-->

Bagaimana Cara Membuat Template PowerPoint yang Menarik dan Profesional

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Tahukah kamu, template PowerPoint bisa kita buat sendiri loh. Membuat template power point sendiri bisa melatih seseorang untuk mengekspresikan kreativitas dan membuat presentasi yang lebih unik dan personal. Selain itu, kita juga bisa membuat template yang menarik dan profesional.

Template Power Point

PowerPoint merupakan salah satu aplikasi yang sangat berguna untuk membuat presentasi kita lebih menarik dan profesional. 

Untuk membuat presentasi yang berkualitas, kamu tidak hanya perlu memperhatikan konten, tetapi juga template yang digunakan.

Template sendiri merupakan desain latar belakang dan tata letak slide yang sudah ditentukan sebelumnya. Dengan template, kita bisa menghemat waktu dan mempercepat proses pembuatan presentasi. Jadi, tidak perlu repot-repot mengatur warna, font, gambar, animasi, dan elemen lainnya pada setiap slide. Melainkan, kamu hanya perlu mengisi konten sesuai dengan topik dan tujuan presentasi.

Langkah-langkah Membuat Template Power Point

Kamu pasti penasaran, bagaimana cara membuat template PowerPoint yang menarik dan profesional? Yuk simak langkah-langkah berikut ini.

1. Buka PowerPoint dan Pilih Blank Presentation

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi PowerPoint di komputer atau laptop. Kemudian, pilih menu File dan klik New. 

Di sana kita akan melihat beberapa pilihan template yang bisa digunakan. Untuk membuat template sendiri, maka pilihlah opsi Blank Presentation.

2. Ubah Ukuran dan Orientasi Slide

Setelah memilih Blank Presentation, kita akan melihat slide kosong yang siap untuk diisi. Sebelum mulai mengisi konten, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah ukuran dan orientasi slide sesuai dengan kebutuhan.

Untuk mengubah ukuran slide, klik menu Design dan pilih Slide Size. Kamu bisa memilih ukuran standar (4:3) atau lebar (16:9). Selanjutnya, lakukan proses pengaturan ukuran kustom dengan memilih Custom Slide Size.

Jika akang mengubah orientasi slide, klik menu Design dan pilih Slide Orientation. Pada tahap ini, kita bisa memilih orientasi potret (Portrait) atau lanskap (Landscape).

3. Pilih Warna Latar Belakang

Langkah selanjutnya adalah memilih warna latar belakang untuk slide power point. Langkah ini akan sangat mempengaruhi suasana dan kesan yang ingin disampaikan kepada audiens. Oleh karena itu, pilihlah warna yang sesuai dengan topik dan tujuan presentasi.

Untuk memilih warna latar belakang, klik menu Design dan pilih Format Background. Selanjutnya, kita akan melihat beberapa pilihan untuk mengatur warna latar belakang, seperti Solid Fill, Gradient Fill, Picture or Texture Fill, dan Pattern Fill.

Jika ingin menggunakan pola sebagai latar belakang, pilihlah Pattern Fill dan pola dari daftar yang tersedia. Kamu juga bisa mengatur warna latar depan dan belakang pola.

Setelah memilih warna latar belakang, pastikan telah mencentang Apply to All untuk menerapkan warna tersebut ke semua slide.

4. Tambahkan Header dan Footer

Langkah berikutnya adalah menambahkan header dan footer pada slide power point. Header dan footer merupakan teks yang muncul di bagian atas dan bawah slide. Kamu bisa menggunakan header dan footer untuk menampilkan informasi penting, seperti judul presentasi, nama pembicara, nomor halaman, tanggal, logo, dan lain-lain.

Untuk menambahkan header dan footer, klik menu Insert dan pilih Header and Footer. Selanjutnya, akan terlihat kotak dialog yang berisi beberapa pilihan untuk mengatur header dan footer.

Jika ingin menambahkan header, centang Header dan ketik teks yang ingin ditampilkan pada bagian atas slide. Selain itu, lakukanlah pengaturan font, ukuran, warna, dan posisi teks dengan menggunakan toolbar yang tersedia.

Sedangkan untuk menambahkan footer, centang Footer dan ketik teks yang akan ditampilkan pada bagian bawah slide.

5. Buat Tata Letak Slide

Langkah terakhir adalah membuat tata letak slide yang akan digunakan untuk mengisi konten. Tata letak slide merupakan susunan tempat holder yang berisi teks, gambar, grafik, video, dan elemen lainnya. Dengan menggunakan tata letak slide, kamu bisa mengatur konten dengan lebih rapi dan konsisten.

Untuk membuat tata letak slide, klik menu View dan pilih Slide Master. Selanjutnya akan terlihat daftar tata letak slide yang sudah tersedia pada bagian sebelah kiri layar. Pilihlah salah satu tata letak slide yang sudah ada atau membuat tata letak slide baru.

Jika ingin membuat tata letak slide baru, kamu bisa mengklik menu Insert Layout dan pilih jenis tata letak yang diinginkan. Selain itu, kita juga bisa memilih tata letak yang berisi judul, teks, gambar, grafik, video, atau kombinasi dari semuanya.

Setelah membuat tata letak slide baru, kamu bisa menambahkan, menghapus, atau mengubah tempat holder sesuai dengan keinginan. Gunakanlah toolbar yang tersedia untuk mengatur font, ukuran, warna, dan posisi teks. Kita juga bisa menambahkan gambar, grafik, video, dan elemen lainnya dengan menggunakan menu Insert.

Setelah selesai membuat tata letak slide, klik menu Slide Master dan pilih Close Master View. Selanjutnya akan kembali ke tampilan normal dan bisa melihat tata letak slide yang sudah dibuat.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Template PowerPoint

Ternyata untuk membuat Template PowerPoint yang Menarik dan Profesional, terdapat beberapa hal juga yang perlu kita perhatikan. Lalu, apa saja hal yang perlu diperhatikan saat membuat template PowerPoint? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan.

1. Sesuaikan dengan Topik dan Tujuan Presentasi

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat membuat template PowerPoint adalah topik dan tujuan presentasi. Kamu harus memilih warna, font, gambar, dan elemen lainnya yang sesuai dengan topik dan tujuan presentasi.

2. Gunakan Warna yang Kontras dan Harmonis

Hal kedua yang perlu diperhatikan saat membuat template PowerPoint adalah warna yang digunakan. Pasalnya, warna sangat mempengaruhi suasana dan kesan yang ingin disampaikan kepada audiens. Oleh karena itu, kita harus memilih warna yang kontras dan harmonis.

3. Pilih Font yang Sesuai dan Mudah Dibaca

Hal ketiga yang perlu diperhatikan saat membuat template PowerPoint adalah font yang kamu gunakan. Font merupakan bentuk huruf yang digunakan untuk menulis teks. Dalam hal ini, font sangat mempengaruhi keterbacaan dan kredibilitas konten yang dibuat. 

Oleh karena itu, kamu harus memilih font yang sesuai dan mudah dibaca.

4. Tambahkan Gambar, Grafik, Video, dan Elemen Lainnya

Hal keempat yang perlu diperhatikan adalah gambar, grafik, video, dan elemen lainnya yang akan kamu  tambahkan. Pasalnya, gambar, grafik, video, dan elemen lainnya merupakan suatu media yang bisa digunakan untuk mendukung konten presentasi. 

Media ini bisa membantu kita dalam menarik perhatian, menjelaskan konsep, memberikan contoh, atau menghibur audiens.

5. Buat Tata Letak Slide yang Rapi dan Konsisten

Tata letak slide merupakan susunan tempat holder yang berisi teks, gambar, grafik, video, dan elemen lainnya. Tata letak slide bisa membantu mengatur konten agar lebih rapi dan konsisten.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membuat template PowerPoint. Dengan menerapkan tips ini, kamu bisa membuat template PowerPoint yang menarik dan profesional. 

Selamat mencoba!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter