-->

Membuat Presentasi Lebih Mudah Diakses dan Inklusif dengan Fitur Aksesibilitas

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Apakah kamu ingin membuat presentasi yang lebih mudah diakses dan inklusif bagi semua orang, termasuk penyandang disabilitas? Jika iya, maka hal yag harus dilakukan adalah mengetahui fitur aksesibilitas dalam PowerPoint.

Penasaran bagaimana cara penggunaannya? Yuk simak penjelasan lengkapnya pada artikel berikut ini!

Apa itu Fitur Aksesibilitas?

Fitur aksesibilitas merupakan fitur untuk membantu kamu dalam membuat presentasi yang memenuhi standar aksesibilitas dan memudahkan pengguna dengan kebutuhan khusus dalam membaca, mendengar, dan memahami konten presentasi. 

Fitur Aksesibilitas dalam PowerPoint 

Dalam power point, Fitur aksesibilatas terbagi lagi menjadi beberapa hal. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Pemeriksa Aksesibilitas

Pemeriksa Aksesibilitas merupakan alat untuk meninjau konten presentasi dan menandai masalah aksesibilitas yang muncul. Alat ini juga memberi saran cara mengatasi masalah tersebut.

2. Teks Alternatif 

Teks satu ini berfungsi untuk menjelaskan isi gambar, bentuk, grafik, video, atau objek lainnya yang tidak dapat dibaca oleh pembaca layar. Teks alternatif membantu orang dengan gangguan penglihatan atau koneksi internet lambat untuk memahami konten visual dalam power point.

3. Urutan baca 

Urutan baca inilah yang menentukan bagaimana pembaca layar membaca elemen-elemen pada setiap slide. Urutan baca yang benar akan membantu orang dengan gangguan penglihatan atau keterbatasan motorik untuk mengikuti alur presentasi.

4. Teks Tertutup dan Subjudul 

Selanjutnya ini merupakan kata-kata yang ditampilkan di atas video atau audio saat sedang diputar. Teks tertutup dan subjudul akan membantu orang penyandang tuna rungu atau sulit mendengar, orang yang tidak memahami bahasa yang digunakan dalam video atau audio, atau orang yang berada di lingkungan yang bising untuk memahami konten audiovisual2.

5. Trek Audio Alternatif 

Trek audio tambahan ini menyertakan deskripsi video, komentar sutradara, atau bahasa lain. Hal ini akan membantu orang yang buta atau mengalami gangguan penglihatan, orang yang tertarik dengan informasi tambahan, atau orang yang ingin mendengarkan bahasa lain untuk menikmati konten video presentasi.

6. Subjudul Real-time

Subjudul ini dihasilkan secara otomatis saat kamu menyajikan presentasi secara langsung. Subjudul real-time membantu orang tuna rungu atau sulit mendengar, orang yang tidak memahami bahasa yang digunakan, atau orang yang ingin membaca teks yang telah diucapkan agar bisa mengikuti presentasi.

7. Ketik dengan Suara 

Fitur ini memungkinkan kamu mengetik teks dengan menggunakan suara yang diucapkan. Ketik dengan suara membantu orang yang mengalami kesulitan mengetik, orang yang lebih nyaman berbicara daripada mengetik, atau orang yang ingin mengetik lebih cepat dan efisien untuk membuat presentasi power point.

Cara Menggunakan Fitur Aksesibilitas dalam PowerPoint

Untuk menggunakan fitur aksesibilitas dalam PowerPoint, kita hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka Presentasi yang Akan diedit di PowerPoint

Pertama, kamu perlu membuka presentasi yang ingin diedit pada power point.

2. Klik tab “Ulas” 

Setelah membuka presentasi yang akan diedit, langkah berikutnya kamu perlu mengklik tab ulas pada panel navigasi atas PowerPoint.

3. Klik “Periksa Aksesibilitas” 

Selanjutnya, klik opsi Periksa aksesibilitas untuk menjalankan Pemeriksa Aksesibilitas. Kemudian kamu akan melihat daftar masalah aksesibilitas yang ada dalam presentasi, beserta saran cara memperbaikinya.

4. Pilih Masalah Aksesibilitas yang Ingin diperbaiki

Sekarang kamu perlu memilih masalah aksesibilitas yang ingin diperbaiki, lalu ikuti instruksi yang diberikan. Misalnya, jika ingin menambahkan teks alternatif ke gambar, klik kanan pada gambar tersebut, pilih “Format Gambar”, lalu ketikkan teks alternatif di bawah tab “Teks Alt”.

Ulangi langkah 4 untuk masalah aksesibilitas lainnya yang ingin diperbaiki. Selanjutnya, kamu bisa melihat progres perbaikannya di panel Pemeriksa Aksesibilitas.

5. Memilih Format Video

Jika ingin menambahkan teks tertutup, subjudul, atau trek audio alternatif ke video atau audio, klik kanan pada video atau audio tersebut. Kemudian, pilih “Format Video” atau “Format Audio”, lalu atur opsi yang diinginkan di bawah tab “Teks Tertutup” atau “Trek Audio”.

6. Klik Tab Tayangan

Untuk menggunakan subjudul real-time saat menyajikan presentasi, kamu perlu mengklik tab “Tayang”, lalu klik “Subjudul Real-Time”.

Langkah berikutnya, kamu bisa mengatur bahasa, posisi, dan ukuran subjudul sesuai keinginan.

7. Klik tab “Beranda”

Selanjutnya, klik tab Beranda lalu klik “Ketik dengan Suara” jika ingin menggunakan ketik dengan suara untuk mengetik teks dengan suara. Kita juga bisa mengatur bahasa, mikrofon, dan perintah suara sesuai keinginan dan kebutuhan.

Tips dan Trik Menggunakan Fitur Aksesibilitas dalam PowerPoint

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa kamu gunakan untuk membuat presentasi yang lebih mudah diakses dan inklusif dengan fitur aksesibilitas dalam PowerPoint.

1. Gunakan Slide Bawaan Power Point

Kamu bisa menggunakan desain slide bawaan yang tersedia di PowerPoint untuk mendapatkan urutan baca, warna, font, dan gaya yang inklusif. Desain slide bawaan juga sudah dilengkapi dengan teks alternatif untuk gambar dan bentuk yang ada di slide.

2. Gunakan Power Point Designer

Selanjutnya, gunakanlah PowerPoint Designer untuk mendapatkan saran desain slide yang profesional dan menarik. PowerPoint Designer juga membantu kamu menambahkan teks alternatif, urutan baca, dan elemen visual yang sesuai dengan konten presentasi.

3. Presentasi yang Lebih Hidup 

Menggunakan transisi, animasi, dan gerakan bisa membuat presentasi kamu lebih hidup dan bergerak. Namun, hindari menggunakan efek yang terlalu berlebihan, berkedip, atau bergerak cepat. Pasalnya, efek ini bisa mengganggu atau menyebabkan kejang pada orang yang sensitif terhadap cahaya atau gerakan.

4. Memilih Format dan Warna Font 

Tips berikutnya, hindari menggunakan font yang terlalu kecil, terlalu tipis, atau terlalu rumit. Hindari juga menggunakan warna yang terlalu terang, terlalu gelap, atau terlalu mirip dengan warna latar belakang. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan format dan warna font yang mudah dibaca dan kontras dengan latar belakang slide.

5. Teks Hyperlink

Terakhir, gunakanlah teks hyperlink yang bermakna dan akurat untuk mengarahkan pembaca ke sumber lain yang relevan dengan konten presentasi kamu. 

Hindari menggunakan teks hyperlink yang terlalu panjang, terlalu singkat, atau tidak jelas, seperti “klik di sini” atau “baca lebih lanjut”. Kamu juga bisa menambahkan TipsLayar yang muncul saat kursor diarahkan ke atas teks atau gambar yang menyertakan hyperlink.

Penutup

Demikian artikel tentang fitur aksesibilitas dalam PowerPoint. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam membuat presentasi yang lebih mudah diakses dan inklusif dengan fitur aksesibilitas. Selamat mencoba dan berkreasi dengan fitur aksesibilitas.

Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter