Umbul Sidomukti Dengan Wahana Lengkap di Lereng Gunung Unggaran

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Umbul Sidomukti Dengan Wahana Lengkap di Lereng Gunung Unggaran

,
foto by: IG  Sidomukti
Triprofik.com Kota Semarang Merupakan kota terbesar bagi masyarakat jawa tengah, layaknya Surabaya kotanya jawa timur, disemarang terdapat sebuah gunung Unggaran yang lerengnya tersebar luas hingga terbentuklah keindahan alam yang pempesona.


Termasuk salah satu tempat wisata alam yang berada di lereng gunung Unggaran adalah Umbul Sidomukti.

Umbul Sidomukti adalah Sebuah wahana kolam renang dengan pesona alam yang masih alami, air dikolam ini memang asli dari pegunungan tanpa rekayasa sedikitpun, hal ini akan memberikan sensasi mandi dikolam renang alami dengan khas alam pegunungan.

Tentang Umbul Sido Mukti
Kolam renang ini berada dititik ketinggian 1200 mdpl, ketinggian ini sangat mendukung dengan pesona alam yang khas pegunungan, Kolam renang berada diatas lereng gunung memang menyajikan pemandangan yang tak biasanya, berlibut ketempat kayak gini akan memberi sensasi lain jika hanya untuk menghilangkan penat keseharian kita.

Umbul Sidomukti diresmikan pada tahun 2007 oleh wakil bupati semarang, kawasan wisata kolam ini menyediakan kolam renang yang bervariasi kedalamannya.

Untuk orang dewasa sedalam 1,5 setengah meter, dan untuk anak-anak hanya 30 cm, sedangkan bentuk dari kolam renang yang tidak seperti biasnya akan memberi pesona lain bagi kamu yang ingin berlibur ketempat wisata alam, kolam renang ini berbentuk layaknya mangkok, dan bisa dibilang seperti lambang hati yang tidak begitu sempurna.

Taman renang
Namanya aja kolam renang, jadi berkunjung kesini ya untuk berenang, bagi yang tidak ingin berenang masih ada wisata lain yang sepaket dengan Umbul Sidomukti ini, air yang jernih serta suasana alam yang asri akan menarik keinginan untuk berenang ditempat ini, dan itupun bervariasi, mudah saja bagi yang tidak bisa berenang dikedalaman, cukup mencoba yang versi anak-anak hehe.

Berenang ditempat ini juga bisa menyaksikan pegunungan yang ada dihapan kolam ini, kiri-kanan pegunungan, dan itu akan menambah daya tari tersendiri.

Wahana Action/pacu
Nah seperti yang dijelaskan diatas, tempat ini bukan hanya menyediakan kolam renang saja, dan berikut beberapa wahana yang wajib kamu cobain saat berkunjung kesini, siapkan mental keberanian kamu ya sobat trip.

Flying fox- Akan membawa kamu terbang menggunakan pengamanan tali atau kawat yang cukup kuat, untuk merasakan sensasi terbang diatas ketinggian, bisa deh kamu cobain flying fox ini.

Marine bridge- Nah yang satu ini cukup menguji adrenaline kamu sobat trip, aktivitas ini berjalan diatas jaring dengan ketinggian yang dibawahnya berupa jurang, tapi jaring ini cukup kuat untuk menahan berat badan kamu, selain itu kamu masih diberi pengaman yang diikat pada pinggang kamu sobat trip, berani cobaiin yang ini.

Highest triangle- Kalau yang ini, kamu akan berjalan diatas papan kayu yang terpotong-potong, melangkah demi langkah sedangkan dibawah berupa jurang yang curam tinggi, namun cukup aman dengan tali yang diikat pada tubuh kamu, serta beberapa safety seperti helm dan sabuk pengaman.

Sepeda awang- Yang terahir ini kamu akan menikmati sensasi menaiki sepeda diatas ketinggian yang hanya berpacu diseutas tali gitu, memang sih cukup penantang adrenalin kamu, tapi akan membuat kamu terbang melayang, menikmati wahana alam ini.

Karena beberapa wanaha tersebut cukup aman, anak-anak pun dapat mencoba wahana ini, mereka berani dan senang bisa mencobanya, masak kamu gak  berani, kalah sama anak kecil dong, hihi

Olahraga Memanah
Menurut admin sendiri, Wisata alam Umbul Sidomukti ini cukup lengkap ya, sampai ada olahraga memanahnya juga, disini kamu dapat mencoba seberapa hebat kamu dalam memanah, jika kamu tidak berpengalaman,  kamu dapat belajar sama ahlinya disni.



Menikmati perkebunan sekitar Umbul Sidomukti
Namanya juga pegunungan pastinya ada sebuah perkebunan yang berlapis-lapis serta seperti anak tangga jika dilihat dari kejauhan, bagi sobat trip yang berkunjung kesini masih bisa bermain keperkebunan ini dengan menunggangi kuda.
foto ig #Guatirtamulya

Melihat Gua Tirta Mulya
Gua ini sepanjang 135 meter dan merupakan gua buatan untuk wahana di sekitar Umbul Sidomukti, menikmati gua ini dengan menyusuri sejauh lubang gua, sampai akhirnya kamu akan menemui puncak gua yang memberikan pemandangan apik serta tak akan bisa berkata apapun dengan indahnya ujung gua ini, bagi yang ingin memasuki gua ini harus membayar lebih mahal dari wahana yang lain, namun yang disajikan tidak akan rugi dengan harga yang harus dibayar.

Ujung gua dengan pemandangan bagus dapat kamu jadikan tempat preweding ataupun hanya sekedar mengabadikan momen terindah kamu. Gua ini dibangun oleh 5 orang pada tahun 2009 dan selesai selama 1 tahun 3 bulan, lebar gua sekitar tiga meter, namanya gua pasti didalamnya gelap hanya dengan beberapa lampu titik penerangan yang tersebar, namun para pengunjung akan memilih keindahan gua dengan lampu senter yang dibawanya.

Gua tirta mulya berada ditengah wahana ini, jadi bagi kamu yang ingin mengunjungi gua ini, cukup mudah untuk menemukannya.

foto by Ig #Guatirtamulya

Penginapan di Umbul Sidomukti
Umbul Sidomukti merupakan wahana besar dan lengkap, berada di lereng gunung dengan kelengkapan yang begitu mewah, jika kamu ingin menginap ditempat ini, cukup mudah untuk memilih beberapa penginapan yang ada disini, berikut kami rangkum, penginapan model apa saja yang ada di Umbul Sidomukti ini.

1.Villa pondok kopi
Villa ini berada tak jauh dari wahana wisata umbul sidomukti, dan merupakan villa dengan fasilitas lengkap, menginap di villa ini selain mengobati rasa lelah seharian berlibur, kamu akan disuguhkan pemandangan indah diatas gunung, villa ini bertarif 700 ribu per malam.

2. Homestay Pinus
Awalnya ini adalah rumah warga yang telah disulap menjadi penginapan yang bagus dengan fasilitas yang begitu lengkap, menginan disini begitu nyaman, tenang dan biayanya cukup murah sekitar 500 ribuan per malam.

3.Hotel Frieda
Bagi kamu yang mengantongi pas-pasan atau hanya sekedar backpakeran saja, maka hotel ini adalah solusinya, kamu dapat menginap dihotel ini dengan harga yang begitu murah, yaitu Rp 55.000 ribu saja, cukup murah bukan.

lokasinya
jl.lemah abang kilometer 2,5 Jimbaran-Bandungan-Semarang-Jawa tengah.

4.Matahari Hotel
Hotel ini masih terbilang cukup terjangkau dengan kualitas bintang 3 yang menawarkan beberapa tipe akomodasi penginapan dan fasilatas yang cukup lumayan nyaman

Lokasinya berada di jl. lemah abang kilometer 03.Bandungan Semarang

5.Amanda Hills
Salah satu tempat untuk bermalam disekitar Umbul Sidomukti adalah Amanda Hills yang menyajikan akomodasi menengah kebawah, kamu hanya cukup bayar 200.000 ribu sudah dapat menikmati bermalam disini ditambah dengan pesona khas pegunungan yang ada di lereng gunung unggaran ini.

Lokasinya Jalan Nusa Indah Duren Bandungan Semarang

6.Pondok Wisata
Pondok Wisata merupakan tempat peristirahatan yang memang disediakan oleh pihak wisata Umbul Sidomukti ini, agar para pengunjung tidak kerepotan dengan tempat istirahat yang harus mencarinya cukup jauh, maka kamu tinggal pesan tempat ini yang lokasinya berada di kawasan wisata Umbul Sidomukti.

Selain itu pondok wisata menyediakan paket lengkap baik dengan keluarga besar ataupun keluarga kecil kamu, dengan harga 400 ribu.


Tiket masuk Umbul Sidomukti
Tiket masuk hanya membayar 5000 rupiah saja dan biaya parkir mobil 10.000 serta motor 5000
biaya yang lumayan murah dibanding wisata alam lainnya.

Dan ini deretan harga jika kamu ingin mencoba wahananya satu persatu


  1. ATV : Rp 30.000,-
  2. Flying Lembah : Rp 25.000,-
  3. Flying Double : Rp 45.000,-
  4. Marie Bridge : Rp 20.000,-
  5. Highest Triangle : Rp 45.000,-
  6. Sepeda Awang : Rp 25.000,-
  7. Pananhan : Rp 30.000,-/ 15 anak panah
  8. Little Ranch : Rp 75.000,-
  9. Berenang : Rp 10.000,-
  10. Goa Tirta : Rp 5.000,-


Untuk jam bukanya selama 24 jam, kamu bebas berkunjung kapan saja kesini

Lokasi Umbul Sidomukti
Alamatnya berada di desa Sidomukti-Jimbaran, kecamatan Bandungan, kabupaten semarang jawa tengah 50661.

Jika dari kota Semarang, kamu tinggal menuju wilayah Unggaran lebih tepatnya di pom bensin lemah abang dan berputar arah.


Lalu masuk Gapura dengan tulisan selamat datang di gapura kawasan candi gedong songo, terus ikuti jalan hingga sampai dipasar Jimbaran, lalu didepan pasar Jimbaran ada sebuah gang yang bertuliskan menuju Umbul Sidomukti, nah masuk ke gang tersebut dan ikuti jalan yang akan mengantarkan kamu ke Umbul Sidomukti.

Mungkin cukup sekian info tentang wisata Umbul Sidomukti, dan semoga menambah list liburan kamu.



Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler