Satu lagi Surga Biru, Mata Air Tembeling atau Temeling yang sangat mempesona di Nusa Penida

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Satu lagi Surga Biru, Mata Air Tembeling atau Temeling yang sangat mempesona di Nusa Penida

,

Triprofik.com Mata Air Tembeling Nusa Penida Bali- Alam memang tidak ada hentinya menyuguhkan surga kecil yang ada dibumi, cukup kamu rasakan dan nikmati, ingat jangan rusak dan mengotori, salah satu keindahan alam yang tersembunyi kini ada di salah satu pulau di Bali, yaitu Nusa Penida, ingin tau surga Biru yang memberikan sensasi exotisme, ayok ikutin pembahasan Mata Air Tembeling.

Air Terjun Tembeling atau lebih familiar dengan sebutan Mata air tembeling ini berada di  Desa Batu Madeg, Banjar Salak, Nusa Penida, Bali. untuk mencapai lokasinya kamu harus berjalan kaki dari parkiran selama 30 menit, lokasinya yang berada ditengah hutan dengan perjalanan sambil ditemenin oleh pohon rindang dan beberapa tebing curam, suasana dalam perjalanan akan menambah ke exotisme mata air tembeling.

Kolam Mata Air Tembeling ada dua macam, yang pertama mata airnya cukup besar dan berdiameter sekitar 5 sampai 6.  namun yang ini hanya untuk laki-laki saja, jadi buat cewek ada mata air lain yang lokasinya cukup jauh namun masih bisa dijangkau dalam satu lokasi, tapi ingat Mata Air Tembeling ini sangat disucikan, jadi bagi wanita yang sedang mengalami datang bulan tidak diperbolehkan mandi di kolam ini.

Sejarah dan Penemuan Mata Air Tembeling

Sumber Mata Air Tembeling Ini awalnya ditemukan oleh seorang ibu hamil yang sedang mencari ternaknya, sehingga dia sampai kehutan dan tidak sengaja menemukan Mata Air yang jernih, oleh Sebab itu Mata Air Ini dinamakan Mata Air Tembeling.

Sumber Mata Air Tembeling  pernah dijadikan sumber air kebutuhan sehari-hari oleh warga sekitar, namun sekarang sudah beralih fungsi dan bisa dinikmati oleh wisatawan, selama perjalanan kamu akan menemukan Pura yang dekat Mata Air Tembeling keramat.



Mandi dengan menceburkan diri di kolam Mata AIR Tembeling memang mengasyikkan, apalagi melompat dari tebing yang ada di sisi Kolam, namun ada yang perlu diperhatikan, katanya Sumber mata Air ini tidak memiliki dasar, sebab dalamnya Kolam, oleh karena itu siapa yang ingin mandi diwajibkan mahir dalam ilmu berenang.

Meskipun Air Tembeling dekat dengan air laut namun rasa Airnya masih Tawar dan dapat dikonsumsi sebagai sumber air bersih.

Berdekatan dengan pantai yang mempunyai pasir putih kecoklatan serta bebatuan yang menghiasi disepanjang bibir pantai, uniknya lagi ada sebuah Gua yang menghubungkan antara Pantai Tembeling dengan Pantai disebelah Utaranya, terdapat batu karang yang memiliki ukuran lebih besar.

Selain tempat Wisata, Air Tembeling juga sebagai tempat ritual dan pengambilan air suci sebagai sarana upacara atau ritual yang sedang dijalani oleh masyarakat sekitar, dan juga termasuk cagar alam yang terjaga kelestariannya.


Akses Menuju Sumber Mata Air Tembeling

Nusa Penida merupakan sebuah Pulau yang terpisah dari pulau Bali, jadi bagi kamu yang berniat mengunjungi Mata Air Tembeling maka harus menyebrang dengan menggunakan Kapal Ferry atau menggunakan kapal cepat seperti sped Boat, baik membawa mobil atau motor juga sama-sama bisa.

Rutenya dari pelabuhan Padangbai yang tersedia Kapal Ferry atau   dermaga Pesinggahan dan Kusamba Klungkung dan juga dari dermaga pantai Sanur yang merupakan dermaga utama wisatawan yang mau liburan ke pulau Nusa Penida.

Dari beberapa Dermaga tersebut menuju pelabuhan Buyuk, selanjutnya kamu bisa menggunakan Mobil atau motor.

Kebanyakan pengunjung lebih memilih menggunakan motor, sebab lokasi parkir akan lebih dekat dari lokasi Mata Air Tembeling, jalur yang dilewati lebih mudah dengan menggunakan motor, kemudian sehabis parkir kendaraan, kamu harus traking jalan kaki selama 30 sampai 60 menit tergantung kecepatan kamu berjalana kaki, selama perjalanan akan ada beberapa pepohonan yang seolah-olah memayungi dari sinar matahari.


Daftar Pencarian wisata di Nusa Penida Bali
tembeling bintan mata air guyangan air terjun tembeling mata air guyangan air terjun peguyangan
seganing waterfall pura nusa penida wisata buleleng air terjun munduk



Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler