Unik dan Langka, Jembatan akar bayang utara kabupaten pesisir selatan sumatera barat

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Unik dan Langka, Jembatan akar bayang utara kabupaten pesisir selatan sumatera barat

,
Jembatan akar bayang utara kabupaten pesisir selatan sumatera barat

Triprofik.com jembatan akar bayang utara kabupaten pesisir selatan sumatera barat sudah banyak menarik para wisatawan, keunikan yang menjadi daya tarik tersendiri, Jempatan yang biasanya terdiri dari bahan besi atau semen itu merupakan hal yang biasa, namun berbeda dengan Jempatan akar ini yang jarang kamu ketahui sebelumnya.


Jempatan Akar yang menghubungkan dua desa  Pulut-pulut dan Desa Lubuk Silau. menjadi destinasi wisata alam yang unik untuk dikunjungi, selain itu terdapat sungai Batang Bayang yang mengalir dibawahnya, kamu dapat berkunjung dan melihat keunikan akar ini dengan membayar 15 ribu.

Jembatan akar Bayang terletak di Desa Pulut-pulut, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Pesisir Selatan, jika dari ibu kota kabupaten pesisir selatan berjarak sekiatar 24 km, sedang dari Padang 80 km melewati teluk Bayur.

Umur dari Jempatan akar Bayang sekitar 100 tahun dan mempunyai panjang 25 meter lebar 1 meter, dapat dilintasi 10 orang bahkan lebih, kekuatan Jembatan Akar Bayang semakin lama semakin kuat, karena umur akar semakin lama semakin besar, jadi bertolak belakang dari jempatan pada umumnya, yang semakin lama semakin keropos.

Latar belakang jembatan akar

Ceritan dan sekaligus sejarah yang mengungkapkan, konon Jempatan Akar ini di desain oleh seorang Ulamak yang bernama Pakih Sogan, pembangunan Jempatan ini sebagai sarana penghubung antara dua desa yang dipisah oleh sungai, Tujuan Pakih Sogan membangun jempatan akar ini agar anak-anak dari desa Pulut-pulut dapat menyebrangi dan mengaji, yang mana pembangunannya dimulai dari tahun 1890 sehingga dapat digunakan oleh masyarakat sekitar pada tahun 1916, yaitu membutuhkan proses pembuatan selama 26 tahun.

Jempatan akar ini dikeramatkan oleh masyarakat sekitar, dan pada setiap tiga hari sebelum memasuki bulan puasa banyak orang yang berdatangan guna melaksanakan acara Balimau untuk mendapatkan berkah dari tuhan, dan pada saat liburan lebaran tiba banyak wisatawan berkunjung ke Jempatan Akar ini.

Untuk mengurangi kepadatan pengunujung yang ingin melihat seperti apa jempatan akar ini, maka di bangun jempatan lain yang terletak di samping Jempatan akar, oleh sebab itu jempatan akar tidak terlalu padat disaat pengunjung mulai berdatangan.

Selain bantuan jempatan lain, Jempatan akar sudah di amankan dengan tali kawat guna menahan tekanan disaat pengunjung mulai berdatangan.

Daya Tarik sungai Bayang

Tak hanya Jempatan akar yang  mempunyai keunikan, sungai Bayang yang mengalir dibawahnya juga mempunyai dari tarik tersendiri, mulai dari air yang jernih serta terdapat ikan-ikan yang menari kesana-kemari, namun ikan tersebut tidak boleh diburu oleh masyarakat sekitar baik dengan tujuan apapun, sebab sudah disumpah dan dianggap keramat, hanya boleh disaat waktu-waktu tertentu saja.

Tidak dapat berburu ikan, namun kamu yang berkunjung masih bisa menikmati mandi disungai dengan ditemani oleh ikan-ikan tersebut, ada cerita yang katanya muda-mudi yang berenang disungai tersebut akan segera mendapatkan jodohnya.

Disekitar lokasi jempatan akar terdapat warung-warung yang menjual makanan ringan, mie instan serta beberapa masakan lainnya, boleh juga kamu membawa bekal sendiri agar lebih mudah dan terjamin  murahnya.










Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler