-->

Cara Mengubah PDF Canva ke PPT dengan Mudah dan Cepat

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Apakah kamu pernah membuat desain di Canva dan ingin mengubahnya menjadi presentasi PowerPoint? Atau mungkin ingin mengedit file PDF yang diunduh dari Canva dengan menggunakan PowerPoint? Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengubah PDF Canva ke PPT dengan mudah dan cepat.

Presentasi di Canva

Canva merupakan satu platform desain grafis online yang populer dan banyak digunakan oleh orang-orang. 

Canva menyediakan berbagai fitur dan template yang dapat membantu kita membuat desain yang menarik dan profesional, mulai dari logo, poster, flyer, brosur, kartu nama, undangan, dan lain-lain. Adapun salah satu fitur yang ditawarkan oleh Canva adalah konverter PDF ke PPT gratis.

Konverter PDF ke PPT gratis dari Canva memungkinkan kamu untuk mengubah file PDF yang dibuat atau unduh dari Canva menjadi presentasi PowerPoint yang dapat diedit sepenuhnya. 

Dengan begitu, kamu dapat menambahkan, menghapus, atau mengubah elemen-elemen yang ada di dalam file PDF, seperti teks, gambar, grafik, warna, font, dan lain-lain. Selain itu juga dapat menyesuaikan tata letak, format, dan elemen visual yang ada di dalam file PDF agar sesuai dengan tujuan dan gaya presentasi.

Mengapa Perlu Mengubah PDF Canva ke PPT?

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa perlu mengubah PDF Canva ke PPT? Apa tidak cukup dengan menggunakan PDF saja? Jawabannya adalah tergantung pada kebutuhan dan tujuannya. Ada beberapa alasan mengapa kita mungkin perlu mengubah PDF Canva ke PPT, antara lain.

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Crop dalam Power Point?

1. Mengedit File PDF yang dibuat atau diunduh dari Canva Menggunakan PowerPoint

Yang pertama, mungkin kamu ingin menambahkan, menghapus, atau mengubah beberapa elemen yang ada di dalam file PDF, seperti teks, gambar, grafik, warna, font, dan lain-lain. 

Selain itu, kita juga menyesuaikan tata letak, format, dan elemen visual yang ada di dalam file PDF agar sesuai dengan tujuan dan gaya presentasi.

2. Membuat Presentasi PowerPoint yang Menarik dan Profesional 

Dengan menggunakan desain yang dibuat di Canva, kamu bisa membuat presentasi yang menarik dan profesional.

Dalam hal ini, kita bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di PowerPoint, seperti animasi, transisi, efek suara, hyperlink, dan lain-lain. Selanjutnya bisa mempresentasikan file PDF kamu dengan lebih mudah dan interaktif dengan menggunakan mode presentasi atau Canva Live.

3. Menghemat Ruang Penyimpanan dan Waktu Unduh File PDF 

File PDF yang dibuat atau unduh dari Canva mungkin memiliki ukuran yang besar, terutama jika kamu menggunakan banyak gambar atau grafik. 

Hal ini dapat memakan ruang penyimpanan dalam perangkat dan memperlambat proses unduh file. Dengan mengubah PDF Canva ke PPT, kita dapat mengurangi ukuran file dan mempercepat proses unduh file.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengubah PDF Canva ke PPT

Sebelum mengubah PDF Canva ke PPT, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, antara lain sebagai berikut.

1. Batas Ketentuan File

Pertama, pastikan file PDF tidak melampaui batas yang ditetapkan oleh Canva. Menurut Pusat Bantuan Canva, file PDF kamu tidak boleh melebihi batas karakter, paragraf, gambar, video, dan font sebagai berikut.

  • Batas karakter: 50.000 karakter
  • Batas paragraf: 1.000 paragraf
  • Batas gambar: 200 gambar
  • Batas video: 200 video
  • Batas font: 200 gaya font

Jika file PDF melebihi batas ini, maka kamu akan mengalami kesalahan saat mengubahnya menjadi presentasi.

2. Perangkat Lunak Konversi

Selanjutnya, pilihlah perangkat lunak konversi PDF ke PPT yang terpercaya dan dapat mempertahankan format serta tata letak asli file PDF kamu. 

Ada banyak perangkat lunak konversi PDF ke PPT yang tersedia di internet, baik yang gratis maupun berbayar. Namun, tidak semua perangkat lunak tersebut dapat mengonversi file PDF dengan baik dan akurat. 

Pasalnya, beberapa perangkat lunak mungkin mengubah format, tata letak, atau elemen visual yang ada di dalam file PDF. Sehingga mengurangi kualitas presentasi. Oleh karena itu, kamu harus memilih perangkat lunak konversi PDF ke PPT yang terpercaya dan dapat mempertahankan format dan tata letak asli file PDF.

3. Memeriksa Kembali Presentasi

Memeriksa kembali presentasi sebelum mengunduhnya sebagai file PPT juga perlu kamu lakukan. Setelah mengonversi file PDF menjadi presentasi, kamu harus memeriksa kembali presentasinya untuk memastikan tidak ada kesalahan atau kekurangan. 

Periksa kembali apakah semua elemen yang ada di dalam file PDF telah dikonversi dengan benar dan sesuai dengan keinginan. Kamu juga harus memeriksa apakah presentasi memiliki tata letak, format, dan elemen visual yang menarik dan profesional. 

Jika ada yang perlu diperbaiki atau ditambahkan, kamu dapat melakukannya dengan menggunakan fitur-fitur yang ada pada PowerPoint atau Canva.

Cara Mengubah PDF Canva ke PPT dengan Mudah dan Cepat

Setelah mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengubah PDF Canva ke PPT, sekarang saatnya untuk mempraktikkannya. Berikut adalah cara mengubah PDF Canva ke PPT dengan mudah dan cepat.

1.Buka Canva 

Langkah pertamanya, kita membukan canva pada browser web atau aplikasi untuk mengakses konverter PDF ke PPT gratis dari Canva. Caranya, masuk ke akun Canva atau membuat akun baru jika belum memiliki akun. Jika sudah memiliki akun, kamu dapat melihat file PDF yang dibuat atau unduh dari Canva pada bagian “Semua desainmu”.

2. Unggah File PDF 

Selanjutnya, unggahlah file PDF yang ingin diubah dari perangkat, atau cukup seret dan letakkan di halaman. Kemudian, Canva akan secara otomatis mengunggah dan mulai mengerjakan file PDF. Kita dapat melihat proses unggah dan konversi pada bagian atas halaman.

3. Edit Desain 

Setelah file PDF berhasil diunggah dan dikonversi, kamu dapat melihat desainnya dalam editor Canva. Di sini, kita dapat melakukan beberapa perbaikan atau perubahan pada file PDF menggunakan fitur-fitur yang tersedia di editor Canva. 

Kamu dapat menambahkan, menghapus, atau mengubah teks, gambar, grafik, warna, font, dan elemen lainnya dengan mudah. Selain itu juga dapat menyesuaikan tata letak, format, dan elemen visual yang ada di file PDF.

4. Unduh Desain 

Terakhir, ubah dari PDF ke PPT secara gratis dengan mengunduh desain sebagai PPT. Kamu dapat melihat tombol “Unduh” di bagian kanan atas halaman. Selanjutnya, pilih format “PowerPoint” dan klik “Unduh”. Sehingga, file PPT kamu akan segera tersimpan dalam perangkat. 

Selanjutnya, kita juga dapat membagikan file PPT dengan orang lain melalui email, media sosial, atau tautan.

Demikianlah artikel tentang hal yang perlu diperhatikan saat mengubah PDF Canva ke PPT. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam membuat presentasi yang menarik dan profesional.

Selamat berpresentasi. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter