-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Kawah Putih Bandung wisata lengkap dan penuh dengan sejarah, berasa di luar negeri

2 komentar
Konten [Tampil]
kawah putih Bandung

Triprofik.com Kawah putih Bandung - Seperti yang kita ketahui berwisata ketempat yang belum pernah kita singgahi tentunya akan lebih terasa penasaran dari tempat yang pernah kita kunjungi, oleh sebab itu Trip Rofik akan memberikan sedikit banyak informasi tentang Kawah Putih Bandung, yang katanya penuh dengan sejarah tentang asal muasal kawah ini.

Kawah Putih yang ada di Bandung ini merupakan tempat wisata unggulan di kota Bandung, keunikan yang terdapat didalamnya berhasil menarik hati para pelancong atau wisatawan amatir, tidak dapat dipungkiri lagi keindahan kawah putih sudah mulai terkenal sejak tahun 1987, tentunya dari tahun-tahun sebelumnya.

Kawah putih adalah sebuah danau yang di dalamnya terdapat sebuah air  dengan hiasan warna putih disebabkan letusan gunung Patuha, penyebab kawah berwana putih karena adanya unsur blerang dari gunung tersebut, sehingga sampai sekarang kawah Putih ya tetaplah putih.

Namun diwaktu tertentu warna putih bergradasi dengan warna hijau yang menyatu, tergantung kadar blerang yang ada pada saat itu.

Lokasi Kawah Putih Bandung

Lokasinya yang startegis terletak di  Ciwidey, Jawa Barat, kurang lebih sekitar 50 KM arah selatan kota Bandung, dengan alamat lengkapnya berada di Jalan Raya Soreang Ciwidey KM 25 lokasinya yang tidak jauh dari wisata Situ Patenggang, deangan akses jalan yang begitu mudah.

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi makan sangat banyak ditemui papan petunjuk arah menuju kawah putih, sehingga kamu tidak kerepotan mencari akses jalannya, begitu juga dengan kendaraan umum yang hanya tinggal duduk manis tunggu pak sopir mengantarkan ke tempat tujuan.

Jika dari Jakarta maka kamu tinggal melewati jalur Tol Cipularang dan berahir di Tol Kopo, setelah dari sana kamu harus menuju Soreang dan terus menuju ke Ciwidey bagian selatan.

Bila kamu menggunakan kendaraan umum, maka dimulai dari terminal Leuwi Panjang yang menuju ke terminal Ciwidey. nah dari terminal Ciwidey kamu tinggal translet menggunakan angkot yang menuju ke Situ Patenggang dan turun di depan Gerbang Kawah Putih, itulah cara menuju ke Kawah putih Bandung dengan beberapa cara yang cukup mudah, seseuai dari mana kamu berada.

Tiket masuk kawah putih Bandung

Sebagian Tempat wisata lainnya masalah tiket masuk tergantung hari libur dan tidaknya, maka berbeda dengan tiket Masuk Kawah Putih Bandung yang harganya tetap sama walaupun di hari libur dan dan hari aktiv, yaitu Rp: 18000 ribu per orang, tentu harga ini dapat berubah sesuai kebijakan pengurus wisata, namun perubahan itu tidak akan melonjak drastis, cukup lah buat menghibur diri.

Sejarah kawah putih Bandung

Konon katanya pada awal abad ke 10 Kawah putih terkenal angker dan cukup mengerikan, karena setiap burung yang lewat diatas akan hilang dan mati, seperti yang telah diinformasikan diatas, Kawah putih berasal dari letusan gunung yang begitu hebat, sehingga terbentuklah kawah tersebut.

Nah setelah kabar itu beredar lalu datanglah seorang ilmuan dari Jerman yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn pada tahun 1837 dia seorang ahli Botani, dia melakukan penelitian di sini, dengan ketertarikan dia pada sebuah gunung, apalagi gunung dengan adanya kawah putih ini cukup sunyi sehingga menjadi terjet untuk sebuah penelitian.

Setelah melalui proses penelitian dengan diawali bertanya pada masyarakat setempat, namun yang didapati adalah sebuah kisah seram dan angker, tapi Dr. Franz Wilhelm Junghuhn tidak percaya begitu saja, sampai akhirnya melakukan surve dan mencari fakta penyebabnya.

Dengan ketekunan Dr. Franz Wilhelm Junghuhn akhirnya menemukan sebuah kawah yang berwarna putih di atas gunung, warna yang sangat indah serta gradasi yang cukup serasi dengan alam sekitar, oleh sebab itu Danau atau kawah Putih ini mulai terkenal pada tahun 1987 akhirnya pemerintah setempat merawat dan melestarikan Kawah putih menjadi sebuah destinasi wisata yang indah.

Suasana kawah putih bandung

Suasana yang tergambar dari Kawah putih ini tentunya adalah sebuah hutan yang mengelilingi kawah, dengan balutan pepohonan kering, tentu hal ini menambah peranan keindahan kawah putih itu sendiri, tidak hanya itu ketinggian yang mencapai 2500 meter dari permukaan laut, akan menghadirkan dinginnya tempat ini.

Suasana yang katanya angker dijaman dulu kini sudah berubah dan menjadi tempat favorit para pelancong, oleh sebab itu kawah putih menjadi terkenal sampai sekarang.

Penginapan kawah putih bandung

Setelah mengunjungi kawasan kawah putih, pastinya sebagian dari kamu berasal dari tempat yang jauh, atau bahkan dari luar negeri, oleh sebab itu penginapan merupakan tempat yang paling dicari oleh para wisatawan.

Namun jangan bingung soal itu, banyak hotel atau penginapan yang berada didekat kawah putih, untuk lebih cepat kamu tinggal ketik di Google penginapan didekat kawah putih, pastinya akan bermunculan menu-menu Hotel yang sangat direkomendasikan.

Tips penting saat berkunjung ke kawah Putih Bandung


  1. Bawa Masker untuk menghemat pengeluaran. Karena yang akan dituju merupakan sebuah kawah diatas gunung tentunya akan menghasilkan bau blerang yang menyengat.
  2. Membawa air minum atau makanan sampingan, sebab pedagang minuman hanya ada di pintu masuk kawah.
  3. Jika berniat membeli oleh oleh, maka disarankan membawa uang chas yang cukup, karena ATM lumayan jauh
  4. Kamera, tentunya hal ini adalah kepastian para pengunjung untuk mengebadikan momen perjalanannya, so tidak akan lupa. jika lupa baca artikel ini sekali lagi.
  5. Agar aman disarankan tidak melanjutkan perjalanan jika keadaan badan tidak sehat, atau bayi dan orang yang dianggap tidak tahan bau blerang, karena tajamnya bau blerang tersebut.


Oleh oleh khas kawah putih bandung

Tak lengkap rasanya jika jalan-jalan ke kawah putih tidak mencicipi kuliner khas Bandung atau yang terdekat dengan Kawah putih, nah disekitar Kawah Putih banyak penjual oleh-oleh yang dapat kita jadikan momen liburan bertambah mantap dengan makanan yang belum kita rasakan, tentunya hal ini bagi yang suka dengan kuliner dan menu makanan unik dan asyik.  gurih dan renyah.








Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

2 komentar

  1. Kawah Putih Bandung dulunya dikenal dengan keangkerannya, eh setelah ditelusuri oleh ilmuwan, ternyata nggak angker karena sebenarnya memang ada ilmunya ya Kak. Aku suka cerita history-nya yang diceritakan secara singkat tapi jelas.

    Thank you Kak. Sayangnya fotonya hanya satu. Coba ada beberapa foto. Lebih keren lagi kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya, banyak tempat yang indah di bumi ini namun masih belum ditemukan, iya sayang fotonya hanya satu

      Hapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter