-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Tips bersepeda agar nafas kuat dan tidak mudah lelah

Post a Comment
ilmupedia.Netcara mengatur nafas saat bersepeda agar tetap kuat- Sebagaimana yang telah aku lakukan secara perlahan maka hasilnya semakin lama semakin baik, mengambil pelajaran dari hal tersebut maka boleh juga nih ikut menyimak ulasan yang aku bagikan ini.

Awal bersepeda sangat melelahkan sekali, bahkan tidak sampai sejauh satu kilometer saja aku sudah balik lagi dan langsung berbaring, minum air gak ada habisnya, jadi waktu awal bersepeda aku tidak kuat sama sekali, baik dari segi nafas, tubuh dan kaki untuk mengayuh pedal sepeda.

Namun beberapa hari kemudian serasa mulai bersemangat untuk bersepeda lagi dan mulai melakukan praktek cara agar tidak mudah lelah dalam bersepeda sehingga aku bisa mencapai target di tempat tujuan, dan berikut ini cara yang aku lakukan, yang di ambil dari berbagai sumber dan juga pelajaran dari diri sendiri.

Tips bersepeda agar nafas kuat dan tidak cepat lelah

Tips bersepeda agar nafas kuat dan tahan lama


1.Persiapan Sebelum Berangkat

Persiapan dalam hal apapun sangat diperlukan tak luput juga dengan bersepeda, yang mana kamu akan menempuh perjalanan dengan modal kekuatan tubuh dan mentalmu, oleh sebab itu sediakan beberapa persediaan seperti minuman air putih, biasanya goweser akan menyiapkan botol air hingga tiga botol dalam sepedanya, minuman yang baik menurutku hanyalah air putih, jika kamu punya tempat disepedamu maka sediakan 2 botol air putih kemudian satu botol susu vitamin atau minuman ion lainnya seperti Isoplus dan yang lainnya.

Biasanya para Goweser juga membawa satu sampai dua batang coklat dan pisang, namun jika itu tidak memungkinkan cukup kamu bawa uang saja sebagai persediaan jika kamu berhenti di tengah perjalanan bisa mencari tempat warung makan yang ada dengan buah pisang dan coklat batangan, hal ini cukup membatu menahan laparnya perut dan lelahnya perjalanan.

2. Badan dalam Kondisi Prima

Yang paling utama di perhatikan adalah kesehatan tubuhmu, jika kamu merasa tidak enak pada tubuhmu maka sebaiknya tidak ikutan gowes, ditakutkan dalam perjalanan kamu mengalami jatuh atau pusing sehingga merepotkan pada temen temenmu, iya jika kamu bersama teman yang memang solid namun yang paling di takutkan disaat kamu sendirian, maka boleh jadi tubuhmu tidak kuat menahan lelah.

3.Lakukan Ayuhan dengan Tetap 

Bagi seorang yang cepat lelah dalam mengayuh sepeda sebaiknya ikuti cari ini, yaitu cara agar kaki tidak pegal saat bersepeda maka yang perlu kamu lakukan hanya konsisten dalam mengayuh sepeda, jangan terlalu cepat dan jangan terlalu pelan, agar sepeda di terbantu oleh dorongan sepeda yang mulai melaju dengan sendirinya, maka lakukan ayuhan pedal sepeda secara tetap agar fisik dan kekuatan kakimu tetap dalam keadaan kuat dan tidak mudah lelah.

Jangan melakukan ayuhan pelan lalu cepat begitu juga sebaliknya, kondisi yang seperti itu hanya menguras energi tubuhmu dalam bersepeda sehingga kamu cepat merasakan lelah.

Ayuhan pedal sepeda yang tetap dapat menghemat energi kakimu, memang dalam ayuhan yang pertama memerlukan ayuhan yang cukup kuat namun seiring sepeda melaju maka ayuhan pedal sepeda akan semakin ringan, sebab sudah terbantu dengan bergeraknya sepeda itu sendiri.

4.Atur Gigi sepeda sesuai medan jalan

Hal ini sangat penting sekali dalam menopang kekuatan fisikmu dalam bersepeda, sebab sekuat apapun kakimu akan cepat terasa lelah jika gigi sepedamu tidak sesuai medan yang kamu lalui, dan berikut ini cara mengantur gigi sepeda agar tetap bertahan lama.

atur gir sepeda

cara meringankan kayuhan sepeda



  • Jika jalanan datar maka gunakan gigi depan ke nomor 1 atau gir paling atas dan gir belakang tempatkan pada gir yang paling kecil atau gir nomor 6 dari urutan terkecil, hal ini membatu mempercepat laju sepeda meskipun kamu tidak terlalu cepat dalam mengayuh pedalnya dengan satu kali ayuhan sepedamu akan melaju lebih cepat dari biasanya.
  • Jika kamu melewati medan yang cukup menanjak maka ubah posisi gir depan ke nomor dua dan posisi gir belakang tempatkan pada gir nomor tiga dari atas, dengan begitu pedal sepeda tidak akan terlalu berat hanya saja laju sepeda cukup pelan, namun jika hal ini masih terasa berat maka tempatkan gir depan ke nomor tiga atau gir paling kecil sedangkan gir paling belakang tempatkan pada posisi nomor satu atau paling besar.

5. Atur posisi badan

Mengatur posisi badan sangat membantu dalam gowes jarak jauh, hal ini sering sekali dilupakan oleh temen temen goweser yang mana badan sangat berperan penting dalam membantu ringannya ayuhan pedal sepeda.

Yaitu condongkan badan ke depan maka berat pada sepeda akan berkumpul kedepan sehingga secara tidak langsung sepeda terdorong dengan beban tubuhmu di saat kaki mulai lelah, apalagi badan yang tidak berubah dalam bersepeda dapat menimbulkan kram atau rasa stagnan pada persendian, seperti siku tangan dan kaki, begitu juga dengan pantat yang mulai terasa panas.

6.Atur Posisi Kaki

Selain mengatur posisi badan yang tepat kamu juga dapat mengatur posisi pedal di kakimu, hal ini juga dapat membantu meringankan kayuhan sepedamu, cara yang benar dalam mengayuh sepeda gunakan ujung kaki dengan seperti menjinjit, jangan gunakan tengah telapak kaki apalagi tumit.

7.Atur Pernafasan

Nafas memang peranan penting dalam olahraga apapun sebab dengan nafas yang teratur kita dapat mengontrol bagian tubuh yang lainnya, untuk pertama mengayuh sepeda gunakan dalam pernafasan sedang, anggap santai aja, begitu seterusnya, jika sudah dirasa sangat lelah sekali tidak kuat maka berhentilah jangan memaksakan diri, bahkan disaat nafas mulai ngos-ngosan/ngap ngap pan bicarapun tidak bisa, oleh sebab itu istirahat dulu untuk mengembalikan nafas seperti semula.

8.Jangan Istirahat telalu lama 

Istirahat memang penting bagi goweser atau sepeda MTB, namun disaat istirahat ambillah waktu hanya sekedar mengembalikan tubuh tidak terlalu capek, sebab istirahat dengan waktu lama maka kamu akan sangat berat untuk memulai karena sudah terlalu nyaman dengan istarahat yang kamu nikmati, sebelum istirahat tersebut membuat kamu males  maka segerakanlah kamu memulai kembali apalagi finis dan jarak masih jauh, kecuali kamu sudah memang waktunya istirahat sesudah bersepeda.

9.Minumlah jangan sampai dihidrasi

Bersepeda banyak mengeluarkan cairan dalam tubuh, dengan begitu tubuh akan lebih cepat terasa lelah dan tenggorokan mulai kekeringan, minumlah satu jam sekali atau lebih sering disaat medan jalan mulai menanjak atau tubuh memang membutuhkan cairan tambahan, kamu dapat minum meskipun berada di atas sepeda namun usahakan tetap stabil dan laju santai.

10.Usahakan bersepeda bersama teman atau kerabat

Semakin banyak teman dalam bersepeda kamu akan terasa lebih tenang dan enjoy, asalkan teman dalam seperjuangan sama sama mengerti dalam bersepeda yang tidak mengutamakan siapa yang paling hebat, karena bersepeda bukan ajang balapan hanya sekedar mengubah dan menambah gairah hidup dan suhu tubuh akan semakin bertambah.

11. Sambil mendengarkan Musik

Biasanya para goweser sudah dilengkapi dengan musik mp3 atau menggunaka ponsel yang di bawa dan ditempatkan pada lengan, bersepeda sambil mendengarkan musik akan menambah semangat dalam mengayuh sepeda dan hal ini akan tidak terasa lama dan lelah, namun tetap hati hati jika bersepeda dijalan sambil mendengarkan musik, usahakan masih mendengar suara orang lain dan bunyi mesin mobil di sekitar untuk antisipasi terjadinya hal yang tidak di inginkan.

12. Bawa barang yang di anggap penting

Bersepeda memerlukan tenaga tubuh untuk menggerakan sepeda agar melaju dengan tenang santai dan tepat, maka jangan membawa barang terlalu banyak, cukup membawa barang yang memang di anggap penting dalam bersepeda, seperti botol air minum, uang dan hp, agar muatan tidak terlalu berat sehingga topangan disepedamu masih normal.

Ya itulah cara bersepeda agar nafas tetap kuat dan tidak mudah lelah, cara ini memang aku lakukan disaat aku bersepeda, dan aku hanya pemula yang ingin berbagi tips bersepeda agar nyaman dan aman.







Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
close