Ada Tiga Jenis Mimpi Menurut Rasulullah Yang Harus Anda Ketahui

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Ada Tiga Jenis Mimpi Menurut Rasulullah Yang Harus Anda Ketahui

,
Triprofik.com-Mimpi menurut islam merupakan suatu hal yang sudah terbiasa terjadi pada diri seseorang, oleh sebab itu, adanya mimpi adalah sebagai dalil yang menandakan bahwa alam goib itu benar-benar ada, sebagian ulamak menyatakan adanya mimpi yaitu sebagai dalil akal atau secara akal sebagai bukti bahwa alam goib itu memang benar adanya, sebab dengan adanya mimpi anda bisa merasakan disaat mimpi itu terjadi, contoh kecil disaat anda bermimpi maka anda akan merasakan apa yang terjadi dalam mimpi tersebut, dan begitu juga ada efek yang menyertainya disaat anda sudah bangun dari tidur.

Tiga Jenis Mimpi Menurut Rasulullah-Dalam mimpipun anda dapat merasakan sesuatu yang nikmat, seperti menaiki pesawat, bergembira, dan begitu juga sebaliknya, mimpi yang buruk, namun anda tidak akan bisa mendapatkannya di dunia nyata, itulah bukti secara akal bahwa alam goib itu memang ada.

tiga jenis mimpi menurut rasulullah

Mimpi Ada Tiga Jenis 

Mimpi Dibagi tiga menurut Nabi yang diriwayatkan oleh Auf bin Malik dari Rasulullah SAW,  dan hadist ini shohih, diriwayatkan ibnu Majid dan Ibnu Abi Syaibah, mimpi itu mempunyai tiga jenis atau tiga kreteria.

1.Mimpi Buruk Dan Menakutkan juga menyedihkan yang kita tidak suka, pastikan mimpi yang seperti ini dari Syaiton.

2.Mimpi Yang menggelisahkan seseorang karena mimpi ini terus saja terbawa walaupun dia sudah bangun, seperti anda merindukan seseorang, atau meng idamkan menikah dengan seseorang, lalu terbawa mimpi, maka mimpi yang seperti ini ditimbulkan oleh gejolak hati atau pikiran yang terlalu mengebu-gebu atau ambisi dalam suatu hal dan cita cita yang di inginkan.

3.Mimpi yang merupakan petunjuk dan mimpi yang seperti ini adalah merupakan cabang dari mukjizat kenabian atau juga di kenal dengan nama Ruqyah Shodiqoh, petunjuk yang benar.

Juga dalam hadist yang lain diriwayatkan, hadist yang shohih riwayat Bukhori, Abu Hurairoh meriwayatkan bahwa nabi bersabda, Mimpi itu ada tiga macam.

1.Bisikan Hati, jika kita cocokan pada hadist diatas, ada kesamaan dengan poin mimpi yang nomor dua, artinya mimpi ini merupakan bisikan hati dari dirinya sendiri yang terlalu menjadi beban fikiran atau selalu ada dalam benaknya, gejolak tinggi tersebut sehingga menjadi mimpi pada dirinya, misalnya anda sedang ingin menikah dengan seseorang yang di sukainya, maka dengan pikiran yang fokus anda akan terbawa mimpi dalam tidurnya. itulah mimpi yang terlintas dari bisikan hati seseorang yang cenderung pada sesuatu yang diinginkannya.

2. Yang kedua ini adalah mimpi yang ditakut takuti oleh Syaiton yaitu sama halnya dengan mimpi buruk yang sudah di jelaskan pada hadist yang pertama.

3.Kabar Gembira Dari Allah, mimpi ini mirip dengan poin ketiga yaitu yang dikenal dengan cabang Mukjizat dari kenabian atau yang disebut juga dengan Ruqyah Shodiqoh.

mimpi buruk yang tidak boleh diceritakan

Berikut ini cara menyikapi dari ketiga jenis mimpi tersebut 


1.Jika anda mengalami mimpi buruk, yang sudah di ceritakan pada hadist di poin yang pertama, maka jangan ceritakan mimpi tersebut pada siapapun, baik itu dengan orang yang terdekat dengan anda meskipun pasangan anda sendiri.

Kesimpulannya, jika anda mengalami mimpi buruk yang menyedihkan, menyusahkan anda , maka lebih baik anda tutup mulut saja, tidak menceritakannya pada siapapun, dan tidak meng artikan mimpi yang buruk tersebut, apalagi mentakwilkannya.

Sebagaimana Riwayat Jabir ra, dalam hadist yang shohih Hadist ini diriwatkan oleh imam muslim, Bahwa seorang laki-laki pernah datang kepada baginda nabi SAW, kemudian orang ini berkata" Ya Rasulullah, aku mimpi melihat kepalaku di penggal lalu kemudian kepalaku itu menggelinding dengan cepat dan aku berusaha mengejarnya untuk memegangnya, apa yang dimaksud dengan itu ya Rasulullah ?

Lalu nabi SAW" tertawa dan ,mengatakan" Apabila Syaiton mempermainkanmu dalam mimpimu maka janganlah engkau menceritakannya.

Dan kata Jabir ra, setelah itu, saya pernah mendengar nabi saw sampaikan di atas mimbar " Bila seseorang diantara kalian di permainkan oleh Sayiton dalam mimpinya maka janganlah dia menceritakan.

Hal itu sesuai dengan hadist nabi SAW" apabila kalian bermimpi buruk hendaklah meludah kesebelah kiri tiga kali dan memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatan Syaiton dan dampak buruk mimpi tersebut, kemudian jangan ceritakan kepada orang lain mimpi itu atau jangan ceritakan mimpi tersebut kepada siapapun, maka dampak buruk mimpi tersebut tidak akan menggangunya atau mimpi buruk tersebut tidak akan memberi dampak buruk kepadanya.

Untuk menyikapi mimpi yang merupakan dari bisikan hati, yaitu mimpi poin yang kedua, yang cenderung suka sama seseorang cara menyikapinya sama dengan poin mimpi buruk dari Syaiton dan tidak menceritakannya pada siapapun dan membaca isti' adzah dan meludah tiga kali kesebelah kiri.

Dan untuk menyikapi mimpi yang ketiga, yaitu mimpi baik dengan sebutan Ruqyah Shodiqoh, dengan katagori mimpi yang mengembirakan dan tidak ada kemaksiatan dalam mimpi tersebut, maka boleh menceritakannya bahkan memang harus di ceritakan, seperti mimpi sholat berjema'ah, mimpi berangkat haji, atau mimpi berjihad dijalan Allah.

itulah tiga jenis mimpi yang wajib anda ketahui sebagai ilmu untk mengetahui tentang adanya mimpi dan alam goib.










Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler