Pulau Tikus Bengkulu sebongkah surga tersembunyi dengan kemolekan biota laut

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Pulau Tikus Bengkulu sebongkah surga tersembunyi dengan kemolekan biota laut

,
Triprofik.com Pulau Tikus adalah sebuah pulau kecil yang terletak didekat perairan pantai Bengkulu, pulau ini tepat berada disebelah barat kota bengkulu dan juga masih termasuk bagian dari provinsi bengkulu, pulau ini masih dapat terlihat dari pantai-pantai dibengkulu.

Luas dari pulau tikus sebesar lapangan sepak bola, maka dari itu penyebutan pulau ini sangat cocok dengan hewan kecil tikus, sebab selain kecil pulau ini bentuknya yang menyerupai sebuah hewan tikus. Jarak pulau tikus sekitar 10 kilometer dari pusat kota bengkulu.


Tempat wisata ini sangat cocok bagi yang ingin berlibur ala privat dan cenderung menguasai daerah pulau ini, di pulau tikus terdapat sebuah menara atau mercusuar yang tingginya kisaran 15 meter serta dapat dinaiki namun harus minta ijin dulu pada penjaga mencusuar tersebut, agar bila angin lagi kencang maka mencusuar tidak dapat dioperasikan, hembusan angin menimbulkan mencusuar bergoyang-goyang gaes..

Ombak dipantai ini cukup aman karena sudah dikelilingi terumbu karang yang sejak lama berada dalam laut, adanya ceruk menghalangi sampainya ombak pada pantai pulau tikus, bagi kamu yang ingin mandi-mandi wajib ataupun mandi sunnah tidak begitu dikhawatirkan gaes, namun safety tetap harus diutamakan.

Obyek destinasi pulau Tikus
Bermain, berlibur untuk mengisi liburan dipulau tikus memang sungguh menyenangkan serasa pulau ini milik kita disaat berkunjung kepulau tikus, hamparan pasir luas dan beberapa tempat untuk bersantai, seperti dibawah pohon kelapa dan juga dapat kamu nikamti dengan tiduran di atas kain gantung (Tentsile) sambil menikmati hembusan angin dari penjuru pantai.

Pulau tikus juga menyajikan pemandangan bawah laut, jadi tepat sekali nih bagi yang suka Diving, pemandangan biota laut serta keragaman hayati masih sangat indah untuk dinikmati, tentunya harus dilengkapi dengan alat penyelam dan didampingi oleh mentor yang berpengalaman.

Rute menuju lokasi pulau tikus
Karena pulau ini berada ditengah lautan maka untuk menuju pulau tersebut harus menggunakan parahu nelayan ataupun speed boat, rutenya juga berbeda-beda dan sesuai arah asal kamu berada ,
waktu tempuh paling lama sekitar 1 jam untuk menuju pulau tikus, dan rute paling cepat sekitar 30 menit sesuai lokasi start.



Awalnya pulau tikus tak sekecil sekarang karena kikisan air laut, sehingga lambat laun pulau tikus menjadi mengecil dan menyebabkan hancurnya tiga mencusuar. selain itu kamu juga dapat menikmati terumbu karang dari atas permukaan laut, air yang jernih menjadikan pemandangan bawah laut tampak terlihat jelas dengan mata telanjang.

Mencusuar yang ada sekarang sudah meliputi perpidahan beberapa kali untuk menghindari robohnya mencusuar yang sudah dialami sebelumnya.



Untuk menginapan pulau ini tidak menyediakannya, kecilnya pulau ini serta jauhnya dari kota ,pemerintah tidak mendirikan bangunan, bagi kamu yang ingin menginap dipulau ini cukup mendirikan tenda sederhana, dan jangan khawatir pada malam hari pulau ini masih rame pengunjung dengan beberapa aktivitas memancing.






Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler