-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Cara Melamar Kerja Di Luar Negeri Untuk Laki-laki

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Hai bertemu dengan artikel tentang cara melamar kerja di luar negeri untuk laki-laki Atau lebih tepatnya bekerja di luar negeri? Jika iya, ternyata kamu bisa lho mewujudkannya. Tetapi, tentunya kamu harus mempersiapkan berbagai hal. Nah, bagi kamu yang memiliki rencana atau masih bingung, kali ini ada tips cara bekerja di luar negeri. Yuk, simak ilmunya berikut ini!


  1. Tentukan dulu jenis pekerjaan yang kamu targetkan
  2. Tentukan negara tujuan dan lakukan riset serta pelajari kelebihan dan kekurangannya
  3. Cari lowongan yang sesuai via agensi atau job portal 
  4. Sesuaikan penulisan CV dengan negara tujuan
  5. Persiapkan persyaratan untuk visa 
  6. Coba freelance atau kerja remote
Bagaimana sihh cara kerja di luar negeri lulusan smk ? apakah bisa ya, tentu bisa dong, karena tidak ada yang mustahil di dunia ini, apalagi hanya soal pekerjaan, jadi jangan berkecil hati dulu, yuk pelajari kiat-kiatnya dibawah ini:

1. Tentukan jenis pekerjaan
Sebelum mencari lowongan kerja luar negeri gratis, tentunya kamu harus benar-benar yakin dengan pekerjaan yang ingin kamu lakukan nantinya. Karena ini berkaitan rencana kamu untuk kedepannya. Alasannya karena hal ini tidak bisa diputuskan tanpa pertimbangan yang matang. Apakah nantinya melanjutkan karir sesuai dengan jurusan kuliahmu atau berencana yang bukan tipemu.

Selain itu, jangan lupa juga persiapkan rencana B jika nantinya ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi atau di luar rencana. Umumnya kamu bisa memikirkan pekerjaan yang bisa dilakukan dalam jangka pendek untuk sementara waktu, hal ini untuk mengcover pengeluaran kamu selama proses mencari pekerjaan tetap, sehingga masih aman untuk tinggal lebih lama lagi.

2. Tentukan negara tujuan dan lakukan riset
Setelah mengetahui jenis pekerjaan yang diinginkan, selanjutnya kamu dapat menentukan negara yang akan dituju. Pada tahapan ini jangan lupa untuk melakukan riset terkait negara tersebut. 
Selain itu,  pertimbangkan untuk melakukan perjalanan jangka pendek ke negara tujuan untuk membantumu mempelajari budaya, mengenal lokasi, dan menjalin hubungan dengan beberapa orang di sana. Jika memungkinkan kamu bisa mencari lowongan bahkan memanfaatkan waktu untuk melakukan wawancara dengan calon perusahaan atau pemberi kerja.
usia maksimal kerja di luar negeri


Pekerjaan yang diinginkan sudah fix, negara yang ingin dituju juga sudah sesuai. 

Nah, selanjutnya saatnya mencari lowongan pekerjaan. Saat ini ada banyak cara untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri, beberapa di antaranya melalui penyedia program, via job portal, dan website perusahaannya langsung. 

a. Agensi/penyedia program
Kamu dapat mencari lowongan pekerjaan melalui perusahaan agensi atau penyedia program khusus. Biasanya kamu bisa menemukannya di internet. Namun, penting untuk berhati-hati agar kamu nantinya tidak tertipu lowongan abal-abal. Agar aman, kamu bisa melihat lowongan yang sudah berafiliasi dengan pemerintah. Selain itu, untuk Indonesia , kamu bisa mengikuti program kementerian atau mengecek program pemerintah di website, seperti Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

b. Job portal
LinkedIn dapat menjadi salah satu pilihan untuk kamu mencari lowongan pekerjaan di luar negeri. Seperti yang kamu ketahui bahwa pada job portal tersebut memiliki ruang lingkup yang besar dan tidak terbatas pada satu negara saja. Di samping itu, kamu juga bisa menjalin hubungan dengan para profesional dan praktisi di LinkedIn untuk membuka peluang kerja di negara mereka. 

c. Website perusahaan
Selain job portal, kamu juga bisa melamar secara langsung di website perusahaan yang kamu inginkan. Adapun biasanya kamu bisa melihat di bagian “Job” atau “Career” yang ada pada website-nya. 

4. Sesuaikan penulisan CV dengan negara tujuan
Salah satu hal yang tidak boleh kamu lupakan adalah menyesuaikan gaya CV mu sesuai dengan negara yang tujuan. Setiap negara biasanya memiliki perbedaan pada jenis CV dan resume untuk pekerjaan. Seperti dikutip dari TopCV, negara-negara eropa biasanya mencantumkan foto dan informasi pribadi lengkap pada CV mereka. Sedangkan untuk di Amerika, UK, dan Australia informasi pribadi hanya sekedar lokasi, nomor handphone, alamat email, dan tidak perlu mencantumkan foto. 

Hal ini tidak bisa dianggap remeh. Karena penting juga untuk mematuhi standar CV dan resume di setiap negara. CV dan resume yang nantinya kamu kirimkan dapat mencerminkan keseriusan dan pemahamanmu terhadap budaya dan lingkungan kerja di negara tersebut. 

5. Persiapkan persyaratan untuk visa kerja
Langkah berikutnya adalah mempersiapkan segala dokumen yang diperlukan seperti paspor dan visa. Sangat penting untuk dapat mempersiapkan segala keperluan ini, karena seperti yang kamu ketahui, pengajuan visa untuk setiap negara memiliki syarat yang berbeda-beda.

Selain itu, jenis visa juga mempengaruhi keberlangsungan kerjamu di sana. Apakah visa kerja sementara, semi permanen, atau permanen. Biasanya untuk visa kerja, kamu diwajibkan memiliki bukti kepemilikan dana awal berupa mata uang sesuai dengan negara yang dituju.

6. Coba freelance atau kerja remote
Sebagai alternatif jika kamu masih ragu untuk bekerja langsung di luar negeri, kamu bisa kok bekerja dari rumah tapi dengan perusahaan luar. Yap, yaitu dengan mencoba freelance atau kerja secara remote. Bekerja di luar negeri bukan berarti harus ada di negara tersebut kah? Tidak masalah, jika kamu hanya bekerja dari rumah, tapi dibayar dengan ukuran luar negeri. 

Pada saat sekarang ini dengan banyaknya platform freelance, tidak menutup kemungkinan kamu bisa bekerja dengan perusahaan luar. Pekerjaan seperti desain grafis, content writer, desainer web, bahkan untuk posisi seperti supervisor/lead mungkin saja untuk bisa kamu kerjakan. Namun, perlu diperhatikan, biasanya pekerjaan jenis ini tidak berlangsung secara permanen. Karena lebih bersifat freelance dan kontrak. Jadi kamu diharuskan dapat menyusun rencana kerja dan keuangan secara baik. 

Nah, bekerja di luar negeri ini bisa menjadi peluang baru bagi kamu. Namun, jangan lupa mempersiapkan semuanya dengan baik agar tidak menjadi masalah. Itulah beberapa cara bekerja di luar negeri yang bisa kamu coba. 


Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter