-->

Panduan Membuat Custom Size pada Slide PowerPoint Menggunakan Canva

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Membuat presentasi slide PowerPoint yang menarik tidak harus selalu menggunakan ukuran standar. Kini kita dapat membuat custom size slides yang unik dan fleksibel menggunakan Canva. Dengan custom size, kita bisa menyesuaikan lebar dan tinggi slide sesuai kebutuhan. Untuk itu, yuk simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Power Point di Canva

Canva adalah aplikasi desain grafis yang mudah digunakan oleh siapa saja, baik itu untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Canva menyediakan berbagai fitur desain grafis, mulai dari template, gambar, font, hingga ikon. Salah satu fitur yang berguna adalah kemampuan untuk mengubah ukuran slide. PowerPoint sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Cerdas Membuat PowerPoint dengan Templat Canva

Mengapa Perlu Mengubah Ukuran Slide PowerPoint

Sebelum mulai mengubahnya, kamu perlu mengetahui beberapa alasan mengapa kita mungkin perlu mengubah ukuran slide PowerPoint. Salah satunya adalah untuk menciptakan tata letak yang lebih menarik dan sesuai dengan tujuan presentasi.

1. Menyesuaikan Ukuran Slide dengan Tujuan Presentasi

Jika Kamu berpikir untuk membuat poster, banner, atau spanduk yang memukau, mengubah ukuran slide PowerPoint menjadi keputusan cerdas. Hal ini memungkinkan kita memiliki kendali penuh terhadap dimensi visual presentasi, menciptakan ruang kreatif yang sesuai dengan kebutuhan desainmu.

2. Ukuran Slide untuk Kebutuhan Cetak

Jika ingin mencetak materi presentasi untuk distribusi atau sebagai materi referensi. Kamu dapat menyesuaikannya dengan ukuran kertas cetak yang diinginkan, sehingga menjadikan presentasi tidak hanya informatif tapi juga praktis untuk dicetak.

3.  Konsistensi Visual dengan Perangkat yang Digunakan

Sebuah presentasi yang efektif bukan hanya tentang isinya, tetapi juga tentang tampilannya. Kamu mungkin perlu mengubah ukuran slide agar konsisten dengan perangkat yang akan digunakan, seperti layar proyektor atau monitor. Hal ini akan memastikan bahwa setiap elemen presentasi terlihat sempurna dan mudah dipahami oleh audiens.

Cara Mengubah Ukuran Slide dengan Custome Size

Cara mengubah ukuran slide PowerPoint dengan custom size di Canva sangatlah mudah dan praktis. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka Aplikasi Canva

Pertama, bukalah aplikasi Canva melalui browser di komputer atau menggunakan aplikasi di smartphone. Pastikan kamu sudah memiliki akun Canva atau daftar jika belum.

2. Pilih Custom Dimensions

Setelah masuk ke Canva, pada bagian bawah layar, temukan opsi "Custom Dimensions." Klik pada opsi ini untuk memulai pembuatan desain dengan ukuran khusus.

3. Masukkan Ukuran Slide

Pada langkah ini, kamu akan diminta untuk memasukkan ukuran slide yang diinginkan. Kita juga bisa memasukkan ukuran dalam piksel, inci, atau sentimeter. Selain itu, pilih juga orientasi slide, apakah landscape atau portrait, sesuai kebutuhan.

4. Buat Desain Baru

Setelah memasukkan ukuran, klik tombol "Create New Design" untuk membuat desain baru dengan ukuran slide yang telah ditentukan. Selanjutnya, Canva akan membuka kanvas baru sesuai dengan dimensi yang telah dipilih.

5. Desain Slide PowerPoint

Gunakan fitur desain grafis Canva untuk membuat slide PowerPoint. Kamu bisa memilih template yang tersedia, menambahkan gambar, teks, ikon, atau elemen desain lainnya. Sesuaikan warna, font, latar belakang, atau tata letak slide sesuai preferensi.

Memilih Template PowerPoint dengan Ukuran Standar di Canva

6. Simpan dan Unduh

Setelah selesai mendesain slide, klik tombol simpan dan unduh. Canva menyediakan opsi untuk menyimpan desain dalam format PowerPoint (.pptx) atau PDF. Pilih format yang sesuai dengan kebutuhan.

7. Bagikan atau Unduh

Selain menyimpan di perangkat, kamu juga dapat membagikan desain secara online melalui email, media sosial, atau tautan yang disediakan oleh Canva.


Sekarang, kamu bisa membuat slide PowerPoint dengan ukuran khusus tanpa harus repot mengatur manual di PowerPoint. Selain itu, fitur desain grafis Canva yang kreatif akan memberikan sentuhan profesional pada presentasimu. Jadi, mulailah eksplorasi kreativitas di Canva untuk hasil presentasi yang lebih mengesankan!

Selamat mencoba!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter