-->

Pakai Aplikasi Pixlr untuk Tingkatkan Kualitas dan Kejelasan Gambar pada File PPT

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Terkadang kita diminta menyisipkan gambar dengan kualitas rendah atau kurang jelas ke dalam slide PPT. Akibatnya, presentasi yang sudah susah payah dibuat jadi kurang maksimal karena gambar yang buram atau pixelated. Tenang saja, kamu bisa memanfaatkan aplikasi penyunting gambar online Pixlr untuk memperbaiki gambar pada file PPT agar terlihat lebih jernih dan tajam. 

Yuk, simak artikel berikut tentang Pakai Aplikasi Pixlr untuk Tingkatkan Kualitas dan Kejelasan Gambar pada File PPT.

Fitur-Fitur Pixlr untuk Meningkatkan Kualitas Gambar

Sebelum memulai proses editing, penting untuk memahami berbagai tool yang tersedia agar penggunaan Pixlr bisa maksimal. Berikut adalah beberapa fitur andalan Pixlr yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas gambar.

1. AI Image Generator

Fitur ini memungkinkan untuk mengubah teks menjadi gambar yang menakjubkan dengan menggunakan kecerdasan buatan. Dalam hal ini, kamu bisa mengetikkan kata kunci, frasa, atau kalimat yang ingin divisualisasikan.

Selanjutnya, aplikasi ini juga akan menghasilkan gambar yang sesuai dengan teks yang digunakan. Kamu bisa memilih dari berbagai gaya, warna, dan tema yang tersedia, atau biarkan aplikasi ini memilihkan yang terbaik. 

Jika ingin membuat gambar yang unik, kreatif, dan relevan dengan topik presentasi, fitur ini akan sangat berguna.

2. AI Remove Background

Fitur ini memungkinkan kamu menghapus latar belakang gambar dengan hanya satu klik. Selain itu, kita bisa memilih gambar yang ingin diedit dan aplikasi ini akan secara otomatis mendeteksi dan menghapus latar belakang yang tidak diinginkan. 

Pada fitur ini, kamu bisa mengganti latar belakang dengan warna solid, gambar lain, atau transparan. Fitur ini sangat berguna jika ingin memfokuskan perhatian audiens pada objek utama gambar, atau jika ingin menggabungkan beberapa gambar menjadi satu.

3. AI Super Sharp

Fitur ini bisa meningkatkan kejelasan dan detail gambar dengan menggunakan kecerdasan buatan. Kamu bisa memilih gambar yang ingin diedit, kemudian aplikasi ini akan secara otomatis menganalisis dan memperbaiki gambar yang buram, kabur, atau beresolusi rendah. 

Fitur ini akan sangat berguna jika kita ingin membuat gambar yang lebih tajam, jernih, dan profesional.

4. AI Generative Fill

Selanjutnya, kamu dapat mengisi area kosong pada gambar dengan menggunakan kecerdasan buatan. Caranya juga cukup mudah. Pertama, pilihlah gambar yang ingin diedit, dan aplikasi ini akan secara otomatis menghasilkan konten baru yang sesuai dengan gambar. 

Selain itu, kamu bisa menggunakan fitur ini untuk menghapus objek yang mengganggu, menutupi cacat, atau menambahkan elemen yang menarik.

5. AI Generative Expand

Fitur ini memungkinkan kamu memperluas area gambar dengan menggunakan kecerdasan buatan. Sama seperti yang lainnya, di sini kita bisa memilih gambar yang ingin diedit, dan aplikasi ini akan secara otomatis menambahkan konten baru sesuai dengan gambar. 

Gunakanlah fitur ini untuk membuat gambar yang lebih besar, lebih proporsional, atau lebih simetris.

Selain fitur-fitur di atas, aplikasi Pixlr juga memiliki fitur-fitur lain yang bisa digunakan untuk mengedit foto, seperti crop, resize, rotate, flip, adjust, filter, effect, text, sticker, dan lain-lain.

Kamu juga bisa mengakses aplikasi Pixlr melalui web browser, smartphone, atau desktop, tanpa perlu mengunduh atau mendaftar. Aplikasi ini juga mendukung berbagai format gambar, seperti JPG, PNG, BMP, TIFF, PSD, dan lain-lain.

Cara Menggunakan Aplikasi Pixlr

Setelah mengetahui beberapa fiturnya, kamu pasti penasaran dengan bagaimana cara menggunakannya. Lalu, bagaimana cara menggunakan aplikasi Pixlr untuk meningkatkan kualitas dan kejelasan gambar pada file PPT? 

Langsung saja, simak beberapa langkah berikut ini.

1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi Pixlr di perangkat. Kemudian, pilihlah gambar yang ingin diedit dari galeri atau kamera.

2. Jika ingin mengubah ukuran gambar, kamu perlu memilih menu Crop, lalu pilih rasio yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan rasio prasetel, seperti 1:1, 4:3, atau 16:9, atau mengatur rasio sendiri.

3. Langkah berikutnya pilihlah menu Rotate jika ingin mengubah orientasi gambar. selanjutnya, putar gambar ke kanan, ke kiri, atau balikkan gambar secara horizontal atau vertikal sesuai dengan kebutuhanmu.

4. Saat akan mengubah warna gambar, pilihlah menu Adjust dan sesuaikan parameter seperti brightness, contrast, saturation, dan lain-lain3. Kamu juga bisa menggunakan menu Auto Fix untuk mengoptimalkan warna gambar secara otomatis.

5. Untuk menambahkan efek pada gambar, pilih menu Effect. Selanjutnya, pilih dari berbagai efek yang tersedia seperti retro, vintage, artistic, dan lain-lain. Selain itu, kita bisa mengatur intensitas efek dengan menggunakan slider.

6. Jika ingin menambahkan filter pada gambar, pilih menu Filter. Kemudian pilih dari berbagai filter yang tersedia, seperti blur, sharpen, smooth, splash ataupun yang lainnya. Pada tahap in, kita bisa mengatur intensitas filter dengan menggunakan slider.

7. Untuk menambahkan teks pada gambar, pilihlah menu Text, lalu ketikkan teks yang diinginkan. Dalam hal ini, kita juga bisa mengubah warna, ukuran, font, dan posisi teks dengan mudah.

8. Setelah selesai mengedit gambar, kita bisa menyimpannya ke galeri dengan memilih menu Save, atau membagikannya ke media sosial dengan memilih menu Share. Kamu juga bisa mengimpor gambar yang sudah diedit ke file PPT dengan mudah.

Manfaat Aplikasi Pixlr untuk Presentasi Power Point

Dengan menggunakan aplikasi Pixlr, kamu juga akan mendapatkan beberapa manfaat. Yuk simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui apa saja manfaat utama menggunakan Pixlr untuk edit gambar PowerPoint.

1. Gratis dan Praktis

Sebagai aplikasi berbasis web, Pixlr bisa diakses secara gratis dan praktis tidak perlu instalasi apa pun. Cukup dengan membuka web pixlr.com, kamu langsung bisa mengedit gambar secara online dari mana saja.

2. Antarmuka Mudah Dipahami

Meski memiliki banyak sekali fitur, Pixlr memiliki antarmuka yang mudah dipahami bahkan untuk pemula sekalipun. Tool dan menu editornya adalah straightforward sehingga mudah dipelajari.

3. Fitur Lengkap untuk Editing Gambar

Seperti yang sudah kita ketahui, pixlr ini dilengkapi beragam fitur editing mulai dari crop, filter, kontras, warna, sharpen, red eye, dan masih banyak lagi. 

Dengan ini, kamu bisa menggunakan fitur kecerdasan buatan (AI) yang canggih untuk menghasilkan gambar yang menakjubkan, menghapus latar belakang, meningkatkan kejelasan, mengisi area kosong, atau memperluas area gambar.

4. Format Gambar

Selanjutnya, kamu bisa memilih dari berbagai format gambar yang didukung, seperti JPG, PNG, BMP, TIFF, PSD, dan lain-lain.

5. Penyesuaian yang Mudah

Dengan menggunakan pixlr, kita bisa menyesuaikan warna, ukuran, rotasi, dan posisi gambar dengan mudah. Selain itu, efek, filter, teks, stiker, dan elemen lain yang menarik pada gambar juga bisa ditambahkan juga.

Itulah beberapa angkah mudah memanfaatkan aplikasi editing gambar online Pixlr untuk tingkatkan kualitas dan kejernihan gambar yang akan digunakan pada presentasi PowerPoint. 

Dengan aplikasi Pixlr yang gratis dan praktis ini, kamu tak perlu lagi was-was menyertakan gambar blur atau kurang jelas pada presentasi penting. Tinggal edit sedikit lewat Pixlr, gambar menjadi jauh lebih tajam dan estetik sehingga presentasi PowerPoint pun jadi semakin mempesona. Selamat mencoba mempercantik file PPT dengan bantuan penuh fitur dari Pixlr!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter