Makanan dan Minuman yang Perlu di Perhatikan Ibu Hamil Di Masa Kehamilan

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Makanan dan Minuman yang Perlu di Perhatikan Ibu Hamil Di Masa Kehamilan

,
Larangan Untuk Ibu Hamil

Di masa kehamilan,banyak larangan-larangan atau pantangan untuk ibu yang sedang hamil yang harus benar-benar di perhatikan,tak luput juga dari Makanan dan Minuman juga Perlu di Perhatikan oleh Ibu Hamil Di Masa Kehamilan. Sebab apabila larangan tersebut dilakukan oleh si bunda,baik itu sengaja ataupun tidak disengaja,hal tersebut akan berdampak buruk bagi si calon ibu bahkan bisa berdampak buruk kepada tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Masa kehamilan memang masa-masa yang sangat membahagiakan dan di harap-harapkan bagi setiap pasangan,maka dari itu calon ayah dan ibu dituntut lebih memperhatikan kondisi si calon ibu di semua aktivitasnya beserta aktivitas kandungannya,meliputi memantau kesehatan janin,menyeleksi asupan yang akan dimakan oleh si calon ibu,amankah makanan tersebut untuk janin ? karena memang tidak semua makanan dan minuman itu baik bagi si calon ibu dan atau cabang bayi di dalam kandungan.


Mungkin anda bertanya-tanya khususnya calon ibu baru ;
Minuman apa saja yang baik untuk ibu hamil?
Apa pantangan saat hamil ?
nah,berikut saya akan rangkum Larangan Untuk Ibu Hamil Di Masa Kehamilan.

Larangan-larangan untuk ibu hamil meliputi hal berikut


Makanan dan Minuman yang tidak boleh di konsumsi ibu hamil

Larangan Untuk Ibu Hamil Di Masa Kehamilan
foto by : dokter sehat

1. Alkohol dan Minuman yang mengandung Kafein

Alkohol sangat berbahaya bagi kesehatan semua orang apabila diminum,tak luput juga berbahaya apabila dikonsumsi oleh ibu-ibu yang sedang hamil. Alkohol bisa menyebabkan bayi terlahir dengan kondisi fetal alcohol syndrome (FAS). Bayi yang mengalami FAS dapat memiliki berat badan yang rendah dan masih banyak masalah kesehatan lainnya, seperti gangguan otak, hambatan tumbuh kembang, dan cacat bawaan lahir.Na'udzubillah.

Selain alkohol minuman berkafein juga bahaya di konsumsi ibu hamil loh, Mengkonsumsi kafein berlebihan dikhawatirkan dapat menyebabkan keguguran dan meningkatnya tekanan darah juga debar jantung, baik pada ibu hamil maupun pada janinnya.

Meskipun belum terbukti dan terjadi di dunia nyata ada keguguran sebab banyak mengkonsumsi kafein,ada bagusnya bumil tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein lebih dari satu gelas sehari,atau kalau mungkin mending di tahan dulu untuk tidak mengkonsumsi minuman berkafein "kopi dan teh" lebih sedikit mengkonsumsi minuman berkafein semakin bagus bagi bumil dan janinnya.

2. Teh Herbah

Meskipun Teh Herbal bebas kafein bukan berarti bagus untuk bumil. memang banyak stigma masyarakat yang beranggapan bahwa yang bagus di konsumsi sebelum hamil itu juga bagus di konsumsi pada masa kehamilan,tapi nyatanya tidak,sebut saja teh herbal disini.

Mengkonsumsi teh herbal saat hamil diyakini dapat mencegah komplikasi kehamilan, seperti kelahiran prematur, perdarahan saat melahirkan, dan preeklamsia. Namun, berbagai klaim tersebut masih bisa dibenarkan sepenuhnya dan masih butuh penelitian lebih lanjut.

Menurut laman Healthline, ada beberapa jenis teh herbal yang aman dikonsumsi ibu hamil,yaitu red raspberry leaf tea, peppermint leaf tea, lemon balm tea.
Sementara teh yang kurang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah chamomile tea, nettle leaf tea, dandelion leaf tea, pennyroyal tea, licorice root tea, laxative herbal tea, slippery elm bark tea.

Untuk lebih amannya disarankan untuk bumil jangan menkonsumsi teh herbal dulu untuk mengantisipasi hal terburuk yang akan terjadi apabila mengkonsumsi teh herbal.

3. Susu yang tidak dipasteurisasi

Susu merupakan minuman yang sangat tepat untuk bumil dan tumbuh kembang janin, serta Susu sangat bagus guna mencukupi kalsium yang dibutuhkan janin,kendati demikian tidaklah sembarang susu itu bagus bagi bumil dan janin,sebut saja susu yang tidak dipesteurisasi.

Pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, protozoa, kapang, dan khamir dan suatu proses untuk memperlambatkan pertumbuhan mikroba pada makanan. (Wikipedia)  Mengonsumsi susu mentah atau yang tidak dipasteurisasi akan meningkatkan risiko terinfeksi kuman berbahaya.
Salah satu kuman yang bisa terkandung dalam susu yang tidak dipasteurisasi adalah Listeria. Kuman ini dapat menyebabkan kelahiran prematur bahkan keguguran pada janin.

4. Makanan mentah

hayoo bagi ibu-ibu yang gemar dan suka sekali memakan makanan mentah baik itu daging,ikan,telur,ditahan dulu ya apabila masih dalam masa kehamilan.Untuk buah-buahan dicuci dengan baik dan benar ya bumil.

Makanan yang dimasak setengah matang atau di konsumsi mentah dapat membuat tubuh keracunan bakteri yang terkandung di dalamnya.

Dilansir Baby Center, sistem kekebalan tubuh Anda selama hamil mengalami perubahan dan cenderung menurun. Oleh karenanya tubuh bumil sangat rentan terinfeksi bakteri atau kuman jahat.

Salah satu kuman yang terkandung di dalam daging mentah adalah Salmonella, Listeria, dan parasit Toxoplasma. Jika terpapar kuman-kuman tersebut, maka Bumil berisiko mengalami infeksi, salah satunya adalah toksoplasmosis. Bakteri tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur bahkan membuat kandungan keguguran.

5. Makanan pedas

Hampir semua orang berikut wanita sangat mengidolakan makanan pedas disini,terbukti dari banyaknya kedai makanan atau jajanan pedas di jalanan.ada bakso mercon,mie sakera pedes norkop,mie cobeh,mie petir,semua jajanan tersebut menggunakan konsep super pedas (kok jadi menjelaskan kuliner), oke saya lanjutkan,semua makanan pedas tersebut tidak baik bagi bumil. Makanan pedas berpotensi menimbulkan heartburn pada bumil, heatburn merupakan sensasi perih dan menyakitkan pada perut, dada, atau tenggorokan.

Meski tidak berdampak langsung pada kesehatan janin, efek makanan pedas tersebut akan membuat Bumil tidak nyaman dan bisa memicu mual dan muntah pula.

Sekian Artikel info tentang "Makanan dan Minuman yang Perlu di Perhatikan Ibu Hamil Di Masa Kehamilan" saya susun agar memberi manfaat kepada khalayak umum dan sharing pengalaman. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita semua.

NOTE : Jika artikel ini memang berguna untuk Sobat,Mohon agar artikel ini di share kepada yang lain,agar Sobat kita yang lain juga mendapatkan manfaatnya,TERIMAKASIH !

Penulis : Ishare 
Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler