Pantai Tiga Warna Malang Utamakan Konservasi alamnya

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Pantai Tiga Warna Malang Utamakan Konservasi alamnya

,



Triprofik.com Mendengar namanya apakah memang  pantai ini mempunyai tiga warna, lalu dimanakah letak tiga warna tersebut, apa dipinggiran pantai atau ditangah lautan, untuk mengetahui jawabannya, mari ikuti artikel ini sampai selesai ya.


Pantai Tiga Warna terletak di malang selatan yang berhadapan langsung dengan pantai laut selatan, mungkin masyarakat Malang sudah tidak asing lagi dengan pantai tiga warna ini, selain menyajikan pemandangan pantai cantik, juga terdapat beberapa peraturan tentang menjaga alam pantai Tiga warna ini.

Dengan keindahan yang disajikan pantai tiga warna, tak jarang orang-orang menyebutnya dengan raja ampat yang berada dimalang, air jernih kebiruan serta transisi ketiga warna ini sangatlah elok dipandang mata, tak cukup jika hanya sebentar saja menikmati pantai ini, rasanya ingin kembali lagi.

Dibalik keindahannya pantai ini memang di Konservasi dari dulu
Pantai tiga warna masih termasuk bagian dari  kawasan Clungup Mangrove Conservation (CMC) yaitu sebuah kawasan yang dipenuhi prinsip perawatan ekosistem alam, hal ini untuk menjaga kelestarian alam agar tetap terjaga keindahannya.

Dalam memasuki pantai Tiga warna, kamu akan menemukan beberapa tempat yang juga tak kalah indahnya, antara lain pantai  Clungup, ada Savana, Mini, Watu Pecah, Gatra serta kawasan konservasi mangrove.  

Namanya pantai tiga warna, yang berarti mempunyai gradasi warna air laut yang begitu menawan, kemolekan warna yang ada di pantai ini sangatlah sayang sekali jika dilewatkan, kombinasi warna yang ke biru-biruan, hingga putih serta biru pekat akan menjadi ciri khas tersendiri di pantai tiga warna ini.

Kewajiban membawa kembali sampai
Seperti yang disebutkan diatas, konservasi di pantai tiga warna lumayan dijaga dengan ketat, sebelum kalian memasuki kawasan CMC, maka akan diperiksa terlebih dahulu barang bawaan anda, terutama yang berpotensi menjadikan sampah, lalu setelah pulang kembali barang bawaan anda juga diperiksa kembali, jika salah satu dari bawaan anda ada yang kurang terutama yang menyebabkan terjadinya sampah, maka pengurus setempat akan memberi denda dengan membayar harga yang cukup besar, itulah bentuk kehati-hatian agar alam ini tetap terjaga kelestariannya.

Peraturan di pantai tiga warna
Pengunjung akan dibatasi dalam perharinya, yaitu hanya 100 pengunjung yang diperbolehkan memasuki kawasan CMC ini, bahkan jika di hari libur total maka pantai ini juga diliburkan dari kunjungan para wisatawan, artinya pantainya juga ikut istirahat dari kunjungan hehe.

Hal ini dilakukan agar pantai ini tetap terjaga ke lestarian alamnya, bukan hal yang aneh jika pantai Tiga warna ini selalu indah dan cantik, jika dilihat dari konservasinya begitu terjaga ketat.

Alasan pihak pengelola menutup tempat wisata ini karena di saat peak season akan berbahaya terhadap ekologi di kawasan sekitar.

Warna apa aja yang ada di pantai ini dan begaimana asal usulnya
Di juluki pantai Tiga warna, karena warna yang ada di pantai ini cukup membius pemandangan mata yang melihatnya, warna merah muncul kerena kemampuan sinar matahari yang menembus kedalaman hingga 20 meter, jika warna hijau terlahir dari endapan lumpur yang bercampur dengan plakton dalam jumlah yang sangat banyak.

Nah untuk warna biru sendiri berasal dari kedalaman air laut yang begitu dalam, transisi ketiga warna ini akan menimbulkan efek mempesona pada pantai ini, al hasil pantai ini dinamakan Pantai Tiga Warna.

Lokasi Pantai Tiga Warna
Pantai tiga warna terletak didesa Tambakerejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, yang berjarak 71 km dari pusat kota malang.

maka kamu akan  menempuh perjalanan sekitar dua jam untuk menuju kawasan ini. Cukup arahkan kendaraan menuju wilayah Turen. Berikutnya, kalian bisa ikuti petunjuk arah menuju Sedang Biru atau Goa Cina.

Tak perlu khawatir, jalan menuju ke Tiga Warna sudah cukup bagus. Bisa dilewati dengan mudah menggunakan kendaraan bermotor maupun roda empat. Dijamin perjalanan kamu akan terasa nyaman.

Rute lengkapnya
Setelah itu kamu akan mendapati persimpangan menuju arah ke Pantai Goa Cina atau Pantai sendang Biru. Nah, di sini kamu pilih arah  ke Pantai Goa Cina,  Jangan yang ke Pantai Sendang Biru, karena Pantai 3 Warna berada satu jalur dengan Pantai Goa Cina, Setelah itu ikuti petunjuk menuju Pantai Goa Cina hingga menemukan persimpangan jalan lagi. Untuk di persimpangan ini kamu ambil arah kiri menuju tempat pelelangan ikan. Kemudian masuk ke dalam sebuah area perkampungan, ambilah arah menuju Clungup Mangrove Conservation.


Untuk jalan yang ada di Clungup Mangrove ini memiliki bentuk yang cukup sempit. Jadi, untuk kamu yang pergi ke pantai ini menggunakan mobil harus memarkirnya terlebih dahulu sekitar 1 km sebelum memasuki Clungup Mangrove Conservation, kemudian jalan kaki menuju lokasi. Nah, untuk kamu yang menggunakan sepeda motor, tentu akan mudah melewati jalanan yang sempit ini dan pastinya   tidak perlu berjalan kaki. 

Setelah melewati kawasan dengan jalanan yang sempit kamu akan melihat sebuah pintu gerbang Pantai Tiga Warna.

Dari situ kamu memasuka kawasan pantai Tiga Warna yang dari tadi dicari dan di incar sejauh dari pusat kota.

dan begitulah sedikit info tentang Pantai Tiga Warna ini, semoga menambah wawasan dan daya tarik untuk bisa mengunjungi pantai ini. tetap utamakan safety keselamatan ya.

Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler