-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang Diatas Materai Doc

Post a Comment
Triprofik.com-Contoh surat perjanjian hutang piutang diatas materai doc- Hutang memang paling ampuh dalam memutus silaturahmi, hutang memang paling ampuh menghapus persaudaraan, hutang memang paling ampuh membuat orang bertengkar, serta hutang paling ampuh memasukkan ke neraka, ingat bagi para penghutang atau orang yang mempunyai hutang, kelak engkau akan ditagih diakhirat jika engkau dengan sengaja tidak melunasi hutangnya, dan tidak akan masuk surga bagi orang yang masih mempunyai hutang di dunia.

Dalam islam dijelaskan, jangan berhutang kecuali dalam keadaan yang sangat terpaksa, sudah banyak hadist yang menjelaskan tentang hutang, diataranya:

Tidak akan di ampuni dosanya ( dosa hutang )bagi orang yang mempunyai hutang meskipun dalam keadaan mati sahid, 

Di suatu riwayat lain Rasulullah menolak mensholati jenazah yang masih mempunyai hutang sedangkan ia tidak mempunyai warisan sedikitpun untuk membayar hutangnya.

Itulah keterangan yang hanya sedikit kami sampaikan, untuk lebih jelasnya masih banyak keretangan lain dalam kitab-kibab ulama islam.

Orang yang berhutang kadang lebih galak daripada orang yang memberi pinjaman, benar gak? berbeda dengan waktu saat meminjamnya, pasti mereka merengek memelas pucat pasi, seakan-akan mengalami kesulitan yang sangat berat, sehingga kita akan terbawa suasana untuk meminjamkannya.

Oleh karena itu jangan sekali memberi pinjaman kepada siapapun, jika uang anda ingin kembali, sudah hampir dipastikan 90% orang yang berhutang tidak akan membayar kembali hutangnya, mereka akan menghilang, enyah entah kemana, bahkan pura-pura lupa" kayak lagunya Mahendra saja, jika bertemu pasti berpaling muka, seperti lagunya exit.

Itulah kelakuan orang yang mempunyai hutang, jangan kau terayu bujuk manisnya di awal.

Contoh surat perjanjian hutang piutang diatas materai tanpa jaminan

Sejatinya jika memang anda ingin memberi pinjaman sebaiknya dengan pernjajian yang bersungguh-sungguh, hal ini untuk mengurangi potensi menghilangnya orang yang berhutang, meskipun orang tersebut dekat dengan anda, baik saudara atau teman, karena memang sulit jika sudah berurusan dengan duniawi, banyak orang lupa disebabkan urusan dunia, tanpa mereka sadari hutang sangat cepat untuk memutus kehidupan kita diakhirat nanti.

Dan kali ini kami akan membahas dengan membagikan surat-surat perjanjian dalam hutang piutang, agar aman dan terlasana dengan baik.

Surat penyataan ini dapat di download contoh surat pernyataan hutang dengan sangat utuh, anda hanya mengubah beberapa kata seperti nama dan data penting lainnya, setelah itu buat surat perjanjanjian tersebut ditandatangani menggunakan materai 6000.

Fungsi dari adanya materai tersebut maka surat perjanjian yang telah anda buat bersama akan ada dinilai dimata hukum nantinya, meskipun yang tidak bermaterai masih bisa diakui dalam hukum namun masih meliputi proses yang cukup lama, berbeda dengan yang bermaterai, proses hukum akan berlanjut jika surat tersebut diajukan pada pengadilan.

Contoh surat perjanjian hutang piutang beserta pasal pasal

Perhatikan dalam membuat surat pernyataan dalam hutang piutang, anda harus mencantumkan beberapa pasal berikut agar proses pengembalian lebih mudah sesuai perjanjian.

1. Perjanjian dalam langkah apa hutang tersebut digunakan, apakah dalam pembiyaan kerjasama pekerjaan, atau bisnis, harus menyertakan nominal berapa uang yang dipinjamkan.

2.Tentukan jangka waktu pengembalian hutang yang telah disepakati oleh kedua belah pihak, dengan jelas dari tahun bulan dan tanggal, bahkan jika perlu hari apa hutang tersebut akan dilunasi.

3.Jaminan yang harus ditentukan guna untuk menjaga dikemudian hari yang berhutang tidak dapat membayar hutangnya, jaminan berupa barang yang senilai dengan hutang, baik berupa motor surat-surat tanah atau harta lainnya.

4.Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dikemudian hari maka harus diselesaikan secara tahap apa saja.

Itulah beberapa pasal penting dalam hutang piuatang begitu juga dengan surat perjanjian pelunasan hutang bagi anda yang sudah membayar hutang harus membuat surat pelunasan hutang, agar dikemudian haris si piutang tidak menagih hutangnya meskipun sudah dibayar, maka lengkapi pembayaran hutang dengan surat pelunasan.

Contoh surat perjanjian hutang piutang di notaris

Untuk lebih amannya anda harus menyediakan saksi, baik yang berhutang atau yang memberi pinjaman ( piutang )  biasanya untuk masalah dokumen dan pertandatanganan banyak orang menggunakan jasa notaris untuk membuat surat-surat penting, yang mana notaris sudah mendapatkan lisensi dari pemerintah yang dibekali dengan badan hukum serta ilmu dan pendidikan yang telah mereka ketahui.

Apalagi hutang yang akan dipinjamkan bernilai sangat besar, harus aman dan terpercaya.

Setelah itu anda akan mendapatkan surat atau contoh kwitansi perjanjian hutang piutang surat tersebut harus disimpan baik-baik dan di jaga kerahasiannya, atau jangan sampai hilang, kedua belah pihak akan mendapatkan surat yang sama hanya saja beda dalam kondisinya saja.

Seperti yang telah kami sampaikan di awal surat perjanjian hutang piutang yang sah dimata hukum adalah menggunakan materai 6000, maka surat ini sudah bisa dijadikan bukti valid dan sah jika terjadi sesuatu dikemudian hari, seperti orang yang berhutang mulai ngeyel dengan tidak mau membayar hutangnya, atau mulai pura-pura lupa dan berpaling saat bertemu, masih beruntung jika si tukang hutang tersebut tidak kabur keluar daerah, jika anda sudah menemukan tanda-tanda tersebut segera urus dan akhiri dipengadilan.

Masih banyak yang belum mengetahui letak materai pada surat perjanjian hutang piutang karena dari jarangnya orang yang membuat surat demikian, sedangkan untuk letak materai sendiri tepat berada di bawah dan dipojok kanan, kemudian tanda tangan di atas materai tersebut, anda dapat melihat contohnya di gambar.

Itulah pembahasan tentang contoh surat perjanjian hutang piutang diatas materai doc semoga dapat memberi wawasan yang bermanfaat bagi kita semua terutama yang sedang meliputi dunia perhutangan.

Kami menulis ini karena admin sudah mengalami beberapa kali kecolongan orang yang berhutang tapi tidak bayar, bahkan hilang dan lenyap begitu saja bagaikan di telan bumi, yahh tapi biarlah mereka akan menanggung sendiri akibatnya, dan sampai kapanpun mereka tidak akan pernah merasakan kaya.






Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
close