-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Baluran National Park kecantikan alam layaknya di Afrika

Post a Comment
Baluran national park
ilmupedia.Net-Baluran national park, aku sudah dua kali mengunjungi taman yang katanya Afrika mini di Indonesia, dulu pada tahun 2015 aku pertama kalinya mengunjungi Baluran, dengan rombongan bersama teman kerja yang saat itu sedang mengadakan liburan ke Sitobondo perbatasan Banyuwangi, pojoknya pulau Jawa.

Kedua kalinya bersama teman berdua naik motor, musim kemarau adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke Baluran National Park, sebab pemandangan yang keren serta panorama alam yang merupakan gambaran dari padang savana di Afrika.

Liburan di Baluran tidak akan dirugikan, kamu akan terbayar dengan indahnya pemandangan alam sekitar Baluran, tempat yang unik menurutku, sebelum memasuki Baluran National Park akan dikenakan tiket masuk seharga 38.000 untuk dua orang, beserta biaya parkir kendaraan.

Seperti biasa aku membawa susu soda sebelum berangkat liburan, karena dengan soda tersebut rasa panas diperjalanan terasa segar sekali disaat memasuki tenggorokan, membeli air es terlebih dahulu, sayangnya air es ditempat wisata terbilang cukup mahal, aku sih maklum saja, karena dimanapun tempatnya jika itu tempat wisata maka barang apapun lebih mahal dari harga normalnya.

Sehabis memesan es kami menikmati susu soda di area parkir, menaiki menara pandang yang ada di sebelah utara area parkir, menara ini kurang libih sekitar 50 meter, semua hamparan padang savana terlihat lebih jelas dari atas ketinggian, sambil menikamti makanan khas jawa timuran berupa cilok atau pentol dengan dilengkapi minuman kesukaanku, susu soda, terasa lengkap lah perjalanan ini, hanya jodoh yang belum ada.
pintu masuk baluran

Memasuki taman Baluran 

Istirahat sudah cukup, saatnya meng explore Baluran mengendarai motor sambil melihat pemandangan sekitar, tampak lebih nikmat mengarungi Baluran dengan kecepatan sedang, memang sebelum memasuki Baluran ada pemberitahun dengan kecepatan motor yang kita kendarai, yaitu maksimal 40 km per jam.

Sudah hampir mendekati padang savana, kami memelankan laju motor, sambil video pemadangan sekitar, pepohonan kering dan sebagian yang terbakar, kabut asap yang membakar hutan dan Gunung Baluran mulai tampak jelas dari kejauhan.

Potren Baluran National Park mulai semakin dekat, yang menjadi ciri khas Baluran adalah pohon yang berdiri sendirian ditengah padang Savana, sangat cocok sekali bila dibuat foto istagramable.

Spots foto yang Istagramable

Kami tertarik dengan pohon tunggal yang berada ditengah pada savana, kami mencoba mengambil gambar dengan latar belakang savana dan pohon tunggal tersebut, tak lama kemudian ada sepasang kekasih yang minta di fotokan pada temanku, berikut fotonya.

setelah itu kami mengambil video vlog, kamera yang aku bawa hanya kamera ponsel biasa, namun sangat bagus dalam segi pengambilan video, berpanas -panasan boleh lahhh sebentar.

spots foto di baluran

Memasuki Pantai Bama

Perjalanan masih lanjut ke Pantai Bama, yaitu ujung dari Baluran National Park ini, Pantai Bama memiliki pasir putih serta kondisi air laut yang tenang, namun bibir pantai belum terawat dengan bagus, katanya pemandangan bawah laut di pantai Bama sangat Bagus, sangat mendukung bagi yang hobi dengan snorkeling.

Banyak orang yang menghabiskan waktunya di pantai Bama, selain sejuk, pantai Bama relatif sepi, sangat cocok  bagi yang sedang menghindar dari keramaian.

Banyak monyet berkeliaran, kadang ada yang meminta makanan, jadi bagi yang berkunjung ke pantai Bama disarankan jangan membawa makanan, agar terhindar dari perampokan para monyet nakal.

Dermaga di Pantai Bama 

Berkunjung ke pantai Bama pasti kamu akan kesulitan menemukan Dermaga dengan pohon mangrove, awalnya aku baca di artikel dengan adanya dermaga mangrove di pantai Bama, namun setelah saya cari, tidak ada petunjuk jalan yang mengarah pada Dermaga di Bama, namun aku masih maksa mencari Dermaga mangrove tersebut, dan berhasil kami temukan.

Spots Dermaga ini begitu sepi pengunjung, kami sempat beberapa menit tiduran sambil menikmati segarnya angin laut, bersantai di pinggir pantai rasanya tenang dan damai, dengan ketenangan air laut yang menambah ketenangan jiwa.

dermaga mangrove

Alamat Baluran National Park

Baluran masih berada di Area Hutan/Kebun, Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur
perbatasan dengan kabupaten Banyuwangi disebelah utara.

Berikut Biaya kami dalam menjelajah Baluran National Park


Beli bensin ke Baluran50.000
beli pentol5.000
beli nasi6.000
beli es batu2.000
tiket masuk dua orang dan parkir38.000

beli air botol alfamat
2.000
susu dan soda3.000
parkir sepeda di pantai bama2.000
air botol 600 ml

2.000
Total Biaya                                                                                                                      110.000

Selamat Berlibur






Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
close