-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Apakah Perkerjaan Yang Paling Baik Menurut Islam? Inilah Jawaban Rasulullah

Post a Comment
pekerjaan yang paling baik
ilmupedia.Net-Hidup didunia memang butuh perjuangan, hidup bukan hanya untuk akhirat saja, disaat kita masih hidup dunia maka dibutuhkan beberapa kebutuhan yang harus terpenuhi oleh tubuh dan batin kita, seperti makan, minum, cuci baju dan segala bentuk kegiatan dunia.

Oleh sebab itu manusia diharuskan mempunyai atau memenuhi kebutuhan tersebut dengan bekerja, pekerjaan di jaman sekarang bisa dikatakan gampang-gampang susah, ada yang mengatakan mencari pekerjaan dijaman sekarang serba sulit, ada juga yang mengatakan pekerjaan dijaman sekarang serba mudah karena adanya teknologi yang membatu informasi adanya pekerjaan, itulah simpang siur tanggapan beberapa orang yang ada dibelahan dunia ini, lalu apa jawaban Rasulullah mengenai pekerjaan yang paling baik?.

Mari kita merujuk pada hadist nabi yang berbunyi:

عن رفاعة بن رافع رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم سئل أي الكسب أطيب؟ قال: يا قال : عمل الرجل بيده وكل بيع مبرور ،رواه البزار وصححه الحاكم

Diriwayatkan oleh Al-Bazzar dari Rifa’ah bin Rafi’, bahwa Nabi Muhammad SAW pernah ditanya, “Pekerjaan apakah yang paling baik ?” Beliau SAW bersabda “Pekerjaan seseorang dengan tangannya dan setiap perdagangan yang mabrur (jual beli yang baik dan bersih dari dosa dan dusta).”

Banyak ulama' yang berbeda pendapat tentang hadist diatas, diantaranya Imam as-Shan’ani menjelaskan bahwasanya ulama fikih berbeda pendapat mengenai pekerjaan yang paling baik dalam hadis tersebut. Beliau mengutip,  menurut Imam Mawardi pekerjaan yang paling baik adalah pertanian, perdagangan, dan industri. Imam Mawardi berkata, “Adapun pendapat ulama mazhab Syafi’i mengenai pekerjaan yang paling baik adalah perdagangan. Akan tetapi, menurut saya (Imam Mawardi) pendapat yang rajih mengenai pekerjaan yang paling baik ialah pertanian, karena pertanian lebih mendekatkan diri pada tawakal kepada Allah.”

Sedangkan menurut imam Nawawi ialah pekerjaan yang paling baik adalah pekerjaan yang diperoleh berkat dari usaha dan kerja keras diri sendiri, dan pertanian adalah pekerjaan yang paling baik sebab pertanian adalah hasil dari usaha diri sendiri dan cenderung lebih banyak memberi manfaat, baik  kepada manusia dan hewan.

Dan jika kita cermati lebih dalam lagi bahwa makna yang terkandung dalam hadist diatas adalah pekerjaan yang hasil jerih payahnya sendiri dan setiap perdagangan yang jujur bersih dari dusta, itulah pekerjaan yang paling baik, intinya kejujuran dikedepankan dan yang paling diutamakan.

Jika kita bercermin pada para nabi terdahulu yang merupakan bekerja berdagang dan berternak, serta sebagian bertani, yang paling menonjol dari pekerjaan baik adalah pedagang dan berternak. yang disertai dengan kejujuran.

Aktivitas dan pekerjaan orang muslim yang baik adalah pekerjaan yang dihasilkan oleh jerih payah diri sendiri dan usaha dari masing-masing diri kita pribadi, muslim dianjurkan kreativ dalam bekerja dan mengedepankan kejujuran, islam tidak menganjurkan seorang muslim bermalas-malasan dalam pekerjaan, semua aktivitas dan usaha butuh kemaksimalan dan kreativitas.

Nabi SAW ketika ditanya perihal pekerjaan apa yang paling baik, Nabi SAW menjawab “Pekerjaan seseorang dengan tangannya”. Jawaban Beliau SAW tersebut mengajarkan kepada umatnya untuk bersikap mandiri dalam bekerja. Maksudnya Nabi SAW menganjurkan kepada umatnya untuk bekerja dengan pekerjaan yang dibangun sendiri dengan usahanya, seperti berdagang, bertenak, bertani dan lain sebagainya. Nabi-nabi terdahulu rata-rata pekerjaannya ialah pedagang, dan peternak. Dengan bekerja secara mandiri diharapkan seorang Muslim lebih mampu mengatur waktunya sehingga pekerjaannya tidak melalaikan dirinya dari beribadah kepada Allah SWT.

Sangat lengkap islam mengatur kehidupan yang mapan sampai segala kehidupan didunia juga diatur seperti masalah pekerjaan yang baik, begitu juga dengan urusan akhirat yang begitu lengkap, islam juga mengatur tatanan negara dan pemerintahan.

Kesimpulannya, pekerjaan yang paling baik adalah hasil jerih payah dari diri sendiri serta perdagangan yang jujur jauh dari dusta, bersih dari kebohongan, menerapkan apa yang semestinya diterapkan dalam hukum islam, intinya kejujuranlah yang paling utama, pekerjaan yang didasari dengan kejujuran akan menghasilkan harta yang halal dan keberkahan.

Tag
5 pekerjaan yang dianjurkan dalam islam#hadits tentang pekerjaan yang paling baik
sebutkan contoh pekerjaan yang baik menurut islam#pekerjaan yang baik untuk wanita menurut islam#hadits tentang bekerja lebih dicintai daripada meminta minta diriwayatkan oleh
pekerjaan yang disukai allah#sebaik baik pekerjaan adalah pekerjaan seseorang dengan tangannya jika dia hr ahmad#sebaik baiknya pekerjaan adalah pekerjaan seseorang dengan tangannya jika dia hr ahmad

Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
close