-->

Ad Unit (Iklan) BIG

5 Amalan Di Bulan Ramadhan Yang Perlu Kalian Ketahui

1 komentar
Konten [Tampil]
Triprofik.com-amalan utama di bulan ramadhanbulan Ramadan merupakan bulan yang istimewa bagi setiap umat muslim. Bulan ini merupakan Umat muslim memperingati bulan istimewa tersebut hanya selama setahun sekali.

  Meski singkat, amalan yang akan didapat bila dilakukan di bulan mulia ini sangatlah istimewa. Umat muslim seringkali berlomba-lomba untuk meningkatkan amalan ibadah mereka pada bulan nan istimewa ini.

  Oleh sebab itu bagi Anda umat muslim jangan sampai melewatkan momen di bulan yang mulia ini, bulan yang penuh dengan ampunan dan kesempatan terbaik untuk bertaubat. Hindari godaan-godaan setan yang sekiranya dapat membatalkan niat ibadah Anda.

  Berikut ini adalah 5 amalan pada bulan Ramadan yang dapat dilakukan selain puasa yang dapat menambah pahala.

amalan di bulan ramadhan

amalan wajib di bulan ramadhan

1. Tadarus dan Mengkhatamkan Al-Qur'an


  Amalan bulan Ramadan yang dapat dilakukan selain puasa adalah dengan membaca dan mengkhatamkan Alquran. Momen Ramadhan merupakan salah satu momen yang tepat untuk dijadikan rutinitas serta melebihkan dalam membaca Alquran. Khususnya bagi Anda yang jarang membaca Alquran di bulan lainnya.

  Membaca Al-Quran memiliki banyak sekali kebaikan, terlebih Allah SWT akan melipatgandakan pahala pada setiap amalan yang dilakukan oleh umat Islam di bulan suci Ramadan ini.

  Selain itu, usahakan juga untuk bisa khatam. Tidak hanya mengejar khatam Al-Quran, tapi perlu juga diperhatikan untuk membacanya dengan baik dan benar.

amalan di bulan ramadhan sesuai sunnah

2. Memperbanyak bersedekah


  Salah satu amalan di bulan Ramadan yang dapat dilakukan selain puasa adalah dengan cara memperbanyak sedekah. Rasulullah SAW merupakan orang yang paling dermawan di antara manusia lainnya. Beliau semakin dermawan saat berada di bulan Ramadan (HR. Al-Bukhari No. 4711 dan Muslim No. 2307).

  Oleh sebab itu, sudah semestinya sebagai umat Muslim untuk mencontoh beliau di bulan yang penuh barakah ini. Caranya dengan perbanyak sedekah, baik untuk kepentingan fi sabilillah maupun kaum dhuafa dan fakir miskin.

  Nah, salah satu bentuk sedekah yang dianjurkan selama Ramadan ini adalah dengan memberikan ifthar (hidangan berbuka puasa) kepada orang-orang yang berpuasa.

amalan di bulan ramadhan dilipatgandakan

3. Melakukan Salat Tarawih


  Ibadah sunah yang satu ini merupakan ibadah yang sangat khas yang hanya ada pada bulan Ramadan. Ibadah ini juga merupakan salah satu amalan di bulan Ramadan yang dilakukan selain puasa yang pahalanya tidak kalah berlipat-lipat besarnya. Maka dari itu, hendaknya sebagai umat muslim melakukan salat sunah tarawih sebagai bekal memperoleh pahala dan memperoleh ridha Allah SWT.

4. Mendekatkan diri atau Iktikaf


  Salah satu amalan di bulan Ramadan yang dapat dilakukan selain puasa yang selanjutnya adalah Iktikaf atau mendekatkan diri kepada Allah SWT. Iktikaf atau mendekatkan diri kepada Allah SWT ini biasa dilakukan di masjid pada saat bulan Ramadan.

  Pada sebuah hadis disebutkan bahwa, dari Ibnu Umar RA (diriwayatkan bahwa) Ia berkata: Rasulullah SAW selalu beriktikaf pada sepuluh hari yang penghabisan di bulan Ramadhan. (HR. Al-Bukhari No. 2025 dan Muslim No. 2838).

  Menurut para ulama, hukum Iktikaf ini adalah sunnah, tidak wajib. Kecuali jika Anda telah bernazar untuk beriktikaf karena sesuatu hal.

  Waktu untuk beritikaf adalah di akhir bulan Ramadan atau 10 hari terakhir, sebagaimana hadits yang disampaikan Aisyah ra, Nabi shallallahu alaihi wa sallam beritikaf pada sepuluh hari yang akhir dari Ramadan hingga wafatnya kemudian istri-istri Beliau pun beriktikaf setelah kepergian beliau. (HR. Al-Bukhari No. 2016 dan Muslim No. 1172).

5. Melakukan Zikir


  Amalan bulan Ramadan yang dapat dilakukan selain puasa yang terakhir adalah zikir. Keistimewaan zikir sesungguhnya pada malam dan siang Ramadan merupakan waktu-waktu yang mulia dan utama.

  Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan waktu tersebut untuk melakukan zikir dan berdoa. Khususnya pada waktu-waktu yang istijabah, di antaranya saat berpusa hingga berbuka, saat malam terutama pada sepertiga malam terakhir, dan saat sahur.


Related Posts

1 komentar

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter