-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Cara Membuat ES Batu Agar Tidak Lengket Di Freezer ES Krim

3 comments

Triprofik.com-cara membuat es batu agar tidak lengket di freezer es krim-saya rasa untuk membuat es batu semua orang sudah pada tahu caranya akan tetapi yang bikin repot cara mengambil es batu yang menjadi lengket di freezer sehingga sulit sekali untuk di ambil karena lengket ke salah satu es batu lainnya dan juga lengket pada permukaan freezer atau kulkas, nah padahal ini persoalan sederhana  tapi masih banyak orang yang belum tahu tentang hal ini, sebelum masuk ke pokok pembahasan saya akan berbagi pengalaman tentang cara mengambil es yang beku di freezer dengan mudah, agar cara ini semakin lengkap maka simak caranya dengan teliti.

cara es batu tidak lengket


Cara membuat es batu agar tidak lengket di freezer es krim

Kebetulan di toko saya ada freezer es krim yang mana freezer ini pastinya ada ruangan kosong yang sangat luas didalamnya sehingga buat main bolapun bisa, ah becanda!

Ruangan kosong yang ada dibawah es krim dapat dijadikan pembuatan es batu tentunya untuk dijual ,selain penghasilan tambahan untuk pemilik toko itung-itung bisa mengganti uang listrik dari bisnis jualan es krim ini, lumayanlah kesempatan ini untuk dikerjakan meskipun hasilnya gak bisa buat beli mobil setidaknya sudah dapat mengganti uang listrik yang telah terpakai.

Awal mulanya saya membuat es batu  dengan bungkus plastik ukuran satu kilo buram yang harganya ada yang 2500 ada juga yang 3000 tergantung isi dan merek dari satu pak plastik tersebut, setelah diisi air maka saya bekukan di freezer es krim untuk dijual dengan harga 500 rupiah kemudian setelah beku ada konsumen yang mau membeli es tresebut dan yang menjadi kendala disini mengambil es batu yang sudah beku disertai dengan lengket pada es batu yang lain juga lengket pada permukaan freezer sehingga sayapun kewalahan untuk mengambilnya, bahkan konsumenku yang ikut membantu untuk mengambil es batu tersebut.


cara ini juga sama dengan cara mengambil daging yang menempel di freezer sama-sama susah dan hampir kehabisan akal, sedangkan untuk mematikan freezer sangatlah tidak mungkin karena ada es krim yang harus 24 jam di dinginkan kendati demikian saya mencari cara untuk membuat es batu ini mudah di ambil dari freezer atau kulkas, akhirnya jalan terahir saya mengambil cara keras yaitu dengan memukulnya secara pelan dengan batu timbangan al hasil cara ini repot dan lama karena masih sangat hati-hati agar tidak timbul kerusakan pada freezer.

Keesokan harinya saya membuat es batu yang baru dengan di dasari plastik bekas yang tipis hal ini juga tidak mudah mengambil es batu yang sudah beku malah bikin susah lagi dengan adanya sobekan plastik yang sangat erat menempelnya pada permukaan freezer.

Akhirnya saya menggunakan kardus bekas sebagai alas dari es batu yang baru saya buat namun kendalanya es batu tersebut tidak cepat beku alias aliran pendingin kulkas tidak sampai membekukan es batu dan bahkan berakibat fatal pada es krim, karena suplay pendingin sudah tidak sampai pada ruangan freezer maka es krim yang ada di dalamnya akan meleleh dan tidak dapat dijual, hal ini timbul masalah baru cuma karena es batu yang harganya tidak seberapa.

Setelah mencari cara dengan beberapa sumber di internet serta dikombinasikan dengan cara otodidak maka cara membuat es batu di freezer cepat beku dan tidak lengket di freezer caranya sangat mudah yaitu dengan memberi alas pada freezer menggunakan kertas roti, selain tipis kertas roti akan mencegah menempelnya es batu pada permukaan kulkas, al hasil setelah es batu akan di ambil tidak terlalu kesulitan dan sangat mudah untuk di ambil dan ambil kembali. cobalah cara ini yaaa
kertas roti


Untuk mendapatkan kertas roti sangatlah mudah karena dijual di beberapa warung atau toko kelontong yang sering ada di pinggir jalan, ternyata kertas roti yang saya maksud ini pernah dijadikan untuk membuat kertas layangan pada masa saya sd, jika di daerah saya disebut dengan kertas kukus, bukan yang kertas minyak yang khusus untuk kertas layangan.

Cara membuat es batu dengan plastik

Cara saya membuat es batu dengan plastik sangatlah sederhana tinggal menggunakan plastik yang ukuran satu kilo kemudian di isi air bersih atau air putih yang suci agar tetap halal menjualnya setelah itu ikat ujung plastik dengan karet gelang yang telah di putus-putuskan menjadi kecil kemudian ikat dengan sangat kuat agar tidak mudah copot karena cuaca extrem dalam kulkas dapat mengubah energi kuat sehingga plastik dapat membesar secara otomatis.

Sedangkan untuk cara melepas es batu dari cetakan sangatlah mudah, pertama rendamlah bagian bawah cetakan es batu pada suhu air yang tidak terlalu panas agar es batu yang ada dalam cetekan tidak menjadi air biasa, selama proses perendaman tunggulah beberapa menit saja dengan isting anda sendiri jika sudah dianggap es batu tersebut lepas pada cetekan.

Kemudian tuang es batu pada wadah yang telah disediakan maka dengan mudah es batu lepas sendirinya untuk tambahan saran jangan penuhi cetekan es batu dengan air yang berlebihan agar tidak menyatu dengan es batu lainya.
 
Demikianlah cara membuat es batu agar tidak lengket di freezer es krim semoga bermanfaat bagi semua kalangan yang berkecipung di dunia es batuan, apabila ada saran baru atau ilmu baru silahkan beritahu kami dengan berkomentar dibawah ini maka kami akan melakukan ulah TKP terbarunya.




 


Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

3 comments

  1. Another component of certain freezers is the capacity to change temperature consequently and rapidly each time the entryway is opened. This can compensate for the absence of inward compartments and give you greater adaptability away association. Fridge Repair Vancouver

    ReplyDelete
  2. Kebetulan ini saya baru cari artikel cara melepas es batu dari cetakan di kulkas yg lengket agar mudah melepaskan. Makasih ilmunya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
close