Puncak Widosari Menakjubkan, Wisata Kulon Progo

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Puncak Widosari Menakjubkan, Wisata Kulon Progo

,
foto by @taufiqarifn
Triprofik.com Puncak Widosari Adalah sebuah tempat yang sangat menakjubkan dengan pemandangan alam yang lagi hits jaman sekarang, tempat ini sangat identik dengan adanya sebuah tebing tinggi yang menjulang sendiran, sehingga dapat menjadi latar belakang foto selfi para sobat traveler.


Sungguh indah memang kalau berlibur ketempat yang kayak gini, Puncak Widosari ini begitu fenomenal di wisata kulon progo Jogjakarta, maklumlah jogja memang menjadi iconnya tempat wisata cantik sejak jaman dulu, bukan hal yang asing tentunya kalau jogja merupakan tempat favorit anak muda  berwisata.

Selain menyajikan panorama alam, puncak widosari juga mengandung sejarah yang kental dengan jaman kerajaan dulu, konon tempat ini menjadi tempat pertapaan Pangeran diponogoro yang terletak di bukit menoreh.

Puncak Widosari mempunyai ketinggian 1.017 yang cukup lumayan dingin, namun kamu jangan khawatir akan hal itu, memang suasana pegunungan khas tak luput akan suasana dingin, cukup menambah daya tarik tersendiri dengan hal itu.

Daya Tari Puncak Widosari
Menurutku tempat ini sangat cocok bagi yang ingin menghilangkan kebosanan dirumah, puncak ini menawarkan panorama alam yang memang tidak ada habisnya, diatas puncak terdapat sebuah gazebo  dan beberapa tempat yang sudah tertata dengan rapi, bak istana di atas bukit, jika di luar negeri biasanya mirip seperti kastil yang terletak diatas bukit atau pegunungan.

Bagi anak muda jaman sekarang tempat ini sangat pas bila untuk berfoto-foto dengan latar belakang perbukitan nan indah, kamu dapat menyewa kertas untuk tulisan "kapan kamu kesini? biasanya aktivitas ini untuk membuat teman atau sahabat kamu tertarik dan ingin mengunjungi tempat yang kamu berada sekarang. dan biaya sewanya hanya 2000 rupiah.

Menikmati puncak widosari hingga senja sore hari akan menemukan sunset, begitu juga pada siang hari kamu akan menyaksikan indahnya pantai laut selatan dengan garis pantai yang begituk apik, sangat kontras dengan jarak pandang dari kejauhan.

Untuk malam hari kamu akan menyaksikan gemerlap lampu warna warni di kota jogja, purworejo, magelang dan beberapa derah sekitar destinasi wisata puncak widosari.

Lokasi Puncak Widosari
Lokasi Bukit Widosari ini berada di Tritis, Ngargosari, Tegalsari, Ngargosari, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673


Untuk akses menuju lokasinya cukup mudah dan cukup simple, Jika kamu dari kota jogja maka tujuannya kearah Godean terus lurus kebarat sampai bertemu perempatan Nanggulan, belok kanan sampai di perempatan Dekso, kemudian lurus menuju pasar Pleno dan ikuti papan petumjuk yang ada dipinggiran jalan untuk menuju puncak widosari.

Tapi dijaman sekarang tidak serumit itu kok, untuk akses menuju lokasi tertentu, kamu tinggal menggunakan Google maps yang setia dan tanpa dipungut biaya apapun, selagi kuota dan baterai hp kamu masih ada.

Selama perjalanan kamu akan disuguhkan dengan keindahan alam yang selama ini kamu tidak menemuinya dikota besar, cukup dengan lirik kanan kiri kamu akan terasa berada disebuah tempat asri, khas pegunungan.

jalanan berupa tanjakan, lika-liku yang memang menjadi sebuah tantangan tersendiri buat kamu, jalanan aspal dan berahir dengan jalanan semen yang sudah cukup bagus untuk menuju kelokasi, kamu akan melewati seperti perkampungan penduduk, dan terahir pintu masuk ke puncak Widosari dengan membayar tiket terlebih dahulu serta biaya parkir.

Tiket masuk puncak Widosari
Tiket masuk cukup terjangkau dan memang murah banget deh, cukup dengan Rp: 3000 saja, selain biaya parkir, sudah dapat menikmati panorama alam yang exotic.

Fasilitas puncak Widosari
Destinasi wisata Puncak Widosari memang sudah ada sejak tahun 2012 namun masih belum terawat seperti sekarang, hanya dengan pengaman bambu biasa. lalu pada tahun 2017 tempat ini mulai direnovasi dengan cukup bagus, sudah difasilitasi anak tangga semen sampai menuju puncak widosari, pagar pengaman dengan bahan besi cukup menambah keamanan ditempat ini.

spot foto dengan tempat duduk santai yang akan kamu temui ditempat ini, gazebo serta sebuah  tempat peristirahatan lengkap tempat sefli yang cukup aman.

Tempat parkir yang lumayan luas, serta Musholla untuk melaksanakan sholat, nah inilah yang aku suka tempat wisata ada mushollanya, jadi bagi yang taat agama lebih mudah menjalaninya, memang kan tujuan awalnya untuk menghibur diri sejenak, tapi jika sampek meninggalkan sholat kan bisa celaka kita, eh jadi ceramah deh... gapapa kan demi kebaikan.

oh iya ditambah lagi ada wifi gratis yang memang disediakan untuk pengunjung supaya lebih betah, untuk warung makan disini juga ada kok, jadi bagi yang suka makan atau memang lapar ditengah aktivitas ditempat ini, boleh deh mencicipi makanan Jogja sambil menikmati panorama alam diatas gunung.

Sidikit Tips menuju puncak Widosari


1.Sebaiknya menggunakan sepeda motor, mengingat lokasi hanya menggunakan jalan setapak sekitar lebar satu setengah meter, cek kelengkapan kendaraan dan pastikan kendaraan cukup aman, lebih baik bukan metic.

2.Kerena lokasi berada diatas gunung yang jalannya tidak bisa diakses kendaraan roda dua, maka disarankan untuk latihan fisik seminggu sebelum melakukan keberangkatan, kamu masih mendaki dengan jalan kaki setelah parkir kendaraan.

3.Tempat ini memang cukup aman dengan pagar besi yang terbilang cukup rapi, namun safety memang penting bila mendaki gunung mengingat kanan kirinya jurang dan tebing yang curam.

4.waktu berkunjung lebih baik pada musim kemarau agar pemandangan serta sunrise dan sunset dapat terlihat dengan jelas.

5.Jaga selalu kelestarian alam, jangan buang sampah sembarang, dan itupun demi kebaikan kita semua.

Mungkin segitu saja info tentang Puncak Widosari, semoga dapat menambah daya terik tersendiri buat yang ingin berniat pergi liburan, dan menjadi jadwal liburan kamu bulan ini.

Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler