-->

Cara Menentukan Template PowerPoint Sesuai Bidang Keilmuan

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Mungkin kamu pernah merasa bingung atau kesulitan saat harus memilih template PowerPoint untuk presentasi bukan? Apalagi jika harus membuat presentasi sesuai bidang keilmuan yang berbeda-beda, seperti sains, teknologi, seni, atau humaniora.

Lalu, bagaimana cara menentukan template PowerPoint yang sesuai dengan bidang keilmuan? Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. Berikut penjelasan lengkapnya.

Menentukan Tema dan Tujuan Presentasi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tema dan tujuan presentasi. Pasalnya, tema dan tujuan presentasi menjadi hal yang paling mendasar dan penting untuk menentukan template PowerPoint yang akan dipilih. 

Tema dan tujuan presentasi bisa menunjukkan apa yang ingin disampaikan, siapa audiensnya, dan bagaimana kita ingin mempengaruhi audiens.

Misalnya, jika  ingin membuat presentasi tentang perkembangan teknologi 5G untuk audiens yang terdiri dari para ahli dan praktisi di bidang telekomunikasi, maka tema dan tujuan presentasinya adalah untuk memberikan informasi, data, dan analisis yang terkini, akurat, dan mendalam tentang teknologi 5G. 

Dengan mengetahui tema dan tujuan presentasi, kita bisa memilih template PowerPoint sesuai dengan bidang keilmuan teknologi, memiliki gaya yang profesional, warna netral, dan media pendukung yang ilmiah.

Tema dan tujuan presentasi sebaiknya harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Apa yang ingin kamu sampaikan pada audiens?

2. Siapa audiens kamu?

3. Bagaimana kamu ingin mempengaruhi audiens?

Cari dan Pilih Template PowerPoint yang Sesuai

Setelah menentukan tema dan tujuannya, langkah yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mencari dan memilih template PowerPoint sesuai dengan tema dan tujuan presentasi. 

Template PowerPoint harus memiliki gaya, warna, dan media pendukung yang cocok dengan bidang keilmuan. Selain itu, juga harus memiliki kualitas yang baik dan mudah digunakan.

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari dan memilih template PowerPoint yang sesuai, antara lain sebagai berikut.

1. Menggunakan Template PowerPoint Bawaan 

Template jenis ini sudah tersedia di dalam aplikasi PowerPoint.  Dengan ini, kamu dapat menggunakan berbagai jenis pilihan yang tersedia. Pilihlah gaya, warna, dan media pendukung dan sesuaikan dengan bidang keilmuannya.

Template PowerPoint bawaan juga memiliki kualitas yang baik dan mudah digunakan. Kita bisa mengaksesnya dengan cara membuka aplikasi PowerPoint, kemudian klik menu File, lalu klik menu New, dan pilih template yang diinginkan.

2. Mengunduh Template PowerPoint dari Internet 

Selanjutnya, Template PowerPoint dari internet bisa kita dapatkan dari berbagai situs web yang menyediakan template PowerPoint secara gratis atau berbayar. Template jenis ini memiliki berbagai pilihan gaya, warna, dan media pendukung yang lebih beragam dan unik daripada template PowerPoint bawaan. 

Kualitas template ini bervariasi dan terkadang membutuhkan penyesuaian atau perbaikan. Untuk mengunduhnya, kamu hanya perlu membuka situs web yang menyediakan template PowerPoint, kemudian cari dan pilih template yang sesuai dengan bidang keilmuan. Selanjutnya, klik tombol download atau unduh.

3. Membuat Template PowerPoint Sendiri 

Selanjutnya, kita juga bisa membuat template power point sendiri.  Caranya cukup dengan menggunakan fitur-fitur dalam aplikasi PowerPoint atau aplikasi lain yang bisa mendukung pembuatan template PowerPoint. 

Templat ini merupakan yang paling sesuai dengan tema dan tujuan presentasi. Pasalnya, kamu bisa menentukan gaya, warna, dan media pendukung yang diinginkan. Template ini juga paling kreatif dan inovatif. Pasalnya, kita bisa mengeksplorasi berbagai kemungkinan untuk membuat template PowerPoint yang menarik dan menonjol. 

Namun, membuat sendiri template power point membutuhkan keterampilan, waktu, dan usaha lebih banyak daripada menggunakan atau mengunduh template PowerPoint yang sudah ada. 

Cara membuatnya cukup dengan membuka aplikasi PowerPoint, kemudian klik menu File, lalu klik menu Blank Presentation, dan mulai membuat template PowerPoint sesuai dengan keinginan.

Uji dan Evaluasi Template PowerPoint yang Dipilih

Langkah selanjutnya, kamu perlu menguji dan mengevaluasi template PowerPoint yang telah dipilih. Ini menjadi hal yang penting untuk memastikan bahwa template PowerPoint benar-benar sesuai dengan bidang keilmuan. Menguji dan mengevaluasi template PowerPoint juga bisa membantu memperbaiki atau menyempurnakan template.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menguji dan mengevaluasi template PowerPoint yang telah dipilih. Yuk simak penjelasan berikut ini.

1. Melihat Tampilannya pada Media yang digunakan

Pertama, kamu bisa melihat tampilan template PowerPoint pada layar, speaker, atau proyektor yang akan digunakan untuk presentasi. Hal ini bisa membantu untuk mengetahui apakah template PowerPoint yang dipilih memiliki resolusi, ukuran, dan kualitas yang baik dan jelas pada media yang digunakan.

2. Menyimulasikan Presentasi 

Hal ini bisa membantu kamu untuk mengetahui apakah template PowerPoint yang dipilih cocok dengan materi, gaya, dan tujuan presentasi. Jika tidak, kita bisa mengubah atau menyesuaikan template PowerPoint agar lebih sesuai dengan presentasi.

3. Meminta Masukan dari Orang Lain yang Kompeten  

Terakhir, kamu bisa mendapatkan saran, kritik, atau masukan yang objektif dan konstruktif tentang template PowerPoint yang dipilih. Selanjutnya, kamu bisa memperbaiki template PowerPoint berdasarkan masukan yang diterima.

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menentukan template PowerPoint yang sesuai dengan bidang keilmuan. Dengan menentukan template PowerPoint yang sesuai, kamu bisa membuat presentasi yang lebih menarik, informatif, dan profesional. Sehingga akan meningkatkan kualitas dan hasil presentasinya.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter