, efek, dan lain-lain.

3. Memisahkan Shape yang Sudah Digabungkan

Untuk memisahkan shape yang sudah digabungkan, kamu hanya perlu mengklik menu "Group," lalu pilih opsi "Ungroup." Langkah ini akan memisahkan shape menjadi objek-objek terpisah yang dapat diatur secara independen.

4. Contoh Praktis: Memisahkan Shape Bintang dan Lingkaran

Sebagai contoh, mari kita pisahkan shape bintang yang sudah digabungkan dengan shape lingkaran. Klik shape bintang, lalu buka tab "Format." Selanjutnya, klik menu "Group," dan pilih "Ungroup."

5. Objek Terpisah

Sekarang, shape bintang terpisah dari shape lingkaran. Kamu bisa dengan bebas memindahkan, mengubah ukuran, atau memutar keduanya secara terpisah. Hal ini akan memberi kebebasan untuk mengatur elemen-elemen presentasimu dengan lebih fleksibel.

6. Mengubah Shape yang Sudah Dipisahkan

Selanjutnya, Shape yang sudah kita pisahkan mungkin masih terlihat seperti shape yang digabungkan. Oleh karenanya, mari kita tambahkan sentuhan unik dengan menggunakan fitur "Edit Points" di PowerPoint untuk mengubah bentuknya.

7. Gunakan Fitur Edit Points

Klik pada shape yang sudah dipisahkan, lalu pilih menu "Edit Points" di tab "Format." Di sini, kamu dapat menyesuaikan titik-titik pada shape untuk menciptakan bentuk yang lebih kreatif dan sesuai dengan konsep presentasimu.

8. Hasil Kreatif dan Unik

Sekarang, lihat hasilnya! Shape bintang dan lingkaran kamu telah terpisahkan dan dapat diubah bentuknya sesuai keinginan. 

Dengan fitur "Edit Points," kamu dapat menghadirkan elemen visual yang lebih kreatif dalam presentasimu.

Mengubah Shape yang Dipisahkan Menjadi Bentuk yang Berbeda

Setelah mengetahui bagaimana cara memisahkan shape pada power point, kamu pasti penasaran bagaimana caranya mengubah shape yang sudah dipisahkan menjadi bentuk yang berbeda di PowerPoint. 

Ayo, kita pelajari bersama cara-cara yang mudah dan kreatif!

1. Pilih Shape yang Ingin Diubah

Langkah pertama, klik pada shape yang sudah kamu pisahkan dan ingin diubah bentuknya ke dalam slide PowerPoint.

2. Buka Tab "Format"

Setelah memilih shape, buka tab "Format" yang terletak di bagian bawah "Drawing Tools." Di sana, berbagai opsi menarik menanti untuk mengubah tampilan shape.

3. Menggunakan Menu "Edit Shape" dan "Edit Points"

Untuk mengubah shape, klik menu "Edit Shape," lalu pilih opsi "Edit Points." Pada tahap ini akan menampilkan titik-titik kendali pada shape, yang dapat kamu geser, pindahkan, atau bahkan hapus untuk menciptakan bentuk baru.

4. Contoh Praktis: Mengubah Shape Bintang Menjadi Shape Hati

Sebagai contoh, mari kita ubah shape bintang yang sudah dipisahkan menjadi shape hati. Caranya, cukup dengan mengklik shape bintang, buka tab "Format," pilih "Edit Shape," lalu pilih "Edit Points." Selanjutnya, geser, pindahkan, atau hapus beberapa titik untuk membentuk shape hati.

5. Hasil Kreatif

Terakhir, Shape bintang kamu sekarang telah berubah menjadi shape hati dengan sedikit sentuhan edit points. Ini memberi kebebasan untuk menciptakan bentuk yang sesuai dengan tema presentasimu.

Cara Menambahkan Teks, Gambar, atau Efek pada Shape

Sekarang, kita akan membahas langkah ketiganya yakni cara menambahkan teks, gambar, atau efek pada shape di PowerPoint. Hal ini akan membuat presentasimu semakin menarik dan berkesan. Yuk, ikuti langkah-langkahnya dengan seksama!

1. Pilih Shape yang Akan Diperkaya

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengklik pada shape yang ingin kamu tambahkan teks, gambar, atau efeknya di dalam slide PowerPoint.

2. Buka Tab "Format"

Setelah memilih shape, buka tab "Format" yang terletak di bawah "Drawing Tools." Di sini, berbagai opsi penataan shape akan terbuka lebar.

3. Menambahkan Teks pada Shape

Selanjutnya, untuk menambahkan teks, klik menu "Insert Shapes," lalu pilih "Text Box." Ini akan membuat kotak teks yang bisa kamu isi dengan pesan atau kata-kata yang ingin disampaikan. Selain itu, kita juga bisa mengatur font, warna, ukuran, atau gaya teks di tab "Home."

4. Menambahkan Gambar pada Shape

Untuk menambahkan gambar, klik menu "Fill," lalu pilih "Picture." Kamu dapat memilih gambar dari komputer, internet, atau koleksi PowerPoint. Atur ukuran, posisi, atau efek gambar di tab "Format."

5. Menambahkan Efek pada Shape

Jika ingin memberikan efek khusus, klik menu "Effects," lalu pilih efek yang diinginkan, seperti shadow, reflection, glow, atau 3D. Sesuaikan intensitas, warna, atau sudut efek di tab "Format."

6. Hasil yang Mempesona

Lihat hasilnya! Shape hati kamu sekarang terlihat lebih menarik dan berkesan dengan tambahan teks, gambar, dan efek. Ini memberikan nuansa kreatif dan profesional pada presentasimu.

Oke, itulah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk Memisahkan Shape pada Power Point yang Sudah Digabungkan.Dengan beberapa kemampuan ini, kita dapat menciptakan desain yang sesuai dengan karakter presentasi. 

Semoga artikel ini memberi kepercayaan diri untuk menjelajahi dan mengekspresikan kreativitas dalam setiap slide PowerPoint. Dengan kemampuan untuk menyampaikan pesan secara lebih efektif, kita dapat meraih perhatian audiens dan meninggalkan kesan yang tak terlupakan. Teruslah berkreasi dan buatlah setiap presentasi menjadi karya seni yang memukau!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter