Sejarah Dan Deskripsi Benteng Belgica yang sekaligus destinasi wisata Maluku

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Sejarah Dan Deskripsi Benteng Belgica yang sekaligus destinasi wisata Maluku

,

Benteng Belgica Banda Neira

Triprofik.com Deskripsi Benteng Belgica Neira- Bangunan Bersejarah adalah saksi bisu bahwa Indonesia merupakan Negara yang terjajah pada jaman dulu, salah satunya adalah Benteng Belgica yang ada di Pulau Neira Maluku tengah.

Ingin tau Sejarahnya, yuk simak ulasannya berikut ini !

Benteng Belgica adalah sebuah Benteng yang dibangun oleh bangsa Portugis pada abad ke 16, lama kemudian pada tanggal 4 september 1611 dibangun kembali oleh VOC yang diperintahkan langsung oleh gubernur  Jendral Pieter Both.

Setelah pembangunan selesai, benteng tersebut diberi nama Fort Belgica, tujuannya adalah menghalang perlawanan masyarakat Banda yang menentang monopoli perdagangan Pala oleh VOC.


Sekilas tentang Bangunan Benteng Belgica

Lokasinya yang berada di atas perbukitan Tabaleku sebelah barat pulau Banda Naira, dengan ketinggian mencapai 30,01 diatas permukaan air laut, Bangunan yang berbeda dari bentuk wajarnya, akan memberikan kesan unik oleh wisatawan yang berkunjung ke Banda Neira, suasana yang masih kental dengan jaman penjajahan dulu, akan bemberi kilas balik dari awal kehidupan di Indonesia.


Bentuk Benteng Belgica menyerupai segi lima, sekilas dilihat dari sudut sisi kiri dan kananya akan tampak bangunan segi empat, namun jika dilihat dari atas ketinggian maka akan tampak bentuk segi limanya.

Ada yang mengatakan bangunan ini mirip dengan Gedung Pentagon di Amerika Serikat, bahkan benteng Belgica dijuluki The Indonesian Pentagon.

Ada keunikan lain dari Benteng Belgica, salah satunya bangunan terdiri dari dua lapis dan sangat tebal, fungsi demikian sangat cocok dengan tujuan bangunan yang digunakan sebagai benteng pertahanan, untuk menaikinya harus menggunakan tangga yang tersedia disetiap sudut lubang mengarah ke atas.

Tangga yang terpasang sejatinya dapat dipindah-pindah, seperti tangga pada umumnya, namun ada yang sedikit kesulitan jika menaiki ke atas lima menara pemantauan di tingkat paling tinggi, tangga yang terpasang tidak semiring tangga pada umumnya, yaitu kontruksinya hampir berdiri tegak.

Disebagian menara masih ada peninggalan sejarah berupa meriam yang menghadap kearah laut, sebetulnya dalam satu menara terdapat berbagai sisi arah meriam, tergantung arah musuh menyerang.

Ruangan tengah benteng lokasinya begitu luas dan terdapat dua buah sumur rahasia, katanya dapat menghubungkan Benteng Belgica ke pelabuhan, dan juga ruangan tersebut difungsikan sebagai tempat para tahanan.


Pemadangan dari atas menara sangatlah mendukung jika kamu ingin berfoto atau mengabadikan momen liburanmu serta dapat melihat sebagian dari pulau Banda Neira, birunya air laut serta gunung api yang tepat berada didekat  Benteng tempat kamu berdiri.

jika sedang jalan-jalan ke tempat yang bersejarah, otakku selalu berpikir, dulu itu seperti ini yaa, kerasnya kehidupan dan kedamaian yang sangat miris tidak ada, beruntung hidup dimasa sekarang, yang sudah lulus dari penjajahan.

Umur dari Benteng BeLgica sudah ratusan tahun jika kita melihat pada tahun pembangunanya, kini sudah menjadi tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi, selain berwisata kamu juga dapat memetik pelajaran dari tempat bersejarah ini, minimal sebagai pengetahuan pelajaran tambahan di sekolah.

Oh Iya ada yang lupa, Benteng Belgica dan gunung berapi didekatnya sudah terpasang gambar di pecahan uang seribuan, coba deh amati jika punya uang seribuan.

Selamat berkunjung!










Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler