-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Ini dia Doa nabi Musa dalam membelah lautan

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com- inilah kumpulan doa nabi Musa dalam menghadapi segala kesulitannya-Ada berbagai macam doa yang dipanjatkan Nabi Musa kepada Allah SWT. Mulai dari membelah lautan ketika hingga meluluhkan hati Firaun.

Nabi Musa merupakan salah satu utusan Allah untuk menolong Bani Israel ketika susah. Ia memiliki kitab Taurat untuk membawa umatnya ke jalan kebenaran.



Berikut rangkuman doa-doa Nabi Musa 


1. Membelah Lautan


Ketika dikejar para pasukan Firaun, Nabi Musa dan pengikutnya terhadang laut merah. lalu nabi Musa  pun memukul tongkatnya ke tanah dan membaca doa membelah lautan.

Latin: Allahumma laka al-hamdu, wa ilayka al-musytaka, wa anta al-musta'in, wa la hawla wa la quwwata illa billah al-'aliyy al-azhim

Artinya: Ya Allah, segala puji hanya bagi-Mu, hanya kepada-Mu lah kami mengadu, dan hanya kepada-Mu lah kami memohon pertolongan. Tiada daya (untuk menghindari maksiat) dan tiada kekuatan (untuk taat), kecuali dengan pertolongan Allah Yang Mahatinggi lagi Maha Agung.

2. Ketika Dizalimi


Nabi musa juga memohon pertolongan kepada Allah SWT ketika dizalimi. Kala itu, Nabi Musa tengah menjadi incaran untuk dibunuh sehingga ia keluar dari kotanya.

Doa Nabi Musa ketika dizalimi tertuang dalam Surat Qasas ayat 21 yang berbunyi:


Arab: فَخَرَجَ مِنْهَا خَاۤىِٕفًا يَّتَرَقَّبُ ۖقَالَ رَبِّ نَجِّنِيْ مِنَ الْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ


Latin: fa kharaja min-hā khā`ifay yataraqqabu qāla rabbi najjinī minal-qaumiẓ-ẓālimīn


Artinya: Maka keluarlah dia (Musa) dari kota itu dengan rasa takut, waspada (kalau ada yang menyusul atau menangkapnya), dia berdoa, 'Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim itu.'


3. Meluluhkan Hati Firaun



Doa Nabi Musa meluluhkan hati firaun dituang dalam Quran Surat Thoha ayat 25-28. Ketika itu, Allah SWT meminta agar Nabi Musa menghampiri Firaun karena telah melampaui batas.


Arab: قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي


Artinya: Musa berkata, 'Robbisrohlii sodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii' (Ya Rabbku, lapangkan lah untukku dadaku, dan mudahkan lah untukku urusanku, dan lepaskan lah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku).


Nah, itulah doa Nabi Musa yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, biasanya ini sangat penting bagi anak usia sekolah untuk materi pelajaran meraka, sebab akal yang masih bersih akan cepat dalam menghafalkan sesuatu.
Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter