-->

Membuat Presentasi yang Lebih Menarik dan Dinamis Menggunakan Fitur Morph

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Apakah kamu sering membuat presentasi dengan PowerPoint? Terkaang pasti merasa bosan dengan transisi slide yang biasa-biasa saja bukan? Jika ingin membuat presentasi yang lebih menarik dan dinamis dengan animasi yang halus dan profesional. Maka, fitur Morph dalam PowerPoint bisa menjadi salah satu solusinya.

Yuk simak artikel kali ini untuk Membuat Presentasi yang Lebih Menarik dan Dinamis Menggunakan Fitur Morph 

Fitur Morph dalam Power Point

Fitur Morph merupakan salah satu transisi slide yang tersedia di PowerPoint untuk Microsoft 365, PowerPoint 2019, dan PowerPoint di web. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menganimasikan pergerakan, perubahan bentuk, warna, teks, atau objek lainnya di antara dua slide yang berurutan. Fitur morph ini sangat mudah digunakan, tapi hasilnya sangat mengagumkan.

Dengan fitur Morph, kamu bisa membuat presentasi yang lebih hidup dan bergerak, seperti menampilkan proses, perbandingan, evolusi, atau transformasi. Kita juga bisa membuat presentasi yang lebih kreatif dan artistik, seperti menampilkan gambar, grafik, diagram, atau ilustrasi dengan cara yang unik dan menarik. Dengan ini, peyampaian pesan atau ide presentasi dapat dilakukan dengan lebih efektif dan menarik perhatian audiens.

Cara Menggunakan Fitur Morph dalam PowerPoint

Untuk menggunakan fitur Morph, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka Presentasi yang Akan diedit dalam PowerPoint

Langkah pertama, pilihlah slide yang akan menjadi awal dari transisi Morph. Slide ini harus memiliki setidaknya satu objek yang sama dengan slide berikutnya, seperti bentuk, gambar, teks, atau SmartArt. Objek ini bisa berbeda ukuran, posisi, warna, atau orientasi di antara dua slide.

2. Klik tab “Transisi” pada Panel Navigasi Atas PowerPoint

Selanjutnya, pilih “Morph” dari daftar transisi yang tersedia. Kamu bisa mengatur durasi, efek tambahan, atau suara transisi jika mau.

3. Tambahkan Slide Berikutnya 

Sekarang, kamu perlu menambahkan slide berikutnya saat akan mengatur transisinya. Slide ini harus memiliki setidaknya satu objek yang sama dengan slide sebelumnya.

4. Mengatur Elemen-elemen dalam Slide

Langkah berikutnya, pilihlah slide baru tersebut dan atur elemen-elemen pada slide sesuai keinginan kamu. 

Dalam tahap ini, kita bisa memindahkan, mengubah ukuran, memutar, mengubah warna, atau mengedit objek yang ada di slide. Kamu juga bisa menambahkan atau menghapus objek lainnya pada slide.

5. Ulangi Langkah 3 sampai 6 

Untuk slide-slide berikutnya kamu perlu mengulangi langkah ke 3 sampai 6 jika ingin mengatur transisinya dengan fitur Morph.

6. Klik “Pratinjau” 

Setelah semua langkah telah selesai dilakukan, klik opsi pratinjau untuk melihat hasil transisi Morph yang kamu buat.

Tips dan Trik Menggunakan Fitur Morph dalam PowerPoint

Setelah mengetahui bagaimana cara menggunakan fitur Morph, berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa kamu gunakan untuk membuat presentasi yang lebih keren dengan fitur Morph.

Yuk simak tips dan triknya berikut ini!

1. Beri Nama Khusus pada Objek 

Pertama, kamu bisa memberikan nama khusus pada objek yang ingin dianimasikan dengan fitur Morph. Caranya, cukup klik kanan pada objek tersebut, pilih “Ubah Nama”, dan ketikkan nama yang diawali dengan !! (dua tanda seru), misalnya !!Bentuk1. Pastikan nama yang kamu berikan sama di antara dua slide yang berurutan. 

Dengan cara ini, kamu bisa memaksa objek yang berbeda bentuk, warna, atau teks untuk melakukan Morph.

2. Gunakan Fitur Morph untuk Animasi 3D

Selanjutnya, gunakanlah fitur Morph untuk membuat animasi 3D pada objek yang mendukung 3D. Misalnya saja seperti bentuk, gambar, atau ikon. 

Caranya juga cukup mudah, klik kanan pada objek tersebut, pilih “Format Objek”, dan atur opsi 3D di bawah tab “Efek”. 

Kemudian, kamu bisa mengubah rotasi, kedalaman, perspektif, atau cahaya 3D pada objek tersebut. Pastikan mengatur opsi 3D yang berbeda di antara dua slide yang berurutan agar objek tersebut melakukan Morph secara 3D.

3. Membuat Animasi Teks

Selain membuat animasi 3D, kamu juga bisa menggunakan fitur Morph untuk membuat animasi teks yang menarik. Misalnya seperti memecah, menyatukan, memutar, atau mengubah warna teks. 

Untuk membuat animasi ini, kamu hanya perlu memilih teks yang ingin dianimasikan, klik tab “Beranda”, dan atur opsi teks di bawah grup “Font”. 

Selanjutnya, kita bisa mengubah jenis, ukuran, warna, atau efek teks pada teks tersebut. Pastikan mengatur opsi teks yang berbeda di antara dua slide yang berurutan agar teks tersebut melakukan Morph.

Contoh Penggunaan Fitur Morph dalam PowerPoint

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan fitur Morph dalam PowerPoint yang bisa kamu coba atau modifikasi sesuai kebutuhan.

1. Menampilkan Proses Pembentukan Bumi

Kamu bisa menggunakan fitur Morph untuk menampilkan proses pembentukan bumi dari awal hingga sekarang. Caranya, buatlah beberapa slide yang menampilkan gambar bumi di berbagai tahap, seperti bola api, bola batu, bola air, dan bola hijau. 

Kemudian, berikan nama yang sama pada gambar bumi pada setiap slide, misalnya !!Bumi. Terapkan transisi Morph pada setiap slide dan atur durasi yang sesuai. Hasilnya, kamu akan melihat animasi yang menunjukkan bagaimana bumi berubah dari waktu ke waktu.

2. Menampilkan Perbandingan Antara Dua Produk

Selanjutnya, kita bisa menggunakan fitur Morph untuk menampilkan perbandingan antara dua produk, layanan, atau ide. 

Dalam hal ini, kita perlu membuat dua slide yang menampilkan gambar, teks, atau grafik yang berkaitan dengan hal yang ingin kamu bandingkan. Misalnya membandingkan harga, fitur, kelebihan, atau kekurangan. 

Pastikan ada setidaknya satu elemen yang sama di antara dua slide, misalnya judul, logo, atau gambar. Kemudian, terapkan transisi Morph pada slide kedua dan atur efek tambahan yang sesuai. Hasilnya, kamu akan melihat animasi yang menunjukkan perbedaan atau persamaan antara dua hal yang telah dibandingkan.

3. Menampilkan Evolusi/Transformasi Suatu Hal

Sekarang, kita juga bisa menggunakan fitur Morph untuk menampilkan evolusi atau transformasi dari sesuatu, seperti hewan, tumbuhan, teknologi, atau seni. 

Untuk melakukan hal ini, kita perlu membuat beberapa slide yang menampilkan gambar, teks, atau bentuk yang berkaitan dengan hal yang ingin kamu tampilkan. Misalnya saja kuda nil, jerapah, komputer, atau lukisan. 

Selanjutnya, berikan nama yang sama pada elemen yang ingin dianimasikan pada setiap slide, misalnya !!Hewan, !!Teknologi, atau !!Seni. 

Kemudian, terapkan transisi Morph pada setiap slide dan atur durasi yang sesuai. Hasilnya, kamu akan melihat animasi yang menunjukkan bagaimana sesuatu berubah dari masa ke masa.

Akhir kata

Demikian artikel tentang fitur Morph dalam PowerPoint. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu dalam membuat presentasi yang lebih menarik dan dinamis dengan fitur Morph. 

Selamat mencoba dan berkreasi dengan fitur Morph. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter