-->

Meningkatkan Ketajaman Gambar PowerPoint dengan Editing Sederhana di IrfanView

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Gambar yang kurang tajam kerap kali menjadi masalah yang membuat presentasi PowerPoint terlihat tidak profesional. Gambar yang buram atau blur terkadang juga membuat informasi yang ingin disampaikan pada gambar tersebut menjadi kurang efektif.

Beruntungnya, tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi editing gambar gratis seperti IrfanView untuk mempertajam dan meningkatkan kualitas gambar pada presentasi PowerPoint. Proses editingnya pun cukup sederhana dan tidak membutuhkan keahlian desain grafis.

Yuk, langsung saja ikuti artikel ini untuk Meningkatkan Ketajaman Gambar PowerPoint dengan Editing Sederhana di IrfanView.

Membuka Gambar di IrfanView

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengedit gambar agar terlihat lebih tajam adalah Membuka gambar di IrfanView. Berikut penjelasannya.

1. Buka Gambar yang akan dipertajam

Dalam fitur IrfanView, kita bisa membuka berbagai format gambar seperti JPG, PNG, BMP dan lainnya. Selanjutnya, untuk membuka gambar, kita perlu mengklik menu File > Open atau sekadar menarik gambar ke jendela utama aplikasi. 

Kemudian, gambar akan terbuka pada viewer IrfanView. Selanjutnya akan terlihat detail gambar dengan meng-zoom in menggunakan mouse atau slider zoom pada toolbar.

2. Proses Cropping

Setelah gambar terbuka, kamu bisa memulai proses cropping atau mengubah ukuran gambar jika diperlukan. Pastikan ukuran dan proporsi gambar sesuai dengan kebutuhan sebelum melakukan penajaman gambar. Hal ini akan memudahkan proses editing berikutnya.

Menggunakan Tools Brightness dan Contrast

Setelah berhasil membuka gambar di IrfanView, langkah berikutnya adalah memanfaatkan tools brightness dan contrast untuk meningkatkan ketajaman gambar. Dalam hal ini, menu brightness dan contrast bisa kita akses pada Image->Brightness/Contrast atau dengan menekan tombol Ctrl+B pada keyboard.

Untuk lebih jelasnya, kali ini kita akan membahas cara menggunakan tools brightness dan contrast dalam IrfanView untuk memberikan sentuhan magis pada gambar presentasi power point. Berikut langkah-langkahnya!

1. Menyesuaikan Kecerahan

Pertama, tingkat brightness akan mengatur seberapa terang cahaya yang memancar dari gambar. Untuk itu, kita perlu memainkan slider brightness agar gambarmu menjadi lebih cerah. Dengan menyesuaikan kecerahan dengan cermat, hasil akhirnya juga akan begitu memukau.

2. Mengatur Kontras untuk Detail yang Lebih Tegas

Kontras akan memberikan ketajaman dan detail yang lebih tegas. Dengan menggunakan IrfanView, kamu bisa menyesuaikan kontras dengan mengetuk sedikit pada slider. Sentuhan kecil ini akan memberikan perbedaan yang luar biasa pada foto-fotomu.

3. Melihat Hasil Sebelum dan Sesudah

Selanjutnya, jangan lupa untuk membandingkan hasil sebelum dan sesudah penyesuaian. Ini seperti melihat transformasi ajaib yang kamu lakukan pada gambar. 

4. Simpan Hasilnya

Terakhir, jangan lupa untuk menyimpan karya terbaikmu. Setelah melakukan penyesuaian yang memuaskan, klik "Save" atau "Save As" di menu "File". Simpan gambar dengan format yang sesuai dan jangan lupa untuk memberikan nama file yang spesial.

Memanfaatkan Menu Sharpen

Fitur selanjutnya yang bisa dimanfaatkan dari IrfanView untuk mempertajam gambar powerpoint adalah menu sharpen. Sharpensendiri berguna untuk memberikan tingkat kekontrasan yang lebih tinggi pada detail gambar sehingga gambar terlihat lebih tajam.

Yuk simak penjelasannya!

1. Mencari Menu Sharpen di IrfanView

Setelah membuka gambar yang ingin diperbaiki, kamu bisa langsung menuju menu "Image" dan pilih opsi "Sharpen". Alternatifnya, kamu juga bisa menekan tombol Ctrl+S pada keyboard untuk langsung menuju menu Sharpen.

2. Menyesuaikan Tingkat Kekuatan Sharpen

Dalam jendela Sharpen, kamu akan menemui beberapa opsi tingkat kekuatan sharpen, mulai dari Soft hingga Hard. Agar hasilnya optimal, cobalah memulai dengan tingkat Soft terlebih dahulu. Kemudian, lihatlah preview efeknya untuk memastikan bahwa gambar tetap terlihat alami dan menarik.

3. Jangan Takut Bereksperimen

Jika hasilnya masih belum memuaskan, jangan ragu untuk menaikkan ke tingkat Hard secara bertahap. Ingat, jangan tergesa-gesa mencoba pada level High agar gambar tidak kehilangan detailnya. Selalu bandingkan hasil sebelum dan sesudah agar kamu mendapatkan tingkat penajaman yang pas untuk gambarmu.

4. Mengapresiasi Hasil yang Dicapai

Dengan menggunakan fitur Sharpen di IrfanView, gambar yang tadinya terlihat biasa-biasa saja kini akan menggoda mata. Pasalnya, hasil penajaman yang kamu capai akan memberikan kesan profesional pada gambar tanpa mengorbankan kualitas. 

Menyimpan Hasil Editing Gambar di IrfanView

Setelah berhasil mengedit dan mendapatkan peningkatan ketajaman gambar yang diinginkan, langkah terakhir adalah menyimpan hasil editing gambar tersebut. Hal ini penting dilakukan agar perubahan yang sudah kamu buat dapat tetap terjaga dan bisa kita nikmati

Yuk, kita simak cara menyimpan hasil editing gambar dengan tepat berikut ini!

1. Menuju Menu Save As di IrfanView

Setelah gambar berhasil diubah dan tajam seperti yang diinginkan, langkah awal untuk menyimpan hasilnya adalah melalui menu "File" dan pilih "Save As". 

2. Pilih Format File yang Sesuai

Pada jendela Save As, kemudian pilihlah format file gambar yang sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya, JPG atau PNG, tergantung pada preferensi atau kebutuhan penggunaan gambar. 

Untuk penggunaan dalam presentasi PowerPoint, opsi "Save for Microsoft Office" bisa menjadi pilihan cerdas untuk menjaga kualitas gambar.

3. Penyimpanan pada Folder yang Tepat

Selanjutnya, pastikan untuk menyimpan gambar di folder yang mudah diakses nantinya, terutama jika gambar akan digunakan dalam powerpoint. Buatlah folder khusus penyimpanan gambar powerpoint untuk mempermudah manajemen dan akses file gambar.

4. Perbandingan Sebelum dan Sesudah

Sebelum menutup sesi editing, jangan lupa membandingkan gambar sebelum dan sesudah diedit. Langkah ini akan membantu kamu memastikan tingkat peningkatan kualitas gambar. Jika belum puas, jangan ragu untuk mengulang proses editing sebelum menyimpan hasil akhir.

Akhir Kata

Demikianlah langkah-langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan ketajaman gambar pada powerpoint menggunakan IrfanView. Meski terlihat sederhana, editing menggunakan fitur brightness/contrast dan sharpen pada software ini sudah sangat membantu untuk mempertajam tampilan gambar presentasi powerpointmu.

Dengan gambar yang jernih dan tajam, informasi yang terkandung pada gambar tersebut juga akan lebih mudah ditangkap oleh para audiens. Tentunya ini akan memperkuat pesan yang ingin disampaikan melalui presentasi powerpoint tersebut. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter