5 Cerita Pendek ini, akan memotivasi dan menginspirasi anda dalam menjalani hidup

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

5 Cerita Pendek ini, akan memotivasi dan menginspirasi anda dalam menjalani hidup

,

Triprofik.com 5 Cerita pendek ini akan memotivasi dan menginspirasi anda, bacalah dengan seksama dan hayati dalam hati anda, coba senyum disaat anda benar-benar paham dengan isi ceritanya.

1.Coba Lepaskan Masalah anda
Ada Seekor Keledai Favorit milik seorang,  jatuh kedalam jurang  yang begitu dalam, sudah berbagai cara untuk menarik keledai tersebut, namun usaha keras sang pemilik tidak membuahkan hasil, oleh sebab itu sang pemilik sudah pasrah dan ingin mengubur Keledai tersebut hidup-hidup.


Tanah mulai ditimbunkan ke dalam jurang yang berisi keledai, berasa ada tanah yang jatuh terhadap dirinya, keledai tersebut mencoba mengoyangkan badannya untuk menjatuhkan tanah yang mengenai dirinya, lambat laun keledai menginjakkan kakinya diatas permukaan tanah yang jatuh untuk mengubur dirinya.dan begitu seterusnya

Semakin lama tanah yang ditimbun semakin tinggi, keledai tetap melakukan hal yang sama, hingga akhirnya tanah yang awalnya berniat menimbun dirinya kini menjadi lebih tinggi dan semakin tinggi, dan sang keledai kini dapat keluar dari jurang dalam yang kini menjadi dangkal.

Sehingga keledai tersebut kini sudah dapat mencicipi rumput hijau yang sejak tadi menjadi sebuah impiannya.

Setelah menghadapi berbagai masalah dengan lambat laun melepaskannya, "belajar dari kisah diatas" semua masalah akan tampak rumit diawalnya, namun kelak anda akan menikmati hijaunya rumput yang hijau.

2.Jangan menilai orang sebelum anda benar-benar mengenal mereka
Ada seorang laki-laki yang sudah berusia 24 tahun bersama ayahnya diatas kereta, sesekali dia melihat keluar melalui cendela kereta api dan berteriak"

"Ayah-Ayah lihat pohon itu berjalan"

sang Ayah hanya menanggapi dengan senyuman, namun ada pasangan pemuda yang duduk didekatnya, memandang perilaku pemuda yang berumur 24 tahun dengan sifat kekanak-kanakan, kembali lelaki tersebut berseru kepada sang ayah.

" Ayah lihat awan itu berlari mengikuti kita"

Pasangan muda yang ada didekatnya tidak dapat menahan risih kelakuan pemuda yang berusia 24 tahun, lalu mereka berkata pada orang tua lelaki itu.

" Mengapa anda tidak membawa anaknya ke dokter ahli jiwa?.." lalu sang ayah pemuda hanya tersenyum dan menjawabnya"

" Saya sudah membawanya kedokter dan kami baru saja pulang dari rumah sakit, anak saya itu buta sejak lahir dan baru sekarang ia dapat melihat, setelah mendapatkan donor mata.

" Setiap orang didunia ini mempunyai kisah sendiri, masalahnya sendiri dan ujiannya sendiri, maka janganlah menilai orang lain sebelum anda benar-benar mengenalnya, sebab kenyataan yang akan terjadi akan mengejutkan anda.



3.Semangkok Es Krim
Pada suatu hari, ada seorang anak 10 tahun memasuki kedai kopi dan duduk dimeja, lalu seorang pelayan menaruk gelas didepannya.

Berapa semangkok ES krim Suadae? 

50 sen" pelayan itu menjawab"

lalu sang anak mengeluarkan koin dari saku dan menghitunya,

" Berapa harga untuk semangkuk es krim Plain? ...." anak itu bertanya lagi, padahal banyak orang mengantri menunggu meja kosong" dan pelayan mulai sedikit tidak sabar"


"35 sen" jawab si pelayan dengan nada kasar"

Anak tersebut menghitung koinnya lagi, dan berkata" saya ingin memesan es krim plain"

kemudian pelayan membawakan pesanan anak tersebut serta lengkap dengan selembar tagihan yang ditaruk di atas meja, setelah anak itu menghabiskan es krimnya, lalu membayar dikasir dan kemudian pulang"

Disaat sipelayan kembali dan membersihkan meja, ia mulai mengelap meja dan sesaat ia menelan ludah dengan apa yang dia liat, diatas meja tersebut, ditempatkannya dengan rapi disamping piring kosong, koin senilai 15 sen" 

"Tip untuk si pelayan dari anak tadi yang dia anggap menyebalkan"

"Hikmah: Jangan menganggap remeh atau memandang rendah orang lain, sebab suatu saat nanti anda akan butuh bantuannya.

4.Tali Gajah
Disaat seorang pria berjalan melewati sekumpulan Gajah, ia bingung dengan fakta yang terjadi, bagaimana bisa seekor hewan raksasa itu diikat dengan tali kecil yang diikat pada kaki depannya.
tidak ada rantai, tidak ada kandang, hal ini memang keliatan jelas kalau sekumpulan Gajah tersebut dapat melarikan diri, Tapi beberapa alasan mereka tidak melakukannya.


Lalu dia melihat seorang pelatih didekatnya dan bertanya pada pelatih tersebut" Mengapa Hewan-hewan raksasa itu hanya berdiri disana dan tidak melarikan diri, padahal hanya diikat tali kecil ?

Yah, Begini, Disaat usia muda dan sangat kecil sekali, Gajah tersebut sudah diikat dengan tali kecil itu, diusianya yang sekarang mereka tetap diikat dengan Tali kecil tersebut, pada usia tersebut tali itu sudah cukup mengikat dan menahan mereka, saat mereka tumbuh dewasa, mereka sudah percaya bahwasanya Tali tersebut tidak dapat melepaskannya,  seandainya dia mencoba kabur, justru sangat mudah bagi mereka untuk melakukannya, begitu penjelasan dari pelatih gajah Tersebut.

kemudian Pria itu tersenyum dan kagum, Gajah ini sejatinya bisa melarikan diri, namun kepercayaan yang sudah tertanam sejak kecil enggan bagi mereka untuk mencobanya kabur, padahal sangat mudah sekali, bagi mereka melakukan hal itu, kini mereka terjebak dengan keyakinan masa lalunya yang enggan mereka coba kembali.

Kegagalan adalah bagian dari pembelajaran. Kita tidak boleh menyerah untuk berjuang di dalam hidup anda. 

5.Kentang, Telur dan Biji kopi yang menginspirasi
Ada seorang anak perempuan yang mengadu pada ayahnya dengan segala kesusahannya dan bahkan dia tidak tau bagaimana caranya  akan berhasil, dia hampir menyerah menyelesaikan masalah yang ia hadapi, tampaknya ia hanya bisa menyelesaikan satu masalah saja, namun ia tidak bisa menyelesaikan masalahnya yang lain.


Kebetulan sang ayah yang seorang koki membawanya ia kedapur, sang ayah mengisi panci dengan air dan menaruhnya diatas api yang besar, setelah air panci itu mulai mendidih, ia memasukkan beberapa kentang dipanci, beberapa telur dipanci kedua dan beberapa biji kopi dipanci ketiga.

Tanpa mengucapkan sepatah katapun, ia duduk menunggu panci-panci tersebut mendidih diatas kompor, putrinya mengeluh dan tidak sabar menghadapi apa yang dilakukan sang ayah, setelah 20 menit, ayah mematikan kompornya tersebut, ia mengankat telur, kentang dan biji kopi di atas mangkok yang berbeda.

Lalu sang ayah bertanya" nak apa yang kamu lihat, kemudian si anak buru-buru menjawab, Kentang, Telur, kopi.

" Coba lihatlah lebih dekat lagi" pinta sang ayah, dan sang anakpun menyetujuinya, dan mencatat didalam otaknya bahwasanya kentang itu lembut, kemudian sang ayah meminta untuk mengambil telur dan memecahkannya, setelah membuang kulitnya yang mendapati telur rebus, akhirnya sang ayah meminta mencicipi kopi, dengan aroma kopi yang kaya membuat dirinya tersenyum.

" Ayah, apa arti semua ini ? tanyanya.

Lalu sejurus kemudian sang ayah menjelaskannya" Bahwasanya Kentang, Telur dan kopi sudah menghadapi masalah yang sama" yaitu air mendidih.

Namun masing-masing menunjukkan reaksi yang berbeda.

Kentang itu awalnya keras dan kuat, namun setelah dimasukkan ke air mendidih kentang menjadi lunak dan lembut.

Telur yang awalnya lemah dengan cangkang yang rapuh serta mudah pecah, dan dilamnya berisi cairan yang dilindungan dengan cangkang yang rapuh, namun setelah dimasukkan kedalam air yang mendidih Telur itu menjadi Keras.

Namun apa yang terjadi dengan biji kopi, Biji kopi tersebut mengubah air serta menciptakan sesuatu yang baru.

" lalu kamu termasuk yang mana nak" tanya sang ayah kepada putrinya."

" disaat sebuah kesulitan menghalangimu, bagaimana kamu menghadapinya, apakah kamu termasuk Kentang, Telur atau Kopi?."

Pesan Moral: Dalam hidup ini, Banyak sesuatu yang terjadi di sekitar kita. Banyak hal-hal yang terjadi pada kita. Tetapi satu-satunya hal yang benar-benar penting adalah apa yang terjadi di dalam diri kita.

Sumber SB30




















Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler