-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Contoh Soal Akuntansi Koperasi Simpan Pinjam Dan Jawabannya

Post a Comment

Triprofik.com-Contoh soal Akuntansi koperasi Simpan pinjam dan jawabannya-baru saja aku pulang dari sebuah perjalanan dengan mengelilingi sebuah kabupaten di jawa timur. Aku banyak menemukan kantor dan gedung yang beroprasi di pinggiran jalan raya utama yang mana letaknya memang sangat strategis. oleh karena itu banyak sekali yang mulai bekerja disana entah gajinya yang besar atau memang menjadi sebuah profesi bagi mereka, namun paling tidak kita mempunyai pekerjaan dan gaji tetap dalam setiap bulannya.

Memang tidak mudah mendaftar kerja dalam sebuah instansi keuangan yang berbasis simpan pinjam, karena disana selalau berurusan dengan nominal, hitung menghitung dan bilangan maka hal ini sangat berkaitan erat dengan nilai matematika yang kamu miliki sekarang semasa sekolah maka dengan iq yang rendah sangat sulit untuk di terima, nah kebetulan sekali sekarang ini aku sedang menulis banyak sekali contoh soal kasus akuntansi koperasi simpan pinjam, jadi bagi kamu yang sedang mencarinya dan ingin latihan lewat soal tes tersebut dapat membacanya disini atau mengunduhnya langsung dengan format pdf agar mudah di pelajari setiap harinya.

siklus akuntansi koperasi simpan pinjam

Contoh transaksi koperasi simpan pinjam

Mengenai transaksinya yang digunakan dalam koperasi simpan pinjam tentu banyak sekali, untuk menghindari riba dan akad yang shah maka mereka kedua belah pihak harus mengetahui apa akad yang akan digunakannya, seperti dalam kasus menaruk pbkb motor dalam transaksi pinjam uang dengan jaminan pbkb maka cara transaksinya adalah sebagai berikut ini.

Motor tersebut di beli oleh pihak koperasi simpan pinjam sebesar harga yang sudah di tentukan, kemudian di beli kembali oleh pihak yang ingin meminjam uang dengan harga sesuai dengan kesepakatan keduabelah pihak namun dibayar dengan sistem kredit atau cicil.


Contoh jurnal koperasi simpan pinjam

Contoh Transaksi, kamu punya motor dengan surat-surat yang lengkap sebagai jaminan untuk meminjam uang ke layanan koperasi simpan pinjam, dibawalah motor kamu dengan surat lengkapnya untuk melakukan pengecekan, setelah di setujui maka motor kamu tersebut dibeli oleh pihak koperasi dengan harga 5 juta, kemudian kamu akan membelinya dengan harga 6 juta maka pihak koperasi mempunyai keuntungan 1 juta, namun oleh kamu dibayar dengan kredit atau mencicil, maka pbkb motor tersebut masih ditahan oleh kantor koperasi tersebut.

Nah begitulah akad transaksi yang ada di bank atau koperasi simpan pinjam dengan menggunakan akad yang ada dalam hukum syari'at islam, namun akad ini masih banyak kontroversi dikalangan ulamak, cukup mengikuti yang di anggap sah saja.


Berikut contoh soal koperasi simpan pinjam


Demikianlah artikel ini yang aku buat dengan mengambil contoh yang sudah banyak ada dikalangan koperasi simpan pinjam dan bank yang ada di Indonesia ini, semoga dapat memberi kemanfataan bagi kamu yang sedang mencarinya sekarang.



Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
close