-->

Menggunakan Fitur Eyedropper dalam Power Point

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Apakah kamu sering bingung saat ingin memilih warna yang cocok untuk slide Power Point? Jangan khawatir, sebab pada artikel kali ini kita akan membahas cara yang mudah dan praktis untuk menyesuaikan warna slide dengan warna yang ada di foto, logo, atau objek lainnya. Yuk simak sampai habis, untuk membuat slide Power Point lebih harmonis dan profesional dengan menggunakan fitur Eyedropper dalam Power Point.

Apa Itu Fitur Eyedropper?

Sebelum masuk ke tutorialnya, ada baiknya kita mengetahui apa itu fitur Eyedropper. Fitur Eyedropper merupakan fitur dalam Power Point yang memungkinkan kamu untuk memilih warna dari foto, logo, atau objek lainnya yang sudah ada di slide Power Point. 

Fitur ini bisa kamu gunakan untuk mengubah warna teks, bentuk, latar belakang, atau elemen lainnya yang ada di slide Power Point.

Fitur Eyedropper sangat berguna untuk membuat slide Power Point agar lebih harmonis dan profesional. Pasalnya, kamu bisa menyesuaikan warna slide dengan warna yang ada di foto, logo, atau objek lainnya dalam slide. Dengan cara ini, kita bisa membuat slide Power Point lebih menarik dan konsisten.

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Eyedropper?

Setelah mengetahui apa itu fitur Eyedropper, sekarang kita akan belajar bagaimana cara menggunakannya. Ada beberapa langkah yang harus diikuti, yaitu sebagai berikut.

1. Menyiapkan Objek yang akan disesuaikan Warnanya

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan foto, logo, atau objek lainnya yang ingin disesuaikan warnanya dengan slide Power Point. 

Kamu bisa memilih foto, logo, atau objek lainnya yang sesuai dengan tema dan tujuan presentasi. Kemudian, sisipkan ke dalam slide Power. Pastikan juga bahwa foto, logo, atau objek lainnya yang kamu pilih memiliki warna yang jelas dan tidak buram atau pecah.

2. Memilih Elemen yang Ingin diubah Warnanya 

Langkah keduanya adalah memilih elemen yang ingin kita ubah warnanya dengan fitur Eyedropper. Adapun elemen yang bisa kita ubah warnanya dengan menggunakan fitur Eyedropper adalah teks, bentuk, latar belakang, atau elemen lain yang terdapat pada slide Power Point. 

Kamu bisa memilih elemen yang ingin diubah warnanya dengan cara klik elemen tersebut, atau dengan cara klik tab Home, lalu klik Select, dan pilih elemen yang diinginkan.

3. Menggunakan Fitur Eyedropper 

Sekarang, hal yang harus kita lakukan adalah menggunakan fitur Eyedropper untuk memilih warna dari foto, logo, atau objek lainnya yang sudah ada di dalam slide Power Point. 

Kamu bisa melakukan hal ini dengan cara klik tab Format, lalu klik Shape Fill atau Text Fill atau Background tergantung dengan elemen yang ingin diubah warnanya.

Selanjutnya, klik Eyedropper. Setelah itu, kamu bisa memilih warna sesuai keinginan dari foto, logo, atau objek lainnya dengan cara menyeret mouse ke atas warna tersebut. Dengan ini, kita bisa melihat warna yang telah dipilih pada kotak kecil di bawah mouse. 

Jika sudah puas dengan warna yang dipilih, kamu bisa melepaskan mouse dan warna elemen yang dipilih akan berubah sesuai dengan warna tersebut.

Manfaat Penggunaan Fitur Eyedropper

Setelah mengetahui cara penggunaan fitur Eyedropper, lamu juga perlu mengetahui beberapa manfaat jika menggunakan fitur Eyedropper dalam Power Point.

Dengan menggunakan fitur ini, maka memungkinkan kamu untuk meningkatkan estetika dan konsistensi presentasi. Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. Memilih Warna yang Cocok

Dengan menggunakan fitur eyedropper, memungkinkan kamu untuk memilih warna yang sesuai dengan elemen-elemen lain di slide, seperti foto, logo, atau objek lainnya. Sehingga menjadikan slide presentasi lebih harmonis dan profesional dengan memadukan warna secara konsisten.

2. Kemudahan dan Efisiensi

Manfaat selanjutnya adalah memudahkan dan mempercepat proses pemilihan warna tanpa harus menghafal atau memasukkan kode warna secara manual.

3. Konsistensi Warna

Selanjutnya, penggunaan fitur eyedropper membantu dalam menciptakan konsistensi warna di seluruh presentasi, sehingga keseluruhan tata letak terlihat lebih teratur dan profesional.

Tips Penggunaan Fitur Eyedropper

Dalam menggunakan fitur eyedropper, kamu juga perlu memperhatikan beberapa tips agar prosesnya berjalan lancar.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam penggunaan fitur Eyedropper.

1. Color Picker

Setelah menggunakan Eyedropper, gunakan fitur Color Picker untuk melihat kode warna yang dipilih. Caranya cukup klik kanan pada warna yang dipilih dengan Eyedropper, pilih "More Colors," dan lihat kode warna di kolom RGB atau Hex.

2. Color Themes

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan fitur Color Themes untuk memilih tema warna yang telah disiapkan oleh Power Point.

Klik tab Design, lalu pilih Colors untuk mengakses pilihan tema warna yang sesuai dengan gaya presentasi kamu.

3. Color Mixer

Tips berikutnya, gunakanlah fitur Color Mixer untuk membuat warna sendiri dengan mencampur warna dasar yang ada.

Dalam hal ini, kamu perlu mengklik tab Format, lalu pilih Shape Fill atau Text Fill atau Background, kemudian klik More Colors dan atur warna di kolom Custom.

4. Eksperimen dan Uji Warna

Saat menggunakan fitur Eyedropper, jangan ragu untuk bereksperimen dengan kombinasi warna yang berbeda. Selanjutnya, lakukanlah uji kesesuaian warna dengan melihat presentasi secara keseluruhan sebelum menyajikannya.

5. Perhatikan Kontrast

Terakhir, kamu perlu memastikan ada kontrast yang mencukupi antara teks dan latar belakang agar presentasi mudah dibaca oleh audiens.

Demikianlah beberapa cara menggunakan fitur Eyedropper dalam Power Point. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam membuat slide Power Point yang lebih harmonis dan profesional. 

Dengan memanfaatkan fitur Eyedropper beserta tips ini, kamu dapat meningkatkan kualitas visual dan profesionalitas presentasi Power Point. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter