Inilah 6 Mitos Dibalik Layar Ke Indahan Ranu Kumbolo

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Inilah 6 Mitos Dibalik Layar Ke Indahan Ranu Kumbolo

,
Triprofik.com Dibalik keindahan Ranu Kumbolo ada banyak hal yang belum diketahui oleh banyak orang, keindahan danau ini akan menghipnotis seseorang yang berkunjung ke Ranu kumbolo, hal ini mungkin hanya sebagai manusia penikmat saja, oleh sebab itu mari kita telususri apa sih yang ada dibalik keindahan Ranu Kumbolo.



Seperti kabar yang sudah beredar, Ranu kumbolo merupakan surganya gunung Semeru, sebagian orang hanya lebih menikmati keindahan yang ada pada Ranu kumbulo, dan berikut kami sajikan apa saja mitos dibalik layar Ranu kumbolo.

1.Air Danau Suci
Air yang terdapat di Ranu Kumbolo adalah Air suci yang memang oleh masyarakat setempat dijadikan air yang disakkralkan, sejak jaman dulu air tersebut digunakan acara-acara suci yang memang kepercayaan masyarakat sekitar Ranu Kumbolo.

Oleh sebab itu Air yang ada di danau Ranu Kumbolo tidak boleh dibuat mencuci, mandi apalagi buang air disana.

selain itu demi menjaga kelestarian dan keindahan Ranu kumbolo agar tetap terjaga ke alamiannya, apalagi kedalaman Ranu kumbolo mencapai 28 meter, ya bisa saja menenggelamkan seseorang yang tidak mahir berenang.

Untuk mendirikan Tenda pendaki disarankan sejarak 10 meter dari air danau Ranu Kumbolo, untuk mandi sudah disediakan Toilet umum disekitar area Ranu Kumbolo.


2.Bukit Tanjakan Cinta
Mungkin dengan mitos yang satu ini sebagian orang sudah pada tau, tentang kisah cinta yang berahir tragis, konon katanya jika kamu sedang menaiki tanjakan cinta ini tanpa menoleh kebelakang sembari memikirkan kekasih yang kamu cintai, maka hubungannya akan berahir bahagia, dan begitu juga sebalikknya.

Mitos ini diangkat dari sebuah pasangan kekasih yang mendaki gunung Semeru namun sang kekasih cowok sudah sampai duluan dipuncak sedangk si cewek jatuh terguling karena kelelahan.

Perlu kamu ketahui tanjakan cinta berada disebelah barat pendakian menuju puncak Mahameru, dan merupakan jalur pendakian yang sudah umum dilalui.

3.Ikan mas Jelmaan Dewi cantik
Di area perairan Ranu kumbolo terdapat banyak ikan mas yang menjadi penghuni danau ini, dan ada larangan bagi para pendaki untuk tidak menangkap ikan mas tersebut.

Masyarakat setempat meyakini bahwasanya ikan mas yang ada di danau Ranu kumbolo meruapakan jelmaan seorang dewi cantik penjaga keindahan Danau Ranu Kumbolo.

4.Dewi yang berkebaya kuning
Dewi atau jelmaan ikan mas ini di asosiasikan berwujud perempuan cantik berkebaya kuning, menerut kabar yang beredar wanita ini sering menampakkan dirinya dengan menggunakan kebaya kuning.

kemunculannya ditandai berkumpulnya asap di permukaan Ranu Kumbolo pada saat bulan purnama tiba.

5.Puncak para Dewa
Mahameru merupakan puncak tertinggi ditanah jawa, puncak ini tidak ada yang menandinginya baik dengan beberapa gunung tertinggi lainya di pulau jawa, hanya puncak mahameru inilah yang paling tinggi di tanah jawa ini.

Puncak mahameru dikenal dengan puncak abadi para dewa yang menghubungkan manusia dan kayangan.

sampai saat ini puncak mahameru dipercayai oleh masyarakat khususnya jawa dan bali yang merupakan puncak ababdi para dewa.

6.Pakunya pulau jawa
Lagenda jaman dulu memang masih banyak yang mempercayainya, dahulu kala pulau jawa ini terombang ambing dilautan.

Kemudian dewa memerintahkan supaya gunung Meru di Indian dipindah diatas pulau jawa, yang awalnya gunung semeru berada dibarat pulau jawa namun karena kondisianya tidak seimbang maka gunung semeru dipindah ketimur pulau jawa, dengan gunung Penanggungan berada disebelah barat pulau jawa.

Begitulah petikan mitos yang ada di sekitar area pendakian gunung Semeru khusnya Ranu kumbolo, kamu dapat mempercayainya atau tidak toh semua itu hanya kisah yang beredar dimasyarakat.








Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler