-->

Modifikasi Template PowerPoint untuk Kebutuhan Khusus

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Apakah kamu sering merasa bosan dengan tampilan PowerPoint yang itu-itu saja? Tentu saja, kita perlu menyesuaikan template PowerPoint sesuai dengan kebutuhan khusus. Yuk simak artikel kali ini agar dapat melakukan Modifikasi Template PowerPoint untuk Kebutuhan Khusus.

Modifikasi Template Power Point

PowerPoint adalah salah satu aplikasi yang paling sering digunakan untuk membuat presentasi, baik untuk keperluan akademik, bisnis, maupun hiburan. PowerPoint memiliki banyak fitur yang memudahkan kita untuk membuat slide yang menarik, seperti animasi, transisi, grafik, gambar, video, dan lain-lain. 

Namun, terkadang kita merasa kurang puas dengan template PowerPoint yang tersedia secara default. Mungkin ingin mengubah warna, font, layout, atau elemen lainnya agar sesuai dengan tema, tujuan, atau audiens presentasi.

Download dan Buka Template PowerPoint Gratis

1. Cari Template Power Point

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari dan mendownload template PowerPoint gratis sesuai dengan tema atau topik presentasi. 

2. Gunakan Situs Web

Selanjutnya, akan ada banyak situs web yang menyediakan template PowerPoint gratis agar bisa kita gunakan, seperti Slidesgo, SlidesCarnival, SlideModel, dan lain-lain. 

Kita bisa mencari template PowerPoint gratis dengan menggunakan kata kunci yang relevan, misalnya "template PowerPoint pendidikan", "template PowerPoint bisnis", "template PowerPoint kesehatan", dan sebagainya.

3. Download Template

Setelah menemukan template PowerPoint, kita bisa mendownloadnya dengan mengklik tombol download atau link yang tersedia. 

4. Lakukan Proses Ekstrak 

Biasanya, template PowerPoint gratis akan tersimpan dalam format ZIP, jadi kita harus mengekstraknya terlebih dahulu sebelum bisa membukanya di PowerPoint. 

Setelah mengekstrak file ZIP, kamu akan mendapatkan file PPT atau PPTX yang berisi template PowerPoint gratis yang telah terdownload.

5. Buka Template PowerPoint Gratis di PowerPoint

Langkah berikutnya, kamu bisa membuka file PPT atau PPTX dengan cara mengklik dua kali pada file tersebut, atau dengan cara membuka PowerPoint terlebih dahulu, lalu memilih menu File, kemudian Open, dan mencari file PPT atau PPTX yang kita download. 

Setelah membuka file PPT atau PPTX, kamu akan melihat slide-slide yang sudah terisi dengan konten yang sesuai dengan tema atau topik template PowerPoint gratis tersebut.

Modifikasi Template PowerPoint Gratis Sesuai KebutuhanKhusus

Langkah selanjutnya, kita akan belajar bagaimana cara modifikasi template PowerPoint untuk kebutuhan khusus. Pada tahap ini, kakmu bisa mengubah berbagai aspek dari template PowerPoint gratis, seperti warna, font, layout, gambar, grafik, video, animasi, transisi, dan lain-lain.  

Berikut adalah beberapa contoh modifikasi yang bisa dilakukan pada template PowerPoint gratis.

1. Mengubah warna 

Pertama, kamu bisa mengubah warna dari template PowerPoint gratis dengan cara memilih menu Design, kemudian Colors, dan memilih skema warna yang diinginkan. 

Kita juga bisa membuat skema warna sendiri dengan cara memilih menu Design, kemudian Colors, lalu Customize Colors, dan memilih warna-warna yang diinginkan untuk setiap elemen slide, seperti background, text, accent, hyperlink, dan lain-lain.

2. Mengubah font

Langkah ke dua adalah mengubah font dari template PowerPoint gratis dengan cara memilih menu Design, kemudian Fonts, dan memilih jenis font yang diinginkan. 

Selanjutnya, kamu juga bisa mengubah ukuran, gaya, warna, dan efek dari font dengan cara memilih teks yang ingin diubah, lalu memilih menu Home, dan mengatur opsi-opsi yang ada di grup Font, seperti Font, Font Size, Bold, Italic, Underline, Font Color, dan lain-lain.

3. Mengubah layout

Untuk mengubah layout dari template PowerPoint gratis, kamu bisa memilih slidenya terlebih dulu, lalu memilih menu Home, kemudian Layout, dan memilih jenis layout yang kita inginkan. 

4. Mengubah gambar 

Kita bisa mengubah gambar dari template PowerPoint gratis dengan cara menghapus gambar yang sudah ada, lalu memasukkan gambar yang diinginkan dengan cara memilih menu Insert, kemudian Pictures, dan mencari file gambar yang kamu inginkan. 

5. Mengubah grafik

Mengubah grafik dari template PowerPoint gratis bisa kamu lakukan dengan cara menghapus grafik yang sudah ada, lalu memasukkan grafik yang diinginkan dengan cara memilih menu Insert, kemudian Chart, dan memilih jenis grafiknya. 

6. Mengubah video

Kita bisa mengubah video dari template PowerPoint gratis dengan cara menghapus video yang sudah ada, lalu memasukkan video yang kita inginkan dengan cara memilih menu Insert, kemudian Video, dan memilih sumber video yang kita inginkan, seperti Online Video, Video on My PC, atau Record Video. Kita juga bisa mengubah ukuran, posisi, bentuk, dan efek dari video dengan cara memilih video yang ingin kita ubah, lalu mengatur opsi-opsi yang ada di menu Format, seperti Video Styles, Video Effects, Video Border, Video Layout, dan lain-lain.

Simpan Template PowerPoint yang Sudah Dimodifikasi

Setelah melakukan proses modifikas, langkah berikutnya yang harus kita lakukan adalah menyimpan template PowerPoint yang sudah kita modifikasi. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Simpan dengan Format PPTX atau PDF

Pertama, kamu bisa menyimpan template PowerPoint yang sudah dimodifikasi dengan cara memilih menu File, kemudian Save As, dan memilih lokasi dan nama file yang diinginkan. Lakukan penyimpanan file dengan format PPT atau PPTX agar bisa kita buka kembali melalui PowerPoint, atau dengan format PDF agar bisa kita bagikan atau cetak dengan mudah.

2. Simpan Sebagai Template Baru

Selain menyimpannya dalam bentuk PPTX atau PDF, kamu juga bisa menyimpan template PowerPoint sebagai template PowerPoint baru agar bisa kita gunakan kembali untuk presentasi lainnya. 

Caranya adalah dengan memilih menu File, kemudian Save As, lalu memilih lokasi dan nama file yang diinginkan. Selanjutnya, ubahlah tipe file menjadi PowerPoint Template (*.potx). 

Dengan cara ini, kita bisa membuat koleksi template PowerPoint yang sesuai dengan kebutuhan khusus.

Demikianlah artikel tentang cara modifikasi template PowerPoint untuk kebutuhan khusus. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu untuk membuat presentasi yang lebih menarik, kreatif, dan profesional. J

Terima kasih telah membaca artikel ini, dan selamat mencoba! 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter