-->

Membuat Presentasi Makin Hits dengan Sentuhan Retro di PowerPoint

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Kamu pasti setuju dengan pendapat, tidak harus selalu modern untuk membuat presentasi yang keren. Nah, template PowerPoint dengan sentuhan retro atau vintage bisa jadi jawaban yang tepat untuk tampilan yang lebih menarik dan kekinian!

Yuk simak penjelasan artikel berikut ini!

Sentuhan Retro pada Power Point

Siapa bilang gaya retro sudah ketinggalan zaman? Faktanya, template PowerPoint retro sedang naik daun karena mampu menghadirkan aura nostalgia yang tak terlupakan. Dengan desain ala tahun 60-80an yang penuh warna, presentasi kamu bisa tampil lebih asyik, menyegarkan, bahkan membuatnya berbeda dari yang lain.

Tidak hanya soal penampilan, template PowerPoint retro juga membawa pesan khusus bagi audiens. Gaya 80-an misalnya, identik dengan semangat muda, petualangan, dan kebebasan. Sedangkan gaya 60-an memberikan kesan romantis, melankolis, bahkan premium.

Keunggulan Template Retro

Tidak salah memang jika kamu tertarik menggunakan template powerpoint bergaya retro untuk presentasi. Pasalnya, template-template ini menawarkan keunggulan desain yang unik dan berbeda dibanding template pada umumnya. Apa saja kelebihannya? Simak ulasan singkat berikut ini.

Memilih Template PowerPoint dengan Ukuran Standar di Canva

1. Membawa Sentuhan Nostalgia yang Kental

Mungkin kamu pernah merasakan kerinduan akan masa lalu. Nah, template retro ini akan membawa kita dalam perjalanan waktu. Desainnya yang klasik dan ikonik mampu membangkitkan kenangan manis dari era yang sudah berlalu. 

Bagi yang merasakan eranya, sensasi nostalgia ini akan terasa begitu kuat. Sementara bagi generasi baru, template retro akan membawa kita merasakan pengalaman baru yang menarik.

2. Tampil Lebih Stylish dan Kekinian

Mau presentasimu terlihat lebih stylish dan kekinian? Template retro adalah jawabannya! Gaya vintage yang sedang populer, terutama di kalangan kaum milenial, membuat presentasimu terlihat sangat up-to-date. 

Dengan menggunakan template retro, kamu tidak hanya menyampaikan informasi, melainkan juga bisa tampil beda dan sesuai dengan tren saat ini. 

3. Karakter Artistik yang Tidak Biasa

Seringkali kita melihat template modern yang terkesan seragam. Nah, template PowerPoint bergaya retro ini memberikan nuansa yang berbeda. 

Dengan warna klasik yang selalu memikat, penggunaan typography legendaris, hingga sound effect yang membangkitkan suasana nostalgia, presentasimu akan memiliki karakter artistik yang unik dan tak biasa. Hal ini membuat presentasimu tidak hanya menjadi rangkaian slide, tapi juga sebuah karya seni yang dinikmati oleh audiens.

Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Pilih Template Retro

Meski menawarkan banyak keunggulan menarik, tentu ada baiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal penting sebelum memutuskan menggunakan template powerpoint retro. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Sesuaikan dengan Topik Presentasi

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah apakah tema retro benar-benar cocok dengan topik presentasimu. Jangan sampai kesan retro malah membuat presentasi yang kia buat terlihat kurang profesional. 

Untuk itu, pastikan elemen retro yang kamu pilih sesuai dengan konten presentasi, sehingga bisa memberikan nilai tambah tanpa mengurangi kesan serius.

2. Perhatikan Kesan Keseluruhan

Meskipun kamu menyukai nuansa retro, kamu juga tidak boleh berlebihan atau bahkan sampai terlalu mendominasi tampilan presentasimu. 

Sebaiknya, padukan unsur retro dengan sentuhan modern agar keseluruhan desain tetap seimbang dan menyenangkan untuk dilihat. Jangan biarkan kesan retro mengalahkan esensi dari pesan yang ingin kamu sampaikan.

3. Pertimbangkan Selera Audiens

Terakhir, kamu perlu memperhatikan siapa saja yang akan menjadi audiens presentasi? Apakah mereka memiliki selera yang menyukai gaya retro atau lebih cenderung pada hal-hal modern? 

Pahami dengan baik selera audiensmu sebelum memilih template, agar pesan yang kamu sampaikan dapat lebih maksimal diterima dan dipahami.

8 Rekomendasi Template PowerPoint Retro

Sekarang kamu pasti penasaran, bukan? Gimana sih template PowerPoint bergaya retro yang recommended? Nah, yuk simak rekomendasi 8 template PowerPoint retro pilihan berikut ini untuk memberikan nuansa yang benar-benar berbeda pada presentasimu. 
Yuk, simak bersama!

1. Retro Trip Template

Pertama, jika ingin menghadirkan kesan petualangan dan destinasi vintage dalam presentasi, Kamu bisa mencoba Retro Trip Template. 

Dengan gambar mobil VW tahun 60-70an, tempat wisata klasik, dan ikon peace, template ini akan membawa kamu langsung merasakan sensasi nostalgia. Selain itu, bonus foto polaroids sebagai latar slide semakin melengkapi pengalaman visual yang unik.

2. Disco Era

Ingin suasana penuh bintang dan lampu warna-warni dalam presentasimu? Disco Era bisa menjadi pilihan yang tepat. Templat ini cocok untuk presentasi reuni angkatan atau pesta, karena akan membawa kita kembali ke semangat era disko 70-80an. Sensasi keceriaan dan semangat muda pasti akan terasa kuat!

3. Vinyl Record

Jika kamu menginginkan presentasi yang super keren, Vinyl Record adalah pilihan yang sempurna. Dengan slider berbentuk gramofon retro dan efek goresan seolah presentasi tertoreh di piringan hitam, presentasimu akan tampil beda. Pasalnya, tema piringan hitam ini memberikan sentuhan yang sangat kekinian pada presentasi.

4. Polaroid Stories

Bagaimana jika kamu ingin menyajikan kisah masa lalu dengan cara yang unik? Polaroid Stories adalah jawabannya. Dengan frame polaroid unik dan imut, template ini sangat cocok untuk presentasi memori, kenangan bersama, atau sejarah perjalanan bisnis. Background lukisan dan tas polaroid semakin melengkapi kesan retro yang diusung.

5. Cassette Tape

Selanjutnya, jika ingin membawa audiens bernostalgia, Cassette Tape bisa menjadi solusinya. Dengan tema kaset pita tahun 80an, desain kaset geo keren plus headset retro yang ikonik, akan membuat presentasimu terasa stylish seperti video musik lawas. Cocok untuk presentasi seputar musik atau hiburan retro.

Panduan Membuat Custom Size pada Slide PowerPoint Menggunakan Canva

6. Old Cinema

Ingin tampilan layar bioskop jadul dalam presentasimu? Old Cinema adalah jawabannya. Dengan latar kursi merah dan layar putih gading, presentasimu akan terasa seperti sebuah film klasik yang menarik perhatian. Tema ini membawa nuansa nostalgia yang kuat.

7. Classic Car

Bagi pecinta mobil antik, Classic Car adalah pilihan yang wajib dicoba. Bertema mobil sport Chevrolet Corvette tahun 50-60an, template ini sangat mengena untuk kalangan pecinta otomotif klasik. Keindahan mobil yang awet muda menjadi idaman banyak orang sehingga akan memikat perhatian audiens.

8. Nostalgic Show

Mau presentasimu terasa seperti sebuah pertunjukan spektakuler? Nostalgic Show menjadi template yang tepat. Dengan latar panggung megah bergaya opera house era 40-50an yang elegan, presentasimu akan menciptakan pengalaman yang mengesankan. Cocok untuk presentasi seni dan hiburan dengan sentuhan theatrical yang mewah.


Nah, tertarik mencoba salah satu template PowerPoint retro di atas? Selain unik dan berkarakter, template-template tersebut juga didesain artistik dengan warna serta typography khas era lampau. Jadi, tak salah memilihnya untuk membuat presentasimu benar-benar hits dan kece!

Dengan keunggulan-keunggulan yang ditawarkan, kamu bisa membuat presentasimu menjadi lebih berkesan, menarik perhatian, dan tentunya memberikan kesan yang berbeda. Yuk mulai coba sesuatu yang baru dan lihatlah bagaimana presentasimu menjadi luar biasa dengan template retro yang penuh karakter ini!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter