-->

Memilih Template PowerPoint dengan Ukuran Standar di Canva

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Membuat presentasi dengan tampilan yang menarik dan profesional tentu menjadi harapan banyak orang. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan memanfaatkan template PowerPoint dari Canva. Namun, untuk memastikan presentasi berjalan lancar di berbagai perangkat, tentu kamu perlu memilih template PowerPoint Canva dengan ukuran slide standar.

Yuk simak, artikel kali ini untuk mengetahui cara memilih template yang baik!

Presentasi Power Point

Presentasi merupakan salah satu cara yang efektif untuk menyampaikan suatu informasi atau gagasan. Agar presentasi berjalan dengan lancar, desain dan tampilan slide perlu diperhatikan dengan baik. Salah satu caranya dengan menggunakan template PowerPoint. 

Tahukah kamu, template PowerPoint yang tersedia di Canva memiliki beragam pilihan desain menarik dan dapat diedit mudah loh. Namun, kita juga perlu memperhatikan ukuran standar template PowerPoint agar presentasi dapat ditampilkan dengan baik dalam berbagai kondisi. 

Jenis Ukuran Standar Template PPT di Canva

Saat merencanakan presentasi yang menarik, kamu tidak hanya memperhatikan isinya, tetapi juga desain dan ukuran template PowerPoint yang dipilih. Pasalnya, ukuran template memainkan peran kunci dalam memastikan tampilan slide presentasimu optimal di berbagai perangkat. Mari kita selami lebih dalam berbagai ukuran standar template PowerPoint yang bisa menjadi pilihan.

Ukuran standar template PowerPoint umumnya menggunakan rasio lebar dan tinggi layar 16:9 yang disebut widescreen atau 4:3 standar. Kedua ukuran ini paling sering digunakan untuk presentasi projektor hingga tampilan di laptop.

Ukuran standar template PowerPoint sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

1. Widescreen (16:9)

Jika ingin presentasimu terlihat modern dan luas di layar komputer atau laptop, pilihan ukuran widescreen (16:9) bisa menjadi solusi sempurna. 

Pasalnya, dengan rasio lebar dan tinggi 16:9, seperti 1280 x 720 pixel, template ini cocok untuk proyektor modern. Widescreen memberikan tampilan yang lebih luas, sesuai untuk membuat kesan yang futuristik dan memukau.

2. Standar (4:3)

Selanjutnya, jika kamu memiliki proyektor lama atau berencana menayangkan presentasi di televisi. Ukuran standar 4:3, dengan contoh ukuran 1024 x 768 pixel, bisa menjadi pilihan yang ideal. 

Template ini memberikan keseimbangan antara lebar dan tinggi, cocok untuk tampilan di berbagai perangkat. Selain itu, pilihannya yang konvensional juga memberikan nuansa klasik pada presentasimu.

3. Letter Size

Untuk presentasi yang akan dicetak, ukuran letter size dapat menjadi opsi yang pas. Dengan ukuran mirip kertas, seperti 8,5 x 11 inci, template ini memudahkanmu dalam proses pencetakan. 

Hal ini, akan memudahkan kamu dalam membagikan materi presentasi kepada audiens yang ingin memiliki salinan fisik. Letter size memberikan sentuhan personal dan tangibles pada presentasimu.

Keuntungan Menggunakan Template Berukuran Standar

Menggunakan template PowerPoint yang berukuran standar memiliki banyak keunggulan yang akan dirasakan saat menggunakannya. 

Diantara banyaknya keuntungan tersebut, terdapat 4 keuntungan utama dalam menggunakan template PowerPoint berukuran standar, berikut penjelasannya!

1. Memastikan Keterbacaan di Berbagai Perangkat

Pertama, menggunakan template berukuran standar membawa keuntungan signifikan pada keterbacaan presentasi di berbagai perangkat.

 Jadi, apakah kamu akan memproyeksikan slide di ruang rapat dengan laptop atau di aula besar dengan proyektor modern, ukuran standar seperti widescreen (16:9) akan memastikan tampilan slide tetap tajam dan jelas.

2. Memberikan Konsistensi dalam Desain

Tahukah kamu, bahwa memilih ukuran standar juga memberikan bonus desain yang konsisten? Desain yang seragam pada setiap slide memberikan kesan profesionalitas yang tak terbantahkan. Hal ini seperti menciptakan signature style presentasimu sendiri agar mudah dikenali dan dipahami oleh semua orang.

3. Cocok untuk Berbagai Proyektor dan Layar

Bagi kamu yang sering terlibat dengan presentasi menggunakan proyektor atau layar TV, template berukuran standar seperti 4:3 sangatlah relevan. Mengapa? Karena ukuran ini memberikan penyesuaian yang pas, menjadikan presentasimu lebih impresif di mata semua orang yang hadir.

4. Pilihan Efisien untuk Pencetakan

Bagi kamu yang suka menyimpan materi presentasi dalam bentuk cetakan fisik, template berukuran standar seperti letter size akan jadi andalanmu. Mudah dicetak dan hasilnya sesuai dengan ekspektasi.

Cara Memilih Template PowerPoint Ukuran Standar di Canva

Setelah mengetahui berbagai ukuran standar template PowerPoint beserta keunggulannya, langkah selanjutnya tentu kamu perlu memilih dan menggunakan template berukuran standar tersebut dari Canva agar presentasi berjalan lancar.

Canva sendiri menyediakan ribuan pilihan template PowerPoint dengan desain menarik dan ukuran slide standar. Agar mendapatkan template PowerPoint ukuran standar di Canva yang ideal, perhatikan penjelasan berikut ini.

1. Mulai dengan Pembukaan Canva

Pertama, buka Canva dan mari kita mulai petualangan kreatif ini. Canva hadir dengan antarmuka yang ramah pengguna, membuatnya sangat mudah untuk dipelajari bahkan bagi kamu yang baru pertama kali menggunakan platform ini.

2. Pilih Kategori Presentasi yang Sesuai

Langkah kedua adalah memilih kategori presentasi yang sesuai dengan tema atau tujuan presentasimu. Apakah itu untuk bisnis, pendidikan, atau mungkin proyek pribadi yang kreatif? Dalam hal ini, canva menyediakan beragam kategori untuk memudahkan kamu menemukan template yang pas.

3. Tentukan Ukuran Template

Setelah memilih kategori, saatnya untuk menentukan ukuran template. Klik pada opsi "Ukuran Standar" untuk mengakses pilihan template dengan rasio lebar dan tinggi yang umum digunakan, seperti widescreen (16:9) atau standar (4:3).

4. Telusuri Desain yang Menarik

Canva menawarkan berbagai desain template yang eye-catching. Untuk itu, jelajahi pilihan desain tersebut dengan seksama. Mulailah dengan yang paling menarik perhatianmu, dan jangan ragu untuk mencoba beberapa opsi sebelum membuat keputusan akhir.

5. Sesuaikan dengan Kreativitasmu

Sesuaikan template yang dipilih dengan kepribadian dan kreativitasmu. Ganti warna, font, atau tambahkan elemen desain tambahan sesuai dengan tema dan identitas visual yang ingin kamu tonjolkan. Ingatlah, presentasi yang personal selalu lebih menarik!

6. Preview Sebelum Menyimpan

Sebelum benar-benar menyimpan template, gunakan fitur preview Canva untuk melihat tampilan keseluruhan presentasimu. Pastikan semua elemen terlihat serasi dan profesional. Jika sudah puas, simpan template tersebut ke dalam akun Canva.

7. Unduh atau Bagikan Daring

Terakhir, setelah menyimpan, pilihlah opsi unduh jika kamu ingin menggunakan presentasi secara offline. Tapi, jika lebih suka berbagi keindahan presentasi secara daring, Canva juga menyediakan opsi untuk membagikan tautan presentasi kepada teman-temanmu.

Oke, itulah langkah-langkah simpel untuk memilih template PowerPoint berukuran standar di Canva. Dengan Canva, kamu bisa merancang presentasi yang sesuai dengan gaya dan kebutuhanmu tanpa perlu menjadi ahli desain. Selamat mencoba, dan semoga presentasimu sukses besar!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter