-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Cara Membuat Buku Kas Harian Di Buku Tulis Untuk Pelajar

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com-Hai teman-teman, apa kabar kalian semua, kali ini kami akan membagikan cara membuat buku kas harian di buku tulis untuk pelajar dengan sangat mudah dan lebih mudah untuk dipahami, bagi kalian yang sedang ditunjuk menjadi bendahara kelas pastinya wajib membuat buku kas dengan buku tulis, agar pembuatan tersebut lebih mudah dan kamupun juga bisa memahaminya kami berikan beberapa contoh tabel seperti dibawah ini, agar dapat diambil contoh dalam membuatnya, selain itu kalian juga bisa membuat buku kas dengan excel di hp android sehingga sangat mudah dan lebih cepat dalam proses pembuatannya.

Tugas bendahara kelas sangatlah berat yang mana mereka harus memegang uang kelas dengan jumlah yang banyak, bagi anak pelajar yang sehariannya tidak biasa memegang uang banyak pastinya merasa takut dan khawatir karena bisa saja uang tersebut hilang tanpa sebab maka dari itu kami pesankan agar membuat tempat yang aman untuk uang kas tersebut, dan tempat yang paling aman kami sarankan untuk ditabung pada bank atau guru kalian sehingga kalian hanya memegang buku kasnya saja. Hal ini cara paling aman untuk menyimpan uang kas sekolah.

contoh buku kas bulanan

Cara membuat buku kas bulanan di buku tulis

Buku kas harian ataupun buku kas bulanan konsepnya sama saja, sama-sama berguna untuk mencatat keluar masuknya keuangan, mungkin yang lebih berkaitan dengan buku kas kelas dengan adanya nama-nama siswa-siswi dikelas tersebut dengan menuliskan semua nama yang ada di absen kelas, berikut juga dengan jumlah nominal yang mereka setorkan pada bendahara kelas.

Cara yang paling mudah adalah dengan membuat daftar nama terlebih dahulu kemudian di tempelkan pada buku bagian cover agar nama-nama tersebut bisa mencangkup semua garis yang ada dibuku, barulah buat garis vertikal dan horizontal dengan bentuk kotak-kotak, tujuannya diisi dengan nominal yang mereka setorkan. dan diujung buku paling belakang adalah jumlah total dalam satu siswa sedangkan paling bawah sendiri adalah total keseluruhan hasil setoran siswa.

Setelah itu sisakan 3 lembar saja untuk dibuatkan kas atau neraca berjalan tentang keluar masuknya dana modal, sedangkan cara membuat buku kas pengeluaran dan pemasukan ini hampir sama dengan buku kas siswa, untuk lebih jelasnya akan kami tampilkan dengan berupa contoh tabel seperti dibawah ini.
 
sumber gambar: rebanas.com

Yang kami maksud dengan buku kas siswa adalah seperti gambar diatas, dengan daftar nama disamping kiri dengan garis memanjang ke samping kanan, hal ini akan memperoleh banyak kolom pada setiap nama sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu panjang bahkan satu tahun.

setelah itu kamu tinggal membuat buku kas seperti neraca berjalan agar penggunaan dana dalam buku kas tabungan bisa dikelola dengan buku kas neraca berjalan.

Cara membuat catatan tabungan siswa di buku tulis

Ada banyak contoh tentang pembuatan buku kas siswa, buku kas ini berisikan menu-menu yang mencangkup tentang keuangan, seperti kolom sumber dana, pengeluaran, serta kolom keterangan yang nantinya diisi untuk kegunaan apa uang tersebut di gunakan.


sumber gambar: dokumensekolahdasar.blogspot.com

Nah itulah contohnya, jadi bagi kamu yang kebetulan menerima tugas ini silahkan buat sesuai dengan contoh tersebut, karena kamu menggunakan buku tulis maka ada beberapa persiapan yang harus di penuhi.

1.Siapkan buku tulis yang kosong
2.buatlah kolom seperti contoh diatas
3.Gunakan penggaris 
4.isikan keterangan sesuai dengan kolom yang sudah tersedia
5.samakan dengan contoh diatas

Cara membuat buku kas harian di excel

Selain dengan menggunakan buku tulis kamu juga bisa membuat buku kas dengan Headphone Android, caranya sangat mudah, kamu tinggal mendownload aplikasi Excel dari play store kemudian instal dan buka aplikasinya, setelah itu buatlah garis-garis seperti contoh diatas, kelebihan buku kas dengan excel adalah mudahnya ketika menghitung pemasukan dan pengeluarannya sehingga saldo akan otomatis terjumlah sendiri.

Namun kamu harus mengetahui rumus-rumus yang ada di excel, seperti dalam menjumlahkan total keselurahan dengan rumus Sum, sum if dan banyak lagi macam-macam rumus di excel.

Silahkan pelajari dulu rumus excel dihalaman berikut ini : Belajar rumus excel dengan mudah


Demikialah artikel yang menjelaskan tentang Cara Membuat Buku Kas Harian Di Buku Tulis Untuk Pelajar dan umum, bila terdapat kesalahan dalam artikel ini silahkan koreksi kami dengan berkomentar dibawah ini.


Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter